Inilah 75 Kawasan Wisata Gres Dan Hits Di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Di Gunung Kidul - Inilah daftar rekomendasi tempat wisata gres dan hits di Gunung Kidul Jogja yang wajib dikunjungi dikala liburan. Lengkap dengan foto terbaru beserta review nama, alamat / lokasi, hingga harga tiket masuk pun saya usahakan untuk dicantumkan.

Tak sanggup dipungkiri, kini Kabupaten Gunung Kidul telah menjadi ikon utama tempat wisata di Yogyakarta favorit wisatawan. Meskipun daerahnya termasuk sering mengalami kekeringan, namun dibalik itu semua, tersimpan nirwana keindahan alam yang sangat mengagumkan.

Mulai dari hamparan pantai pasir putih, goa, gunung purba, embung, gardu pandang, air terjun, hingga masakan enak sanggup kau temui di sini. Nah, karena saking banyaknya tempat plesir yang bagus dan menarik untuk dikunjungi, maka saya pilihkan destinasi terbaik semoga sanggup dijadikan rujukan wisata buat kamu. Yuk, simak eksklusif ulasannya berikut.


Daftar Tempat Wisata Baru Dan Hits Di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi

1. Bukit Pengilon

 Inilah daftar rekomendasi tempat wisata gres dan hits di Gunung Kidul Jogja yang wajib di Inilah 75 Kawasan Wisata Gres Dan Hits Di Gunung Kidul Jogja Yang Wajib Dikunjungi
 (Foto : IG @neoftwl)
Kita awali review tempat wisata gres di Gunung Kidul dengan mengulas Bukit Pengilon yang belum terjamah oleh banyak wisatawan. Berlokasi di sebelah timur Pantai Siung, keberadaan bukit ini memang jarang diketahui orang, bahkan pengunjung Pantai Siung pun belum tentu tahu, ternyata ada nirwana tersembunyi di sekitarnya.

Secara administratif, Bukit Pengilon terletak di Dusun Ngelo, Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi D.I. Yogyakarta. Daya tarik bukit ini tentu saja pemandangan alamnya yang sangat cantik, berani diadu dengan Bukit Merese Lombok.

Dari atas bukit, kau akan sanggup menikmati birunya bahari selatan Yogyakarta yang berbatasan eksklusif dengan Samudera Hindia. Tak hanya itu, di sisi barat bukit, kau sanggup menyaksikan kecantikan riam Pantai Banyunibo dan Pantai Siung. Sedangkan sisi timur bukit ada landscape Pantai Wediombo dan Pantai Watu Lumbung.

Keelokan Bukit Pengilon semakin bertambah dengan adanya rerumputan hijau yang tumbuh cukup lebat di setiap sudutnya. Layaknya padang rumput negara-negara Eropa. Namun, untuk menuju puncak bukit ini, kau harus berjuang ekstra keras penuh kehati-hatian dalam trekking atau jalan kaki melalui jalan cukup terjal. Harga tiket masuknya murah meriah sekali, hanya sekitar 2 ribu rupiah per orang.

2. Pantai Banyunibo / Pantai Banyutibo

Banyunibo atau Banyutibo merupakan bahasa Jawa, kalau dalam bahasa Indonesia artinya air yang jatuh. Nah, mungkin karena pantai ini ada air terjunnya dimana mengalir jatuh ke pantai / laut, maka dinamakan Pantai Banyunibo / Pantai Banyutibo.

Terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Pantai Banyutibo terlihat masih sangat alami. Sulitnya medan yang harus dilalui ketika akan menuju lokasi pantai ini, mungkin menjadi penyebab belum banyak wisatawan tiba ke sini.

Susananya masih begitu sepi dan damai, kau akan benar-benar merasakan ketenangan. Hanya ada bunyi deburan ombak, jatuhan air terjun, dan hembusan angin pantai. Oya, mengingat Pantai Banyutibo berada sempurna dibawah tebing miring, maka sebaiknya kau tak usah memaksakan diri untuk turun melihat air terjunnya dari dekat. Memandangnya dari atas tebing saja sudah cukup memuaskan kok!

Karena jaraknya dekat dengan Bukit Pengilon dan Pantai Siung, maka kau sanggup sekalian menjelajahi kedua objek wisata andalan Gunung Kidul tersebut. Sekali melangkah, dua tiga tempat indah terlampaui. Asyik banget bukan sanggup menghemat waktu? Harga tiket masuk hanya Rp. 2.000,- per orang.

3. Puncak 4G Gunung Gentong, Gedangsari, Gunungkidul

Seakan tak mau kalah dengan pariwisata Bantul yang punya Kebun Buah Mangunan dan Puncak Becici, Kabupaten Gunung Kidul pun menghadirkan tempat wisata bagus terbaru berjulukan Puncak 4G (4G : Gunung Gentong, Gedangsari, Gunungkidul).

Destinasi gres ini memperlihatkan pemandangan alam indah dari ketinggian, terutama sunrise dan kabut tebal layaknya negeri di atas awan. Untuk menykasikan itu semua, kau harus tiba ke sini dikala pagi hari sebelum sang surya beranjak dari peraduannya.

Alamat Puncak 4G terletak di Ngalang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta. Fasilitas disini masih sangat minim karena memang belum usang beroperasi. Harga tiket masuk dibanderol sebesar 5 ribu rupiah per orang, sedangkan untuk parkir kendaraan 2 ribu rupiah.

4. Green Village Gedangsari

Ini beliau tempat wisata indah di Gunung Kidul Jogja yang lagi hits dibicarakan oleh traveler muda, yaitu Green Village Gedangsari. Keistimewaan destinasi ini berupa panorama perbukitan hijau mirip bukit-bukit di Selandia Baru (New Zealand). Oleh karena itu, pantas rasanya Green Village Gedangsari masuk dalam list tempat wisata di Indonesia yang mirip dengan luar negeri.

Sunset disini juga sangat cantik, bahkan mungkin sanggup dikatakan sebagai lokasi melihat matahari karam terbaik di Yogyakarta. Saking bagusnya, banyak pengunjung yang dibentuk terkagum-kagum. Ada satu lagi hal unik yang wajib kau coba, yaitu Flying Fox sepanjang 650 meter, keren banget bukan?

Buat kau yang tertarik, sanggup tiba eksklusif ke alamat lengkapnya di Dusun Guyangan Lor, Desa Mertelu, Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul. Harga tiket masuknya tampaknya masih gratis, hanya bayar parkir kendaraan 3 - 5 ribu rupiah. Kecuali untuk naik Flying Fox, kemungkinan besar kau akan dikenai tarif tertentu.

5. Goa Jomblang

Nama Goa Jomblang nampaknya sudah sangat terkenal dikalangan wisatawan sebagai salah satu tempat wisata di Indonesia yang belum terjamah karena lokasinya berada di perut bumi. Keunikan goa ini terletak pada "cahaya surga" dan hutan purba di dalamnya.

Goa Jomblang termasuk jenis goa vertikal, jadi untuk memasuki goa, kau harus menggunakan tali dengan teknik SRT (single rope technique) lengkap dengan alat keamanannya. Sesampainya di dasar goa, kau akan disambut oleh hamparan hutan purba yang hijau.

Gak nyangka banget kan, ada hutan di dasar bumi? Konon kabarnya, hutan ini terbentuk akhir amblesnya tanah ke bawah karena proses geologi. Apabila ingin melihat "cahaya surga" dalam kegelapan, kau masih harus melanjutkan perjalanan menyusuri lorong gelap sepanjang 300 meter menuju Goa Grubug (baca : luweng grubug).

Disinilah seberkas cahaya matahari yang menerobos masuk dari atas menyinari dasar Gua Grubug. Karena berada dalam kegelapan dalam perut bumi, berkas cahaya tersebut tampak sangat indah. Tak, heran banyak traveler menyebutnya sebagai "Cahaya Surga".

Oya, untuk alamat Goa Jomblang sendiri berada di Jetis Wetan, Semanu, Gunungkidul Daerah spesial Yogyakarta. Jaraknya sekitar 10 km dari kota Wonosari. Untuk harga paket wisata Goa Jomblang dipatok sekitar Rp. 450.000,- per orang. Jam buka mulai pukul 10.00 - 14.00 WIB.

6. Pantai Watulawang

Ingin merasakan sensasi pantai pribadi? Datang saja ke Pantai Watulawang di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah spesial Yogyakarta. Keindahannya tak kalah bagus dengan aneka tempat wisata di Bali yang sudah sangat terkenal hingga mancanegara.

Hamparan pasir putih higienis dan batuan karang yang berpadu dengan birunya air bahari tampak sangat indah. Suasana pantainya masih sepi sehingga terasa hening dan tenang layaknya berada di sebuah private beach. Fasilitas yang tersedia disini tidak mengecewakan lengkap, mulai dari kamar mandi, warung penjual kuliner dan minuman, tempat parkir serta tempat berteduh.

Harga tiket masuk ke Pantai Watulawang sangatlah murah meriah sekitar 5 ribu rupiah, kalau belum naik lho! Parkir kendaraan 2 ribu rupiah. Setelah mengunjungi pantai ini, kau juga sanggup berkunjung ke pantai pasir putih lainnya yang lokasinya tidak mengecewakan dekat terjangkau yaitu Pantai Pok Tunggal dan Pantai Indrayanti.

7. Puncak Kosakora

Dengan ketinggian sekitar 50 meter dan berada di tepi laut, Puncak Kosakora menjadi tempat wisata terbagus untuk melihat keindahan pantai selatan Gunung Kidul. Dari atas bukit ini, kau sanggup melihat hamparan pantai-pantai bagus mirip Pantai Ngrumput, Pantai Drini, Pantai Watu Kodok, Pantai Sepanjang, serta Pantai Kukup.

Namun, mencapai Puncak Kosakora bukanlah hal yang mudah. Perlu usaha ekstra keras dan hati-hati selama trekking melewati ladang-ladang penduduk hingga tangga curam bebatuan karst. Trekking biasanya dimulai dari Pantai Drini, kemudian Pantai Ngrumput, kemudian ke Puncak Bukit Kosakora.

Suasananya begitu romantis dan syahdu, keren juga bila dipakai untuk prewedding. Kamu juga sanggup camping disini lho, ada penyewaan tenda seharga Rp. 60.000,- untuk tenda kecil dan Rp. 100.000,- untuk tenda besar. Alamat lengkap Puncak Kosakora terletak di Banjarejo, Tanjungsari, Ngestirejo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta.

8. Batoer Hill Resort dan Resto

Dari hari ke hari, nampak pariwisata Kabupaten Gunung Kidul semakin terkenal di mata wisatawan. Hal ini menarik perhatian sejumlah investor menggelontorkan sebagian modalnya untuk pembangunan hotel atau resort. Salah satu buktinya ialah pembangunan Batoer Hill Resort dan Resto di Dusun Putat, Desa Batur, Patuk, Gunung Kidul, DIY.

Resort ini menyajikan pemandangan alam pedesaan dan kesenian khas Jawa yang ditampilkan oleh masyarakat setempat. Ada sekitar 12 unit bungalow dengan pilihan type standard, deluxe, executive dan VIP. Setiap bungalow di design dengan suasana tradisional, namun tak menghilangkan sisi modern.

Batoer Hill mempunyai akomodasi lengkap yang tak kalah bagus dengan hotel di Jogja lainnya yang sudah terkenal lebih dulu. Jika kau lapar, sudah tersedia restoran dengan sajian sajian masakan Jawa orisinil yang enak menggunakan bumbu-bumbu orisinil dari para leluhur. Ada juga wahana kolam renang, flying fox, sepeda dan ayunan langit.

9. Pantai Sanglen

Pantai Sanglen yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul ini mungkin belum banyak diketahui orang. Tapi, kecantikannya sungguh sangat mengagumkan, kau bakalan gak mau pulang kalau sudah hingga di sini.

Hamparan pasir putihnya tampak begitu higienis berpadu dengan deburan ombak besar khas pantai selatan Pulau Jawa. Ditambah lagi dengan watu karang, pohon cemara, pandan, dan pepohonan lainnya dipinggirnya, semakin menambah keindahan Pantai Sanglen.

Suasananya begitu tenang, alami banget gaes! Mungkin karena masih sepi belum banyak pengunjung sehingga kau sanggup puas memandangi lautan luas. Hanya ada kamu, bunyi ombak dan semilirnya angin pantai, sungguh terasa mirip pantai pribadi (private beach).

10. Pantai Greweng

Kabupaten Gunungkidul memang selalu menyuguhkan tempat wisata menarik untuk mengisi liburan, terutama pantai pasir putihnya. Nah, buat kau yang suka banget menghabiskan waktu libur dengan berkemah, sanggup mencoba pergi ke Pantai Greweng di Jepitu, Girisubo.

Sekilas, pantai terbaik untuk camping di Jogja ini mirip dengan Pantai Baron, diapit oleh 2 bukit karst besar. Pasir pantainya berwarna putih kecokelatan. Ombaknya yang relatif tenang, menciptakan kau sanggup asyik bermain air meskipun tetap harus berhati-hati. Ditambah lagi dengan suasana sepi dan tenang, sangat pas untuk menenangkan diri dari rutinitas sehari-hari.

11. Pantai Pok Tunggal

Salah satu tempat wisata pantai di Jogja yang paling bagus ialah Pok Tunggal. Pantai ini terletak di Tepus, Gunungkidul dengan ciri khas berupa Pohon Duras dan hamparan pasir putih bersih. Birunya air bahari serta tebing-tebing karang di sekelilingnya semakin menambah kecantikan Pantai Pok Tunggal.

Untuk menikmati keindahan Pantai Pok Tunggal dari ketinggian, kau sanggup naik ke atas bukit di salah satu sisinya. Dari atas sini, kau sanggup mengbadikan panorama hamparan pasir putih, debur ombak dan perbukitan hijau yang eksotis.

Sunset di Pantai Pok Tunggal juga sangatlah cantik, tunggulah hingga sore hari untuk menikmatinya. Kamu sanggup sekalian bermalam di sini dengan menyewa tenda dome seharga 60 ribu rupiah. Menikmati malam bersama deburan ombak dan kerlip bintang di langit tentu akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

12. Air Terjun Gedad

Bosan dengan deburan ombak dan pasir putih? Kamu sanggup mengunjungi tempat wisata terindah di Gunung Kidul lainnya selain pantai mirip Air Terjun Gedad. Pesona riam yang dikenal dengan ATG ini berupa fatwa air higienis dari perbukitan kapur yang sangat deras, kemudian terpecah layaknya kilauan cahaya dikala menghantam batuan besar.

Objek wisata alam terbaru ini terletak di Dusun Gedad, Banyusoco, Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta. Harga tiket masuknya sekitar 5 ribu rupiah. Murah meriah banget kan? Untuk menuju lokasi air terjun, kau harus berjalan kaki sekitar 50 meteran dari rumah warga yang dijadikan tempat parkir.

Jalannya berupa batuan kapur, tapi pemandangannya tidak mengecewakan bagus ada pepohonan hijau khas pedesaan. Karena gres dibuka, akomodasi di sini masih tergolong minim. Namun, kecantikannya berani deh diadu dengan salah satu tempat wisata menarik di Kulon Progo yang berjulukan Kedung Pedut.

13. Pantai Widodaren

Ingin liburan ke tempat wisata tersembunyi di Gunung Kidul Jogja yang masih sepi jarang dikunjungi banyak orang? Kalau iya, tiba saja ke Pantai Widodaren, kecantikannya bakal bikin kau gak mau pulang gaes! Hamparan pasir putih higienis alami, belum banyak jejak kaki, akan menyambut kedatanganmu.

Konon kabarnya, pantai ini belum resmi dijadikan destinasi wisata. Jadi, kau gak perlu bayar tiket masuk, camping juga gratis. Namun, seiring berjalannya waktu, mungkin akan dikenakan biaya retribusi. Lokasi Pantai Widodaren terletak di Kanigoro, Sapto Sari, Gunung Kidul. Suasananya begitu sunyi, cocok untuk menyendiri sekaligus menenangkan pikiran melarikan diri dari keramaian kota.

14. Gunung Ireng / Black Hill

Gunung Ireng / Black Hill merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat sunrise di Jogja. Dari atas puncaknya, kau sanggup menyaksikan keindahan matahari terbit di ufuk timur berpadu dengan kabut pagi khas Gunung Kidul.

Walaupun disebut sebagai gunung, sebetulnya tempat ini hanya sebuah bukit berbatu kecil dengan puncak yang gundul tanpa pepohonan. Karena puncaknya yang gersang itu, maka orang-orang pun ada yang menyebutnya sebagai Gunung Botak. Sedangkan nama Gunung Ireng sendiri mungkin berasal dari batuan hitam yang ditemukan disini.

Gunung Ireng memperlihatkan pemandangan alam yang luar biasa eksotis, yaitu berupa pemandangan hamparan sawah luas dengan diselimuti kabut kala pagi tiba. Keelokannya semakin bertambah dikala cahaya matahari menyelinap diantara celah-celah kabut dan menyinari petak-petak sawah.

Buat kau yang ingin mengunjunginya, eksklusif saja menuju lokasi di Dusun Srumbung, Kelurahan Pengkok, Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta. Harga tiket masuknya hanya sekitar 3 - 5 ribu rupiah. Tapi, untuk hingga ke puncak bukit, kau harus berjuang ekstra keras dan hati-hati menyusuri jalan aspal hingga berbatu nan licin.

15. Gunung Api Purba Nglanggeran

Siapa bilang hanya daerah wisata Sleman saja yang mempunyai pemandangan gunung cantik? Kabupaten Gunung Kidul juga punya lho gaes, namanya Gunung Api Purba Nglanggeran, landscape alamnya tak kalah keren dengan Gunung Merapi.

Gunung ini memperlihatkan panorama sunrise dan sunset bagus serta jutaan kerlap kerlip bintang yang tersebar dilangit dikala malam hari. Kamu juga sanggup melaksanakan panjat tebing atau rock climbing yang cukup menantang. Menikmati keindahan alam berupa deretan pegunungan dan perkampungan penduduk dari atas puncaknya pun sudah sangat asyik.

Lokasi tempat wisata alam yang lagi hits di Jogja ini terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah spesial Yogyakarta. Untuk memasuki daerah ini, kau harus membayar tiket masuk sebesar 7 ribu dikala siang/sore, dan 9 ribu rupiah ketika malam hari.

16. Embung Nglanggeran

Tak jauh dari Gunung Api Purba Nglanggeran, ada sebuah embung (baca : danau buatan) yang sangat cantik. Biasanya para traveler menghabiskan waktu sore di sini sambil menikmati senja, sanggup dibilang embung ini sebagai tempat melihat sunset terindah di Jogja dan sekitarnya.

Berbeda dengan Umbul Ponggok yang menjadi ikonnya wisata Klaten Jawa Tengah, di danau ini kau tak sanggup berenang menikmati keindahan airnya karena mungkin terlalu berbahaya saking dalamnya. Ada pagar pembatas yang sudah mengelilinginya.

Meskipun demikian, menikmati keindahan Embung Nglanggeran dengan melihatnya saja sudah cukup memanjakan mata. Kalau tak keliru, disekitarnya ada sebuah rumah pohon mirip Kalibiru Kulon Progo, dimana kau sanggup melihat kecantikan embung ini dari ketinggian.

17. Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu termasuk salah satu tempat wisata pantai terindah di Gunung Kidul yang masih alami dan asri. Keberadaannya cukup tersembunyi diantara 2 tebing tinggi yang kokoh, sehingga jarang diketahui orang banyak. Alamatnya terletak di Dukuh Wiroso, Girikarto, Panggang, Girikarto, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta

Pantainya memang kecil, hanya sekitar 20 - 25 meter saja, tapi kecantikannya sungguh mengagumkan. Pasir putih higienis dengan diapit 2 tebing karang hijau yang tinggi menciptakan Pantai Wohkudu tampak mirip Pantai pantai Suluban Blue Point Beach Bali.

18. Pantai Timang

Pantai Timang ialah tempat wisata di Gunung Kidul Jogja yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan pecinta kegiatan ekstrem. Pasalnya, pantai ini memperlihatkan sebuah Gondola (kereta gantung) sederhana terbuat dari kayu dan tali, dimana dibawahnya berupa watu karang serta ombak yang begitu besar.

Jarak luncur dari gondola ini sekitar 50 - 100 meter, jadi diharapkan mental yang cukup berpengaruh untuk menaikinya. Buat kau yang phobia ketinggian, lebih baik tidak usah mencobanya. Cukup melihat dari pinggiran tebing saja. Alamat Pantai Timang terletak di Pedukuhan Danggolo, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus.

19. Pantai Nglambor

Gak harus pergi jauh-jauh ke Pulau Bali atau Lombok untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Datang saja ke Pantai Nglambor di Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta. Kamu akan sanggup menyaksikan ikan-ikan kecil nan bagus berenang ke sana kemari.

Berbeda dengan pantai-pantai selatan Pulau Jawa lainnya yang mempunyai ombak besar, Pantai Nglambor mempunyai sebuah teluk kecil yang cenderung berombak tenang. Mungkin karena diapit 2 buah bukit karang sehingga ombak yang tiba tak begitu besar.

Nah, melihat kondisi tersebut ditambah terumbu karangnya masih alami, maka Nglambor pun dikukuhkan sebagai salah satu pantai terbaik di Jogja untuk snorkeling. Untuk peralatannya, sudah ada jasa penyewaan alat snorkeling di sini seharga 50 ribu rupiah per jam.

Oya, dikala ini sudah ada wahana gres lho di Pantai Nglambor berupa Gondola Sederhana mirip Pantai Timang dan juga jembatan gantung. Harga tiket masuk ke pantai ini tidak mengecewakan murah terjangkau, hanya 5 ribu rupiah per orang.

20. Pantai Kukup

Satu lagi pantai bagus yang memperlihatkan keindahan biota bahari di pesisir selatan Gunung Kidul, yaitu Pantai Kukup. Saat air bahari surut, kau sanggup menyaksikan ikan-ikan cantik, bintang laut, dan binatang lainnya berenang di kubangan watu karang pantai.

Tak hingga di situ, daya tarik pantai ini juga terletak pada pasir pantainya yang berwarna putih. Di sebelah timurnya terdapat sebuah watu karang besar, berjulukan Pulau Jumino. Jika dilihat sekilas, pulau ini mirip dengan Tanah Lot di Bali. Makanya, Pantai Kukup sering kali disebut sebagai Tanah Lot-nya Yogyakarta.

Fasilitas yang tersedia di daerah wisata Pantai Kukup sanggup dibilang cukup memadai. Kamu sanggup menemukan penginapan, kamar bilas, warung makan, sentra oleh-oleh, tempat parkir hingga pendopo atau bangunan joglo untuk beristirahat. Harga tiket masuknya sekitar Rp.10.000,- kalau belum naik ya!

21. Inessya Resort

Inessya Resort merupakan penginapan yang terletak di Bukit Antara Pantai Baron dan Pantai Kukup. Tepatnya di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Dari atas resort ini, kau sanggup melihat keindahan landscape Pantai Kukup dengan jelas.

Konon kabarnya, kau juga sanggup menikmati sunrise terbaik di pantai Gunung Kidul dari resort ini. Inessya Resort mempunyai kolam renang yang berada di bibir tebing, kau sanggup menikmati matahari terbenam sambil berenang. Asyik bukan?

22. Goa Pindul

Siapa seh yang tak tahu dengan Goa Pindul? Tempat wisata paling terkenal di Kabupaten Gunung Kidul ini merupakan tempat cave tubing terbaik buat kau yang mau liburan ke Yogyakarta. Bahkan, banyak turis ajaib dari negara-negara di dunia juga berkunjung ke sini.

Karena di dalamnya mengalir sebuah sungai, maka cara terbaik untuk menyusuri goa yaitu dengan cave tubing. Kamu akan menaiki ban karet yang berisi udara dan menggunakan pelampung mengapung di atas air sungai. Lalu, bantu-membantu dengan pengunjung lain kau dipandu memasuki zona terang, remang, dan gelap selama sekitar 45 menit.

Di dalam gua pemandu akan menerangkan aneka macam fakta geografis dan keunikan Gua Pindul mirip keberadaan stalaktit terbesar ke-4 di dunia. Lokasi Goa Pindul terletak di Desa Wisata Bejiharjo, tepatnya di Padukuhan (Dusun) Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Harga tiket masuknya sekitar 50 ribu rupiah per orang.

23. Pantai Wediombo

Buat kau yang hoby mancing ikan, wajib deh berkunjung ke Pantai Wediombo di Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Di pantai berpasir putih ini, terdapat sebuah spot mancing berupa bukit karang. Beberapa ikan yang sanggup kau temukan di sini antara lain kerapu, tenggiri, ikan cucut, dan kakap.

Tak hanya memancing, Wediombo juga termasuk pantai terbaik di Jogja untuk berenang atau sekedar bermain air karena mempunyai sebuah kolam laguna alami nan cantik. Dengan kedalaman sekitar 1,5 meter, kolam alami ini mempunyai air yang jernih dan tenang sehingga kau tak perlu kuatir terseret ombak.

Puas berenang, kau pun sanggup melanjutkan untuk menikmati keindahan alam bawah laut. Pantai Wediombo dikenal sebagai spot snorkeling favorit para wisatawan di Yogyakarta. Terumbu karang, biota laut, dan lucunya ikan-ikan akan menciptakan kau betah berlama-lama di sini.

24. Pantai Jungwok

Mendengar namanya, mungkin kau akan beranggapan bahwa Pantai Jungwok berada di Korea Selatan. Tapi ternyata bukan, pantai ini merupakan tempat wisata gres yang paling bagus di Gunung Kidul Yogyakarta. Tepatnya, sebelah timur Pantai Wediombo, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo.

Pantai Jungwok mempunyai pasir putih yang halus dan masih sangat bersih. Suasananya masih sepi pengunjung, kau akan bebas leluasa berfoto dengan latar lautan biru nan luas. Kamu sanggup menaiki sebuah bukit hijau di sisi baratnya untuk melihat keindahan pantai ini dari ketinggian.

Harga tiket masuk ke Pantai Jungwok tidak mengecewakan murah, sekitar 5 ribu rupiah per orang. Oya, spot foto paling keren di pantai ini ialah keberadaan watu karang yang ada di tengah bahari yang dikenal dengan nama watu topi. Batu karang ini sering dipakai sebagai tempat memancing para wisatawan maupun masyarakat setempat.

Meskipun masih termasuk area Pantai Jungwok, Watu Topi atau Batu Topi diberi nama sendiri oleh masyarakat sekitar dengan nama Pantai Watu Topi. Mungkin karena karena mempunyai area tersendiri yang terpisah. Lokasinya berada di sebelah timur area utama Pantai Jungwok.

25. Pantai Indrayanti

Sebagai salah satu tempat bulan madu di Indonesia yang relatif murah, Yogyakarta menyuguhkan sejumlah destinasi menarik yang asyik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan (baca : istri). Selain daerah wisata Kaliurang di kaki Gunung Merapi, pesisir pantai selatan Gunung Kidul juga tak kalah bagus. Salah satunya ialah Pantai Indrayanti.

Pantai yang dikenal juga dengan nama Pulang Sawal ini mempunyai hamparan pasir putih yang indah berpadu dengan birunya air laut. Berbeda dengan pantai-pantai di Gunung Kidul lainnya, akomodasi Pantai Indrayanti sangatlah lengkap serta ada sentuhan modern di sini.

Begitu memasuki Indrayanti, kau akan disambut dengan restoran dan payung berwarna warni yang berjejer di sepanjang pinggir pantai. Ada juga jet sky yang sanggup disewa para pengunjung. Bila ingin menginap, tersedia cottage untuk menikmati pantai dikala malam hari. Sungguh, suasananya mirip mirip sejumlah pantai di Bali yang sudah sangat terkenal dikalangan wisatawan.

Oya, Pantai Indrayanti terletak di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Kamu akan dikenakan biaya tiket sebesar 5 ribu rupiah per orang ketika akan memasukinya. Harga sanggup berubah sewakt-waktu lho gaes!

26. Telaga Warna / Telaga Biru Semin

Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta dari hari ke hari semakin mengambarkan kemajuan. Terbukti dengan banyaknya tempat wisata gres yang bermunculan, diantaranya ialah Telaga Warna / Telaga Biru Semin.

Telaga atau danau ini tebentuk dari tanah bekas galian tambang watu butih. Lama-kelamaan tanah di sini membentuk sebuah cekungan kemudian terisi oleh air hujan. Uniknya, air yang tergenang berwarna hijau kebiru-biruan sehingga tampak bagus dipandang mata sekaligus sebagai spot foto keren.

Untuk menikmati keindahan telaga ini, kau tidak dikenai tiket masuk alias gratis, cukup membayar uang parkir sekitar 3 ribu rupiah. Tapi, seiring berjalannya waktu mungkin akan ada tarif retribusi. Lokasinya terletak di Karangwuni, Weru, Candi Rejo, Sukoharjo, Semin, Kabupaten Gunung Kidul.

27. Air Terjun Njurug Gedhe

Bukan hanya pantai pasir putih yang menjadi andalan wisata Gunung Kidul, masih ada deretan riam bagus yang bakal menghipnotis para wisatawan. Salah satunya ialah Air Terjun Njurug Gedhe di Dusun Gembyong, Desa Ngoro-oro, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Air Terjun Njurug Gedhe mempunyai ketinggian sekitar 25 meter dengan dinding batuan andesit. Keindahannya akan lebih tampak ketika animo penghujan karena debit airnya cukup besar serta perbukitan sekitar berwarna hijau ditumbuhi tanaman.

Harga tiket masuk untuk pengunjung remaja sebesar 4 ribu rupiah per orang, sedangkan belum dewasa 2 ribu rupiah. Jam buka mulai pukul 09.00 pagi hingga 16.00 WIB. Aktivitas yang sanggup dilakukan disini selain menikmati keelokan air terjun, kau juga sanggup berfoto dengan latar riam tersebut.

28. Air Terjun Sri Gethuk

Air terjun Sri Gethuk atau dikenal juga dengan nama riam Slempret terletak di Padukuhan Menggoran Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Keunikan riam ini berupa fatwa airnya yang bercabang pada dua celah tebing dan muncul dari sela-sela tebing karst gersang.

Dengan ketinggian mencapai 50 meter, jatuhan airnya nampak begitu eksotis diantara celah-celah tebing kemudian jatuh ke Sungai Oyo. Tebingnya pun dipenuhi banyak tumbuhan hijau yang menciptakan pemandangan semakin cantik. Pantas rasanya bila Sri Gethuk dinobatkan sebagai riam terindah di Jogja yang wajib dikunjungi.

Konon, Air Terjun Sri Gethuk tak pernah kering, selalu mengalir sepanjang waktu. Mungkin karena disekitarnya terdapat 3 mata air yaitu Dong Poh, Ngandong dan Ngumbul dengan rata-rata debit 30 hingga 60 liter per detik. Kesegaran dan kejernihan airnya bakal membuatmu betah berlama-lama bermain di sini hingga lupa pulang.

Harga tiket masuk dibanderol sebesar 35 ribu rupiah (tiket jalan masuk ke Gua Rancang Kencono) dengan jam buka mulai pukul 07.00 - 17.00 WIB. Namun, untuk mencapai lokasi air terjun, kau harus trekking melewati sawah. Atau sanggup juga, naik bahtera rakitan sederhana dari drum bekas dan papan melawan arus Sungai Oyo.

29. Pantai Watu Kodok

Pantai yang terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta ini mempunyai garis pantai yang tidak terlalu panjang, kurang lebih 600 meter. Namun, panorama alamnya tak sanggup dipandang sebelah mata.

Hamparan pasir putih yang berpadu dengan ombak bahari khas pantai selatan sanggup menciptakan kau terkagum-kagum. Spot keren Pantai Watu Kodok berupa bukit karang di sebelah timur garis pantai. Dari atas bukit, kau sanggup menikmati pemandangan lautan biru lepas pantai yang sanggup menyegarkan pikiran.

Pantai ini terbilang gres dibuka untuk objek wisata, jadi kau tak akan menemukan akomodasi lengkap mirip Pantai Indrayanti. Kamu mungkin hanya akan menemukan gazebo dan warung-warung kecil penjual kuliner / minuman. Tapi, suasana alami dan sepi menciptakan nyaman menikmati keindahan alam tanpat bunyi bising.

30. Pantai Sedahan

Tak sanggup dipungkiri, wilayah pesisir selatan Pulau Jawa memang mempunyai sejumlah pantai berpasir putih yang cantik, tak kecuali Kabupaten Gunung Kidul. Kamu akan menemukan puluhan pantai eksotis disini, salah satunya tentu saja Pantai Sedahan.

Pantai yang berada di Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta ini mempunyai perairan jernih yang biru dan hamparan pasir putih yang memanjakan mata. Dua buah watu karang besar yang mengapitnya menciptakan Sedahan tampak makin eksotik, tak kalah keren dengan deretan pantai indah di Kebumen Jawa Tengah.

Selain menikmati landscape pantai dari atas watu karang tersebut, kau juga sanggup melaksanakan kegiatan seru lainnya mirip berfoto, memancing, dan camping. Bila ingin berkemah di sini, kau harus membawa peralatan sendiri dari rumah karena belum ada penyewaan tenda.

31. Pantai Nampu

Mungkin sebagian traveler sudah tidak ajaib lagi dengan nama Pantai Nampu yang merupakan salah satu objek wisata unggulan Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Tapi, Pantai Nampu Gunung Kidul rasanya tak banyak orang mengetahuinya. Padahal, keindahannya sangat mengagumkan, tak kalah bagus dengan Pantai Nampu Wonogiri.

Pantai Nampu Gunungkidul memperlihatkan pemandangan hamparan pasir putih dan bahtera nelayan yang bersandar di pinggiran pantai. Tak hanya itu, kau juga sanggup menikmati panorama pantai ini hingga Pantai Wediombo dari atas sebuah bukit. Namanya Bukit Indah Pantai Nampu.

Beberapa permainan air / watersport sanggup menjadi alternatif kegiatan kau di sini, mulai dari banana boat, snorkeling hingga wisata naik kapal nelayan. Asyik bukan? Untuk harga tiket masuk biasanya satu paket dengan Pantai Wediombo, Watu Lumbung, Jungwok, dan lainnya sekitar Rp. 5.000,- per orang.

32. Pantai Baron

Tak berbeda jauh dengan aneka wisata Kebumen yang mempunyai sejumlah pantai bagus, Gunung Kidul pun demikian adanya. Ada puluhan pantai menarik berpasir putih maupun berkarang yang sangat eksotis. Namun, diantara pantai-pantai tersebut, Pantai Baron lah yang mungkin sanggup dibilang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Apa seh keistimewaan Pantai Baron? Selain mempunyai pasir pantai berwarna putih kecoklatan dengan deburan ombak khas pesisir selatan Jawa, pantai ini terbilang unik. Pantai Baron mempunyai air dua rasa, yaitu air asin dan air payau. Kok sanggup ya? Hal ini disebabkan oleh adanya sungai bawah tanah yang mengalir ke arah laut.

Jadi, dikala kau berkunjung ke sini, kau sanggup merasakan berenang di tepi pantai yang diterpa air asin atau berenang di air payau yang jernih tetapi terasa sedikit lebih dingin. Tapi, tetap harus ekstra hati-hati lho, mengingat ombak pantai selatan yang cukup besar.

Bila tak ingin berenang, kau sanggup menikmati keindahan pantai dari ketinggian sebuah bukit di sekitarnya. Bermain pasir atau berjalan di atasnya pun sanggup jadi kegiatan menyenangkan. Pantai Baron sendiri terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, kurang lebih berjarak 40 km dari sentra kota Yogyakarta.

33. Mercusuar Pantai Baron

Selain dari atas bukit, untuk menikmati keindahan Pantai Baron dan birunya bahari selatan, kau juga sanggup menaiki sebuah mercusuar. Dengan ketinggian mencapai 40 meter, menara mercusuar ini menyuguhkan sebuah pemandangan eksotis pesisir selatan Gunung Kidul.

Lokasinya berada di sebelah timur bukit, jadi kau cukup berjalan kaki untuk menuju mercusuar. Yang perlu diperhatikan ialah dikala menaiki tangga menuju ke puncak menara mercusuar. Kamu harus siap fisik, hati-hati, dan bawa bekal minum, mengingat tangga yang akan dilewati bentuknya vertikal.

34. Baron Techno Park

Baron Techno Park berada di Dusun Parangrucuk, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul. Tempat wisata edukasi terbaru ini sanggup ditempuh dari Kota Yogyakarta sekitar 2 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kira-kira ada apa saja seh di Baron Techno Park?

Mungkin belum banyak orang tahu wacana destinasi yang satu ini, karena Baron Techno Park sendiri sebetulnya sebuah sentra penelitian dan pengembangan teknologi energi terbarukan yang dibangun oleh BPPT. Tempat ini belum usang dibuka untuk umum dengan tiket gratis, jadi masuk akal saja bila masih ada wisatawan yang bertanya-tanya.

Di sini kau sanggup menemukan bermacam-macam teknologi mirip Model Implementasi Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Hibrida (PLTH) berbasis EBT, Pengolah minyak nabati (Biodiesel), Desalinasi air bahari menjadi air tawar, Ice maker dan Cold Storage, Rumah pola berbahan bacin komposit, Pusat informasi Edukasi Energi Terbarukan, Techno Camp dan Jam Matahari.

35. Pantai Gesing

Nama Pantai Gesing mungkin terdengar masih ajaib di indera pendengaran kebanyakan wisatawan. Namun, keindahannya sungguh tak kalah dengan pantai-pantai Gunung Kidul lainnya. Selain pemandangan alamnya yang bagus dengan hamparan pasir putih, pantai ini juga memperlihatkan kegiatan fotografi, memancing, hingga menikmati masakan seafood lezat.

Landscape Pantai Gesing dari atas tebing atau pun pasir putih beserta lautan biru di sini sangatlah bagus untuk diabadikan dengan lensa kamera. Tak hanya itu, kau juga sanggup mencoba kegiatan seru memancing ikan, ada ikan tenggiri, layur, cumi, dan lobster.

Bila lapar, kau sanggup memesan seafood ke nelayan dengan harga yang tidak mengecewakan murah. Rasanya enak dan segar! Bersantap hidangan bahari sambil menyaksikan deburan ombak dan kapal nelayan yang parkir di bibir pantai tentu akan menjadi pengalaman berkesan. Oya, Pantai Gesing terletak di Panjolomoyo, Desa Girikerto, Kecamatan Panggang.

36. Goa Rancang Kencono

Goa Rancang Kencono merupakan salah satu objek wisata alam yang menjadi andalan Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta selain pantai dan air terjun. Berada di Pedukuhan Menggoran II, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, goa ini mempunyai ruangan luas dan lapang dengan pohon klumpit (Terminalia edulis) berusia sekitar lebih dari 2 abad.

37. Pantai Ngrenehan

Tempat wisata Pantai Ngrenehan cukup terkenal dikalangan wisatawan sebagai pantai pasir putih. Ombaknya pun tidak mengecewakan tak begitu besar karena diapit oleh bukit karang di kanan kirinya. Pemandangan utama disini berupa perahu-perahu tradisional nelayan yang bersandar pada pinggiran pantai.

Suasana perkampungan nelayan akan kau dapatkan disini, bahkan kalau beruntung kau sanggup ikut pelelangan hasil tangkapan laut. Ikan-ikannya masih segar lho karena gres saja ditangkap dari lautan. Kalau ingin merasakan yang sudah matang, tampaknya sanggup memesannya ke warga setempat/nelayan. Pantai Ngrenehan terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari.

38. Pantai Jogan

Bila kau ingin mengunjungi pantai di Gunung Kidul Jogja yang ada riam mengalir ke laut, maka Pantai Jogan lah pilihannya. Untuk melihat derasnya air terjun, kau harus tiba dikala animo hujan. Karena ketika animo kemarau, debit riam di pantai ini sangat kecil.

Konon, tak banyak pantai dengan air terjun, sekelas Pulau Bali dan Lombok pun jarang ditemukan pantai mirip ini. Untuk berkunjung ke Pantai Jogan, kau akan dikenakan tiket masuk seharga 3 ribu rupiah, kalau belum naik ya! Alamatnya berada di Dusun Duwet, Purwodadi, Tepus.

39. Pantai Ngeden

Pantai Ngeden mungkin masih ajaib di indera pendengaran kamu, namun pantai gres ini sanggup dibilang paling indah di Kabupaten Gunung Kidul. Pasalnya, pasir pantainya yang berwarna putih kecokelatan tampak begitu higienis dan alami. Suasananya yang masih sepi pengunjung semakin menambah kecantikan Pantai Ngeden, layaknya private beach di Pulau Lombok.

Terletak di Dusun Bedalo, Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Pantai Ngeden atau disebut juga Pantai Ngedan ini diapit dua bukit karang yang kokoh sehingga ombak besar pun tak hingga bibir pantai. Kamu sanggup naik ke atas bukit untuk melihat pemandangan pantai dari atas.

40. Pantai Drini

Satu lagi pantai terindah di Gunung Kidul yang tak boleh kau lewatkan, namanya Pantai Drini. Ada banyak kegiatan yang sanggup dinikmati di pantai ini, mirip berenang, snorkeling, naik kano, atau sekadar berfoto. Untuk menikmati pemadangan bahari yang menakjubkan, kau sanggup naik ke atas bukit di sekitar Pantai Drini melalui tangga yang telah disediakan.

Namun, kalau arus sedang pasang dan ombak sedang besar, kau akan dihentikan menaiki tangga tebing karena jalan menuju ke sana akan dipenuhi air dan cukup dalam. Bahkan kau tidak boleh berenang atau snorkeling di sekitar area tersebut.

Bila ombak sedang bersahabat, kau sanggup bersantai menikmati suasana pantai, snorkeling dan kano. Kamu sanggup menyewa sebuah kano seharga Rp 50.000 tanpa batasan waktu alias pakai sepuasnya. Asyik bukan? Nah, buat kau yang ingin mencoba liburan ke Pantai Drini, eksklusif saja menuju ke lokasinya di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari.

41. Embung Batara Sriten

Selain Embung Nglanggeran, masih ada satu lagi embung bagus di Gunung Kidul yaitu Batara Sriten. Danau buatan ini memperlihatkan pemandangan alam indah untuk dijadikan spot foto. Pembangunan telaga ini sebetulnya untuk mengatasi duduk masalah kekeringan yaitu sebagai tempat penampungan air.

Namun, karena pesonanya yang begitu eksotis maka banyak traveler yang tiba ke sini untuk sekedar berfoto atau pun menikmati keindahannya. Tak jauh dari embung, ada Puncak Mangir dimana kau sanggup menyaksikan Embung Batara Sriten dengan latar matahari terbenam.

Karena cukup tinggi, Puncak Mangir pun sering dipakai untuk olah raga paralayang / paragliding. Lokasi Embung Batara Sriten berada di Pilangrejo, Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta. Harga tiket masuk sekitar 3 ribu rupiah, belum termasuk parkir.

42. Pantai Sepanjang

Sesuai dengan namanya, Pantai Sepanjang memang mempunyai garis pantai yang panjang dengan hamparan pasir putih. Birunya air bahari dengan deburan ombak sedang semakin menambah kecantikannya. Suasana pantai ini masih sangat alami, sekilas mirip dengan keadaan Pantai Kuta Bali tempo dulu.

Di sini sudah tersedia gubug-gubug sederhana penjual kuliner dan minuman. Di gubug tersebut, biasanya disediakan tempat duduk untuk sekedar ngobrol ketika ngemil atau minum sambil menikmati keindahan pantai. Kamu juga sanggup membeli kerajinan cangkang kerang hasil olahan penduduk sekitar.

Harga tiket masuk ke Pantai Sepanjang sekitar 4 atau 10 ribu rupiah (NB : kini mungkin sudah naik). Lokasinya terletak di Kemadang, Tanjungsari. Rute jalannya yaitu dari sentra kota Yogyakarta - Wonosari - Jalan Baron - Tanjungsari - Pertigaan masuk daerah Pantai Baron ke arah timur - Pintu masuk Pantai Kukup ke timur - Pantai Sepanjang.

43. Pantai Ngandong

Ingin merasakan suasana tempat liburan di Jogja berupa pantai pasir putih bersih, indah, dan masih alami? Datanglah ke Pantai Ngandong Gunungkidul. Pantai berpasir putih ini keberadaannya cukup tersembunyi sehingga belum ramai oleh wisatawan.

Pantai yang terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus ini sanggup ditempuh dari Kota Yogyakarta sekitar 3 jam. Kamu harus ekstra hati-hati ketika berkendara menuju ke sini, mengingat jalannya masih berbatu. Pantainya memang tak begitu luas, tapi pesonanya tak kalah bagus dengan pantai pasir putih lain di daerah ini.

44. Pantai Ngetun

Pantai Ngetun bila dilihat dari atas tampak sebagai sebuah pantai mungil nan bagus dengan diapit 2 buah bukit karang menjulang tinggi. Pasir putih dan deburan ombak khas pantai selatan Jogja semakin mempercantik pesonanya.

Akses jalan menuju ke Pantai Ngetun / Ngitun tergolong sulit karena jalan masih berbatu dan belum diaspal. Kamu harus berjuang keras untuk mencapai bibir pantainya. Untuk alamatnya berada di Sureng, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta.

45. Pantai Kesirat

Tak mirip pantai di Gunung Kidul umumnya yang mempunyai pasir putih, Pantai Kesirat justru hanya punya batu-batu karang dengan deburan ombak besar. Namun, tebing-tebing karang itu menciptakan pesona pantai ini begitu menggoda, tak kalah bagus dengan pantai berpasir putih.

Di pinggir pantai tampak pohon besar menjadi ikon khas Pantai Kesirat. Karena berbatasan eksklusif dengan bahari dalam, maka pantai ini pun menjadi spot terbaik untuk memancing ikan atau lobster. Tanahnya yang ditumbuhi rerumputan menciptakan nyaman untuk camping.

Pantai Kesirat terlatak di Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta. Harga tiket masuk dibanderol sekitar 5 ribu rupiah. Untuk akomodasi tampaknya tak selengkap pantai Indrayanti atau Drini. Suasananya masih sepi, tak seramai kedua pantai tersebut.

46. Watu Payung

Berlokasi di Desa Turunan, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Watu Payung menyuguhkan keindahan panorama alam yang menarik mirip Kabun Buah Mangunan dan Bukit Panguk Kediwung. Dari tempat ini, kau sanggup menyaksikan sunrise bagus serta perbukitan hijau berkabut.

Fasilitasnya masih minim, jalan menuju lokasi juga berbatu, jadi kau harus ekstra hati-hati untuk mencapai puncak bukit Watu Payung. Tapi, kau tak usah kuatir, sesudah hingga maka lelah akan segera hilang karena keelokan alam dan segarnya udara yang tersaji.

47. Pantai Nguyahan

Gunung Kidul memang gudangnya pantai perawan berpasir putih yang belum terjamah oleh banyak wisatawan, salah satunya ialah Pantai Nguyahan di Kanigoro, Sapto Sari. Keindahan pantai ini seolah tertutupi oleh kepopuleran Pantai Ngobaran yang berdampingan.

Jika dilihat dari foto-foto terbaru yang viral di instagram, hamparan pasir putih dan birunya air bahari Pantai Nguyahan tak kalah bagus dengan Pantai Indrayanti yang sudah tersohor. Di pinggiran pantai juga terdapat payung-payung berwarna warni untuk berteduh dikala menikmati pantai.

48. Cave Tubing Kalisuci

Selain Goa Pindul, kau juga sanggup melaksanakan kegiatan wisata cave tubing di Kali Suci Gunung Kidul Yogyakarta. Kamu akan mengarungi sungai dengan hanya menggunakan ban pelampung berupa ban dalam kendaraan beroda empat yang akan menjadi alat bantu untuk menelusuri sungai. Benar-benar memacu adrenalin gaes!

Selama cave tubing, kau akan dimanjakan pemandangan bagus sepanjang perjalanan. Air sungai yang berwarna biru kehijauan terlihat berkelak-kelok dari tebing tempat garis start. Tebing-tebing karst berselimut daun-daun yang meranggas menambah keeksotisan alam di sekitarnya.

49. Pantai Sadranan

Satu lagi pantai di Gunung Kidul Jogja yang bagus buat ngecamp atau kemah, yaitu Pantai Sadranan. Airnya biru dan pasirnya putih, sungguh asik banget buat bermalam. Saat pagi atau siang hari, kau sanggup bermain di tepian pantai sambil menunggu malam tiba.

Ketika matahari mulai karam ke peraduannya, kau sanggup memulai mendirikan tenda dan menciptakan api unggun. Berbincang, bernyanyi, sambil menikmati kehangatan api unggun dibawah bintang-bintang tentu akan menjadi pengalaman yang special.

50. Air Terjun Luweng Sampang

Terketak di Desa Sampang, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta, Air Terjun Luweng Sampang memperlihatkan sebuah bebatuan unik hasil pengikisan oleh air sungai. Batuan yang terkena pengikisan air tersebut membentuk lapisan bergaris-garis.

Air terjunnya sebetulnya tak terlalu tinggi, hanya sekitar 5 meter. Tapi, keunikan batuan inilah yang menciptakan para wisatawan ingin tau ingin melihatnya secara langsung. Untuk harga tiket masuknya tampaknya gratis, cukup bayar parkir 5 ribu rupiah.

51. Air Terjun Kedung Kandang

Ada satu lagi riam unik tersembunyi yang tak boleh kau lewatkan yaitu Kedung Kandang. Lokasinya berada di Gunung Botak, Nglanggeran, Pathuk, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Air terjun ini mempunyai kontur berundak-undak sekitar 6 tingkatan.

Saat malamnya habis turun hujan, keindahan fatwa airnya tampak begitu indah. Di sekitar air terjun, kau sanggup menyaksikan pesawahan terasering yang cantik. Untuk mencapai lokasi, kau harus melalui jalanan terjal berbatu yang cukup ekstrem. Dari parkiran motor, kau masih harus berjalan sekitar 1 km. Harga tiket masuk ke Air Terjun Kedung Kandang dibenderol 7 ribu rupiah per orang.

52. Pantai Sadeng

Pantai Sadeng merupakan pelabuhan kecil yang menjadi tempat para nelayan tradisional untuk menyandarkan perahunya. Jadi, disini kau sanggup menyaksikan aneka kegiatan nelayan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu juga sanggup memancing ikan bersama teman-teman atau pun keluarga.

53. Pantai Ngrumput

Lokasi Pantai Ngrumput sanggup dibilang cukup tersembunyi di bawah Bukit Kosakora. Biasanya, pantai ini dinikmati dari atas bukit dikala camping. Namun, bila ingin ke bibir pantainya, kau sanggup mulai start melalui Pantai Drini. Dari sini, kau masih harus berjalan kurang lebih 20-30 menit.

Karena lokasi ketiga objek wisata berdekatan, kau sanggup sekalian mengunjungi ketiganya, yaitu Pantai Drini, Pantai Ngrumput, dan Bukit Kosakora. Seperti kata pepatah, "sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui". Hemat waktu dan biaya tentunya bukan?

54. Pantai Butuh

Pantai Butuh terletak di Krambilsawit, Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta. Kondisinya cukup landai dan masih sepi pengunjung. Pasir pantai berwarna putih kecoklatan dengan diapit 2 tebing karang. Garis pantainya tak begitu panjang, tapi cukup asyik untuk sekedar melepas penat.

55. Pantai Sinden

Meskipun tidak mempunyai pasir putih, Pantai Sinden tetap menarik untuk dikunjungi dikala liburan. Bibir pantainya berupa watu karang yang berbatasan eksklusif dengan lautan lepas. Justru disinilah keistimewaannya, spot foto yang dihasilkan dari tepi batuan karang ini sangat instagramable banget.

Pantai Sinden juga mempunyai sebuah pulau karang yang berada di tengah laut, namanya Pulau Kalong. Untuk menyeberang ke pulau tersebut, kau sanggup melalui jembatan gantung sederhana yang telah dibikin oleh warga setempat. Cukup memacu adrenalin, karena di bawah jempatan eksklusif lautan dalam.

56. Air Terjun Tegal Rejo

Air Terjun Tegal Rejo atau yang biasa disebut Curug Indah Tegal Rejo beralamat di Tegalrejo, Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta. Tepatnya perbatasan antara Gedangsari dan Kecamatan Bayat Klaten Jawa Tengah sehingga sering disebut Curug Bayat.

Daya tarik riam ini berupa airnya yang jernih dan bentuknya yang bertingkat-tingkat, walaupun jaraknya berjauhan. Tiap tingkatan membentuk cekungan atau kolam sehingga sanggup dipakai untuk berenang atau bermain air. Namun, kau harus ekstra hat-hati karena cekungan tersebut termasuk dalam, 2 - 3 meter kira-kira.

57. Pantai Watu Lumbung

Untuk mencapai lokasi Pantai Watu Lumbung, kau harus melaksanakan perjalanan ekstra keras karena harus trekking menyusuri jalan setapak cukup terjal. Kamu wajib hati-hati, mengingat kanan kirinya jurang. Bagi yang tak berpengaruh berjalan kaki jauh, sebaiknya mengurungkan niat ke pantai ini.

Dilihat dari foto-foto yang saya dapatkan di instagram, tampak tidak ada pasir putih di Pantai Watu Lumbung. Hanya ada batuan karang berukuran besar yang ibarat lumbung padi (tempat menyimpan padi jaman dulu). Mungkin karena watu ini, orang-orang menamakan pantai ini dengan sebutan Watu Lumbung.

58. Pantai Slili

Pantai Slili keberadaannya cukup tersembunyi diantara Pantai Krakal dan Pantai Sadranan, terpisah sekitar 2 bukit. Walaupun mungil dengan garis pantai hanya sekitar 100 meter, pantai ini cukup asyik untuk melepaskan penat. Kondisinya masih alami dan relatif belum banyak dikunjungi orang sehingga sanggup leluasa menikmatinya.

Kamu sanggup bersantai di gazebo yang terletak pada pinggiran pantai sambil menikmati kelapa muda atau pun deburan ombak pantai. Alamat Pantai Slili terletak di Jalan Pantai Krakal, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta.

59. Pantai Sundak

Terletak di Desa Sidoharjo, Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta, Pantai Sundak menyuguhkan pemandangan alam indah dan fenomena alam yang unik. Saat animo penghujan tiba, volume air yang cukup besar akan muncul dan mengalir menuju lautan.

Aliran air tersebut seakan-akan membelah pasir (bahasa jawa : wedi). Namun, kalau animo kemarau tiba, kumpulan air mengalir tersebut akan menghilang. Kejadian inilah yang menciptakan Pantai Sundak dikenal juga dengan nama Pantai Wedibedah (pasir yang terbelah).

60. Pantai Ngetun

Teluk mungil nan bagus ini berjulukan Pantai Ngetun, berada di Sureng, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta. Pasir putih higienis nan indah serta pemandangan perbukitan hijau akan kau temukan di sini.

Untuk menikmati keindahan Pantai Ngetun / Ngitun dari ketinggian, kau sanggup naik ke bukit di sekitarnya. Spot fotonya instagenic dan keren banget dengan latar pantai tersebut diapit 2 bukit karang. Bermain di bibir pantainya juga asyik gaes, ombak disini tampaknya tak begitu besar karena diapit 2 bukit tersebut.

61. Pantai Seruni

Daya tarik utama Pantai Seruni berupa hamparan pasir putih dan di tebing sebelah timur yang terdapat gemericik air membentuk riam pada animo penghujan. Alamat pantai ini terletak di Tepus, Gunungkidul, Daerah spesial Yogyakarta.

Kamu tak diperkenankan berenang di sini karena ombaknya begitu besar. Wisatawan biasanya hanya menikmati gulungan ombak dari tepi pantai. Suasananya masih sangat alami dan sepi pengunjung sehingga pas banget buat menyendiri.

62. Pantai Krakal

Pantai Krakal merupakan sala satu tempat wisata favorit wisatawan untuk liburan di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Hal ini mungkin karena pantai ini mempunyai view alam nan indah dengan pasir putih dan ombak yang ramah.

Pantai ini juga biasanya dipakai untuk studi wisata pelajar / mahasiswa karena terdapat batu-batu karang dimana di dalamnya terdapat ikan-ikan kecil atau biota laut. Ombaknya yang cukup tenang memungkinkan untuk berselancar.

63. Pantai Ngobaran

Ingin merasakan suasana Bali ala Jogja? Datang saja ke pantai di Gunung Kidul yang ada candinya yaitu Pantai Ngobaran. Ketika hingga di sini, kau akan disambut oleh pemandangan lautan biru hingga pura untuk ibadah umat Hindu. Benar-benar menciptakan kau serasa di pantai Tanah Lot Bali.

Pantai yang terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari ini terdiri dari tebing-tebing dan bebatuan karang sehingga tak memungkinkan untuk berenang. Saat airnya surut, kau sanggup melihat hijau dan coklatnya rumput laut.

64. River Tubing Sungai Oyo

Ketika kau mengunjungi Goa Pindul, selain cave tubing kau juga sanggup melaksanakan river tubing yang tak kalah seru. Kegiatannya hampir sama dengan cave tubing yaitu menyusuri sungai menggunakan ban karet. Tapi, kau tak akan masuk ke dalam sebuah goa karena Sungai Oyo alirannya terbuka, bukan dibawah tanah.

Arus Sungai Oyo cukup tenang dan tampaknya tidak ada jeramnya sehingga kau sanggup menikmatinya dengan nyaman. Kamu akan sanggup menikmati panorama batuan karst di sepanjang fatwa sungai. Ada juga sebuah riam kecil yang sanggup kau jumpai. Harga tiket river tubing ini sekitar 45 - 65 ribu rupiah.

65. Pantai Sarangan

Pantai Sarangan terletak di Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta. Tepatnya sebelah barat Pantai Krakal, hanya dipisahkan oleh sebuah bukit karang setinggi 3 - 4 meteran. Oleh karena itu, mungkin banyak yang menyangka bahwa daerah ini masih termasuk Pantai Krakal.

Kondisi alamnya memang mirip mirip Pantai Krakal, namun garis Pantai Sarangan cenderung lebih melengkung, bukan lurus. Fasilitasnya tidak mengecewakan lengkap, ada penjual makanan, mushola, penginapan, dan kamar mandi.

66. Pantai Mbirit

Terletak di Krambil Sawit, Sapto Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta, Pantai Mbirit atau Birit ini memperlihatkan suasana pantai alami tersembunyi yang masi sepi pengunjung. Pantainya memang tidak terlalu luas tapi tidak mengecewakan bagus dengan hamparan pasir putih.

Batu karang di sini juga sangat cocok untuk background berfoto ala anak kekinian. Saat berkunjung ke Pantai Mbirit, kalau beruntung kau sanggup melihat warga setempat yang sedang memasang perangkap lobster dan kepiting.

67. Bukit Bintang

Bukit Bintang nampaknya sudah tidak ajaib lagi di indera pendengaran para wisatawan, terutama belum dewasa muda. Bukit ini terletak di perbatasan Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunung Kidul. Tapi, karena keberadaannya di pinggir jalan Jogja - Wonosari, maka lebih terkenal sebagai cuilan Pariwisata Gunung Kidul.

Sejak dulu, Bukit Bintang Hargodumilah terkenal sebagai salah satu tempat romantis di Jogja dengan suguhan berupa pemandangan city light malam hari. Dari atas warung-warung sederhana, kau sanggup menyaksikan cahaya kota Yogyakarta, sungguh syahdu. Apalagi kalau di temani segelas kopi / teh hangat bersama orang terkasih, akan semakin berkesan.

68. Goa Gelatik

Lokasi Goa Gelatik tak jauh dari Goa Pindul, tepatnya di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, D.I Yogyakarta. Di dalam goa terdapat bermacam-macam jenis batuan dan ada banyak lorong sehingga warga setempat juga menamakannya Goa Gelatik Lorong Sewu.

Untuk susur Goa Gelatik biasanya berdurasi sekitar 1,5 jam, itu pun belum sanggup menjelajahi semua cuilan goa mengingat udara di dalamnya sangat minim. Pengelola kalau tak keliru sudah menyediakan perlengkapan keamanan berupa helm, sepatu, dan tabung oksigen untuk berjaga-jaga.

69. Pantai Kayu Arum

Gunung Kidul memang surganya pantai pasir putih, seakan tak ada habisnya, kabupaten ini selalu menyuguhkan pantai gres nan cantik. Salah satunya ialah Pantai Kayu Arum di Kanigoro, Tanjungsari. Kondisi pantai ini masih perawan belum banyak dikunjungi wisatawan.

Hamparan pasir putih higienis yang belum terjamah akan menyambutmu begitu hingga di sini. Lumayan luas pantainya sehingga sanggup dipakai untuk bermain bola atau pun camping. Angin pantai yang kencang dan deburan ombak besar menabrak karang semakin menambah keasrian Pantai Kayu Arum.

Tak gampang untuk menuju ke Pantai Kayu Arum, konon kabarnya kau harus treking menyusuri jalan setapak sejauh 4 km dari parkiran. Semak belukar dan ladang persawahan penduduk akan menemani kau sepanjang perjalanan. Belum ada akomodasi memadai di sini karena masih benar-benar alami banget.

70. Tegalarum Adventure Park

Buat kau yang sedang mencari tempat rekreasi untuk anak dan keluarga di daerah Wonosari Gunung Kidul, maka Tegalarum Adventure Park sanggup menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, di objek wisata ini menyediakan kegiatan seru menyenangkan.

Beberapa wahana dan akomodasi permainan di Tegalarum Adventure Park antara lain Duck River atau Becak Air, Flying Fox, Fun Game, Fun Trail and ATV, River Tubing, dan Body Rafting. Untuk harga masing-masing wahana bervariasi antara 20 - 50 ribu rupiah (NB : harga sanggup berubah sewaktu-waktu).

Bagaimana gaes? Tertarik untuk tiba ke sini? Asyik lho kegiatannya, apalagi kalau dilakukan secara bantu-membantu dengan sahabat, sahabat kantor, atau pun anggota keluarga. Lokasinya terletak di Desa Wisata Sidorejo, Karangtengah, Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY.

71. Gardu Pandang Mangol Kencana

Sesuai dengan namanya, Gardu Pandang Mangol Kencana ini menyuguhkan pemandangan alam eksotis dari ketinggian sebuah tebing / bukit. Sunset disini terlihat begitu bagus mengagumkan, menciptakan kau betah berlama-lama. Bahkan, konon kabarnya kalau cuaca sedang cerah, dari sini kau sanggup melihat Gunung Merapi.

Gardu Pandang ini berlokasi di Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah spesial Yogyakarta. Jam buka mulai Pukul 06.00 - 21.00 WIB. Sudah ada penjual makanan, gazebo, dan toilet. Mungkin ke depannya akan dibangun akomodasi lain untuk kenyamanan wisatawan.

72. Pantai Siung

Kalau di daerah wisata Bandung ada Gunung Marsigit atau Citatah Padalarang, maka di Gunung Kidul ada Pantai Siung yang menjadi surganya para pemanjat tebing. Pantai ini mempunyai sekitar 250 jalur panjat tebing yang tampak indah sekaligus menantang untuk memacu adrenalin.

Selain panjat tebing, kau joga sanggup bermalam disini dengan mendirikan tenda, kebetulan sudah tersedia camping ground. Karena pantainya berkarang tajam, maka kau tak sanggup berenang, cukup hanya memandang lautan lepas nan biru.

Harga tiket masuk ke Pantai Siung terbilang murah, sekitar 5 ribu rupiah. Untuk alamatnya berada di Dusun Duwet, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Jaraknya sekitar 70 km dari sentra Kota Yogyakarta dan sanggup ditempuh selama kurang lebih 2 jam dengan kendaraan.

73. Watu Giring

Ingin liburan ke spot foto keren dan unik di Gunung Kidul Jogja? Cobain deh tiba ke Watu Giring di Jelok, Pacarejo, Semanu. Tempat bekas tambang batuan alam ini menyisakan batuan unik yang berbentuk mirip tangga.

Objek wisata gres ini sementara dikelola oleh masyarakat setempat sehingga belum ada tiket resmi. Mungkin kedepannya akan segera diresmikan sebagai salah satu destinasi wisata Gunung Kidul. Dengan demikian, fasilitasnya pun akan bertambah mirip halnya Tebing Breksi yang juga bekas tambang.

74. Pantai Krokoh

Hampir setiap tahun, selalu saja ada pantai bagus terbaru yang ditemukan di Kabupaten Gunung Kidul. Misalnya saja Pantai Krokoh yang belum banyak diketahui orang, padahal keindahannya sangat menakjubkan.

Pantai yang terletak di Songbanyu, Girisubo ini mempunyai hamparan pasir putih alami nan higienis dengan diapit 2 tebing tinggi. Keberadaannya cukup tersembunyi di sebelah timur Pantai Sadeng sehingga suasananya relatif sepi dan sunyi.

Saat air bahari surut, kau sanggup melihat karang yang ditumbuhi rumput bahari dan ganggang laut. Karena masih baru, akomodasi disini pun belum lengkap. Kamu benar-benar akan disuguhi pantai alami yang belum terjamah oleh banyak orang.

75. Pantai Srakung

Satu lagi tempat wisata pantai keren di Gunung Kidul yang wajib dikunjung yaitu Pantai Srakung di Dusun Nujo, Desa Pucung, Kecamatan Girisubo. Kondisinya masih sangat sunyi alami, cocok untuk menenangkan diri jauh dari kesibukan sehari-hari.

Hamparan pasir putih yang diapit 2 buah tebing karang di kanan kirinya menjadi daya tarik utama pantai ini. Menikmatinya sambil mendengarkan deburan ombak dan semilir angin pantai sungguh sangat istimewa. Rasanya sedang berada di sebuah pantai milik pribadi karena sepinya pengunjung.

Tak gampang untuk mencapai Pantai Srakung, kau harus berjalan kaki kurang lebih sejauh 1 km. Perbukitan dan ladang penduduk akan menemani kau sepanjang perjalanan. Semoga saja akan segera dibangun jalan semoga kendaraan sanggup lewat serta akomodasi pendukung lainnya.

Nah, itu beliau info seputar objek wisata di Gunung Kidul Jogja yang paling bagus untuk dikunjungi. Keren dan indah bukan? Kalau misalkan sobat traveler punya rujukan destinasi gres lainnya sanggup menambahkan melalui kolom komentar, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel