Yuk Simak 7 Hikmah dan Manfaat Berkurban yang Perlu Kamu Ketahui

Hikmah dan Manfaat Berkurban - Saat umat muslim merayakan Hari Raya Idul Adha, pasti kita akan melihat hewan disembelih atau biasa kita sebut kurban. Hari raya idul adha juga sering disebut idul kurban, karena pada hari itu umat muslim akan menyembelih hewan kurban sebagai rasa syukur kepada Allah SWT.

Baca juga: Apakah Hantu Bisa Membunuh Manusia? Jawabannya Mengejutkan!

Dalam berkurban juga ada aturannya. Pertama, penyembelihan dilakukan setelah shalat ied. Kedua, hewan yang disembelih juga harus hewan ternak seperti kambing, sapi, unta, dan sejenisnya. Dan masih banyak lagi aturan-aturan dalam berkurban.

Dan apakah kamu tahu? Ternyata berkurban juga memiliki banyak hikmah dan manfaat loh. Berikut ini hikmah dan manfaat berkurban:



HIKMAH DAN MANFAAT BERKURBAN


1. Menambah ketaqwaan kita kepada Allah SWT

Kita hidup didunia harus menjalankan perintah dari Allah SWT, dan menjauhi segala larangannya. Dan berkurban merupakan bukti ketaatan dan ketundukan kita kepada perintah Allah SWT. Dengan begitu, ketaqwaan bisa bertambah.

Baca juga: Inilah Posisi Paling Aman Dari 6 Kendaraan Saat Berpergian Menurut Penelitian




2. Mensucikan rezeki

Rezeki yang kita dapatkan sebenarnya bukan mutlak untuk kita sendiri, ada sebagian harta kita milik orang lain yang membutuhkan. Oleh karena itu, Allah menganjurkan kita untuk bersedekah, dan berkurban merupakan salah satu cara kita bersedekah. Karena dengan berkurban, orang lain juga bisa merasakan kebahagian yang kita dapatkan.

Baca juga: 3 Kejadian Mengerikan Akibat Kecanduan ML (Mobile Legends)




3. Bekal di hari akhir

Orang yang berkurban tentunya akan mendapat pahala yang besar. Dengan catatan, dia berkurban karena niat ikhlas, bukan ingin menyombongkan diri. Dan berkurban juga bisa menjadi  bekal kita untuk di hari akhir nanti.

Baca juga: Ternyata Ini Sosok Pengisi Suara "On The Spot" dan "Tau Gak Sih?" Trans 7




4. Mendapat ampunan

Kita sebagai manusia merupakan tempatnya salah dan dosa. Dengan berkurban, dosa yang kita perbuat bisa diampuni. Sebagai mana dalam sebuah riwayat: "Hai fatimah, berdirilah disisi korbanmu, dan saksikanlah ia. Sesungguhnya titisan darah yang pertama itu pengampunan bagimu atas dosa-dosamu yang telah lalu" (HR. Al-Bazzar dan Ibnu Hibban)



5. Mempererat tali silaturahmi

Dengan berkurban, tali silaturahmi dengan saudara, tetangga, dan kerabat akan semakin kuat. Kita bisa berbagi kebahagiaan bersama orang lain,tali silaturahmi orang yang berkurban dan yang menerima kurban juga bisa lebih erat.


6. Masih banyak lagi.... 

 

 Saat umat muslim merayakan Hari Raya Idul Adha Yuk Simak 7 Hikmah dan Manfaat Berkurban yang Perlu Kamu Ketahui



Penutup


Sekian artikel tentang hikmah dan manfaat berkurban, sekali lagi selamat Hari raya Idul Adha bagi umat muslim didunia. Semoga dengan berkurban, kita bisa mendapat hikmah dan ampunan atas dosa-dosa kita selama ini.

Terima kasih sudah mampir di blog saya, semoga artikel ini bermanfaat ya. Jangan lupa baca artikel menarik saya yang lain.

Good luck!
- Infoterlengkap.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel