5 Cara Mempercepat Android Yang Sudah Lambat

Gambar terkait
android

Pada artikel kali ini saya akan membagikan konten 5 cara mempercepat android yang sudah lambat. Android yang sudah lambat memang sangat menganggu dan membuat kita jadi tidak fokus pada penggunaan android, tetapi malah fokus ke bagaimana cara mengatasi android agar tidak lambat. Tentu tutorial seperti ini sangat di butuhkan banyak orang. Maka dari itu saya akan membagikannya pada artikel kali ini.

Biasanya android kalau sudah lelet itu karena pemakaian yang sudah lama atau terkena virus. Bisa juga di sebabkan karena aplikasi yang berlebihan. Kalaupun kalian menggunakan aplikasi pembersih memori yang tersedia di play store, tidak akan mempan justru menambah pemakaian memori dan android kalian semakin lambat. Cara sebenarnya bukan lewat aplikasi, tapi lewat trik yang akan saya berikan kali ini.

Kalian sudah penasaran? Mari simak artikel ini sampai habis.

1. Hapus Aplikasi Tidak Terpakai


Hasil gambar untuk aplikasi tidak berguna
aplikasi tidak terpakai
Pasti hp android kalian ada yang mempunyai aplikasi tidak terpakai. Alangkah baiknya jika ada aplikasi yang tidak terpakai lebih baik di uninstall saja karena itulah yang membuat memori hp kalian penuh dan hp kalian lambat. Maka dari itu jika kalian merasa aplikasi tersebut tidak terpakai uninstall saja ya. Supaya android kalian bisa berjalan dengan lancar dan tidak lambat.

2. Hapus Foto dan Video Yang Tidak Penting

Hasil gambar untuk galeri android
galeri android

Jika kalian memiliki foto atau video yang tidak berguna lebih baik di hapus saja karena mempengaruhi kapasitas memori hp kalian dan otomatis akan lambat. Foto dan video bisa ada di galeri kalian dengan berbagai macam, mulai dari kalian sendiri yang membuatnya atau dari kriman whatsapp. Biasanya foto dan video dari whatsapp akan otomatis masuk ke galeri kalian dan menumpuk begitu saja di memori kalian. Hal itulah penyebab hp kalian lambat.

3. Hapus Cache Data Android

Hasil gambar untuk cache data android
cache data android

Android kalian pasti memiliki cache dan data yang menumpuk. Lebih baik hapus saja karena itu dapat membuat android kalian lambat. Bagaimana cara menghapusnya? Periksa di setelan kalian dan masuk ke dalam penyimpanan. Setelah itu kalian bisa memilih cache dan data mana yang akan kalian hapus. Setelah mennghapus semuanya, android kalian akan terasa lebih enteng.

4. Hentikan Pemakaian Wallpaper Bergerak

Hasil gambar untuk tampilan wallpaper beruang android
wallpaper gerak

Wallpaper gerak juga mengakibatkan android kalian lambat karena animasinya terus berjalan dan otomatis bertabrakan dengan apa yang sedang kalian akses. Di situlah android kalian akan terasa lambat. Gunakanlah wallpaper yang ringan, simpel dan tidak padat gambarnya. Karena wallpaper bisa mempengaruhi android kalian menjadi lambat.

5. Reset Pabrik

Hasil gambar untuk reset pabrik android
reset pabrik

Reset pabrik ialah jalan satu satunya kalau android kalian tetap lambat. Dengan reset pabrik otomatis sistem android kalian akan seperti awal kalian membeli android tersebut, terasa ringan dan tidak lambat. Saran dari saya kalau ingin reset pabrik, back up lah data data penting kalian agar tidak hilang. Cara reset pabrik pun simpel dan bisa kalian lakukan dengan cara masuk ke pengaturan dan pilihlah buat cadangan / setel ulang devices. Proses membutuhkan waktu di atas 5 menit.

Nah itulah 5 cara mempercepat android yang sudah lambat. Semoga apa yang saya share bisa bermanfaat. Jangan lupa share ke teman kalian ya. Agar saya update artikel setiap hari.

Terima kasih buat yang sudah membaca sampai selesai. Sampai bertemu di artikel berikutnya. See u guys....!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel