Rilis Spotify Lite dengan Ukuran Lebih Kecil


Akhirnya spotify merilis aplikasi musiknya dengan ukuran yang lebih kecil bagi pengguna Android. Aplikasi ini disebut Spotify Lite, yang sudah bisa diunduh dalam versi beta sejak awal tahun namun, sekarang resmi sudah tersedia di Google Play Store dan dapat diunduh secara gratis.

Spotify Lite telah di rilis ke 36 negara, selain Indonesia yang dapat menikmati aplikasi ini adalah Afrika Selatan, Arab Saudi, Argentina, Brazil, Filipina, India,  Kanda, Malaysia, Maroko, Meksiko, Mesir dan Peru.

Pengguna Android tersedia dengan versi 4.3 atau versi yang lebih baru. Sayangnya, dari pihak Spotify belum ada informasi tentang aplikasi ini untuk pengguna iOS.

Aplikasi ini ukurannya menjadi lebih kecil dengan ukuran 10 MB, karena layaknya versi ‘Lite’ maka aplikasi ini disebut Spotify Lite ukurannya yang jauh lebih ringan dari versi aplikasi regulernya yang memakan kapasitas memori sampai 28 MB.



Spotify Lite lebih hemat data dan juga ramah koneksi ketika pengguanaannya di daerah pegunungan yang susah jaringan internet karena belum stabil.

Fitur yang di sediakan untuk Spotify Lite berbeda dengan yang regular, yaitu dengan adanya fitur mengatur kuota. Dalam fitur ini pengguna dapat mengatur penggunaan batas maksimal kuota yang akan digunakan selama streaming musik setiap bulannya. Terdapat enam pilihan yang disediakan untuk dipilih, mulai dari 250 MB, 500 MB, 750 MB, 1 GB, 2 GB, 3 GB.

Namun, pengguna Spotify Lite tidak bisa menikmati fitur yang ada di aplikasi regular seperti fitur offline, Spotify connect, Podcast, hingga fitur untuk mengatur kualitas audio yang dikeluarkan.

Berikut penjelasan terkait fitur tersebut.

Mode offline
Fitur ini mengharuskan pengguna untuk streaming saat memutar musik, beda dengan yang regular yaitu dapat menikmati fitur offline dengan cara mengunduh musik lalu bisa diputar secara offline.

Spotify Connect
Dalam fitur Spotify Connect absen juga di aplikasi ini. Fitur ini memungkinkan pengguna menyambungkan akses playback dari smartphone ke laptop atau speaker, lebih flesibel sehingga memudahkan pengguna.

Podcast
Pengguna Spotify Lite tidak bisa memutar Podcast kesayangannya yang telah diikuti di akun Spotify regular dikarenakan tidak adanya fitur Podcast tersebut, pengguna hanya bisa memutar musik saja.

Pengaturan Audio
Terakhir, Spotify Lite tidak ada fitur pengaturan kualitas audio hanya menyediakan kualitas standarnya, tidak ada fitur untuk mengatur kualiatas audio dengan pilihan ‘Low’, ‘Medium’, dan juga ‘High’.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel