Lambang / Logo PPNI Resmi Sesuai AD & ART Serta Makna yang Terkandung

Lambang atau logo PPNI sering sekali digunakan dalam berbagai acara seperti seminar, workshop ataupun kegiatan lain yang sifatnya berhubungan dengan PPNI.

Sering kali kesalahan terhadap lambang / logo PPNI yang dipasang terjadi, hal ini timbul akibat berberapa hal, diantaranya banyak sekali lambang / logo yang tersebar dimedia internet yang dalam hal ini tidak sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh Anggaran Dasar (AD) dan Anggara Rumah tangga PPNI dan juga kesalahan ini terjadi akibat kurang faham terhadap lambang / logo PPNI yang benar dan sah menurut AD & ART PPNI.

Persatuan Perawat Nasional Indonesia ( PPNI ) adalah perhimpunan seluruh perawat di Indonesia, yang didirikan pada tanggal 17 maret 1974. sebagai fusi dari beberapa organisasi keperawatan yang ada sebelumnnya. Sebagai satu-satunya organisasi profesi bagi masyarakat keperawatan Indonesia, PPNI memegang peranan yang sangat penting dalam pengembangan keperawatan untuk mewujudkan keperawatan sebagai suatu profesi yang mandiri, tangguh dan diakui oleh organisasi profesi yang lain dan mendapat penghargaan dari masyarakat umum.

Sebagai seorang perawat tentu sering berhubungan dengan yang namanya organisasi PPNI, satu hal yang sangat sering sering sekali kita gunakan dari PPNI ketika kita masih duduk dibangku kuliah adalah lambang / logo PPNI. satu hal yang sepele namun penting kurang sekali kita perhatikan hal yang satu ini, kadang - kadang ketidak tahuan kita tentang logo dari organisasi perawat yang satu ini (PPNI) membuat kita asal comot saja logo nya dari media internet tanpa memperhatikan mana logo yang benar - benar sesuai dan pas alias benar. hal ini pasti juga pernah dialami teman - teman sejawat sekalian.

nah berdasarkan pengalaman saya yang sering sekali salah dalam memilih lambang / logo PPNI yang benar berikut kami bagikan lambang / logo PPNI yang benar menurut AD & ART PPNI beserta keterangan dan makna yang terkandung dalam lambang / logo PPNI.

 Lambang atau logo PPNI sering sekali digunakan dalam berbagai acara seperti seminar Lambang / Logo PPNI Resmi Sesuai AD & ART Serta Makna yang Terkandung
Lambang / Logo PPNI resmi sesuai AD & ART PPNI

BENTUK LAMBANG / LOGO PPNI RESMI

Lingkaran yang berisi sebuah segi lima dan sebuah lampu yang berlidah api lima cabang dengan tulisan di bingkai pinggir berbunyi PERSATUAN PERAWAT NASIONAL INDONESIA – PPNI 


WARNA LAMBANG / LOGO PPNI RESMI
  • Lingkaran (bidang pinggi) berwarna merah 
  • Dasar kuning mas dalam lingkaran 
  • Dasar segi lima berwarna hijau tua 
  • Sisi-sisi segi lima berawarna putih 
  • Badan lampu berwarna putih 
  • Lidah api berwarna merah 
  • Huruf-huruf berwarna putih 

MAKNA LAMBANG / LOGO PPNI SECARA TERPERINCI 
  • Lingkaran dengan warna merah: Menunjukkan semangat persatuan 
  • Dasar kuning emas dalam lingkaran: Keluhuran jiwa dan cinta kasih 
  • Segi lima: Berprikebadian pancasila 
  • Warna hijau tua dalam segi lima: Kesejahteraan 
  • Lampu warna putih: Identitas keperawatan 
  • Lidah api lima cabang berwarna merah: semangat pengabdian yang dilandasi / dijiwai pancasila 
  • Warna putih: melambangkan kesucian 

MAKNA LAMBANG / LOGO PPNI SECARA KESELURUHAN 

Warga perawat Indonesia yang hidup di negara RI yang berketuhanan YME, berperikemanusiaan yang adil dan beradab, ber persatuan Indonesia, ber Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebiaksanaan dalam permusyawaratan perawakilan dan ber keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, mengabdiakan dirinya dalam bidang perawatan/kesehatan dengan itikad dan kesadaran pengabdian yang suci murni disertai dengan keluhuran jiwa dan cita kasih, senantasa menunaikan darma bhaktinya terhadap negara dan bangsa Indonesia khususnya dan terhadap semua umat manusia pada umumnya. 

Demikian lambang / logo PPNI resmi sesuai AD & ART serta makna yang terkandung kami bagikan. Agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih lambang / logo PPNI resmi untuk digunakan dalam keperluan masing - masing. Perlu diingat tak hanya logo berwarna, hitam putih pun sering digunakan. Semoga bermanfaat. terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel