Kenapa Kita Harus Sekolah?


Kebanyakan orang bilang kita memang harus sekolah bahkan sekolah sampai perguruan tinggi Kenapa Kita Harus Sekolah?



Why we MUST school?

Kebanyakan orang bilang kita memang harus sekolah bahkan sekolah sampai perguruan tinggi, alasannya? beragam alasan mulai dari agar mudah dapat kerja sampai karena prestise (malu dong hari gini ko ga sekolah). Tapi apa benar untuk masyarakat yang multicultural seperti Indonesia kesadaran masyarakatnya telah benar-benar sadar kalau sekolah itu penting?

Kenyataannya masih banyak di Indonesia anak yang tidak sekolah. Padahal Sekolah adalah tempat pertama kalinya seorang anak belajar bersosialisasi secara formal, dan belajar untuk berkomunikasi dengan lingkungan yang baru.
Di Indonesia kemauan atau kesadaraan orang tua untuk menyekolahkan anak masih terhitung kurang, karena mereka lebih suka memperkerjakan anak mereka untuk menghidupi kebutuhan keluarga yang seharusnya menjadi kewajiban mereka.

Seperti yang di kutip dari wikipedia.com pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan meliputi pengajaran keahlian khusus, dan juga sesuatu yang tidak dapat dilihat tetapi lebih mendalam yaitu pemberian pengetahuan, pertimbangan dan kebijaksanaan. Salah satu dasar utama pendidikan adalah untuk mengajar kebudayaan melewati generasi.

Ada dua faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan — khususnya di Indonesia — yaitu:
Faktor internal, meliputi jajaran dunia pendidikan baik itu Departemen Pendidikan Nasional, Dinas Pendidikan daerah, dan juga sekolah yang berada di garis depan.Dalam hal ini,interfensi dari pihak-pihak yang terkait sangatlah dibutuhkan agar pendidikan senantiasa selalu terjaga dengan baik.
Faktor eksternal, adalah masyarakat pada umumnya.Dimana,masyarakat merupakan ikon pendidikan dan merupakan tujuan dari adanya pendidikan yaitu sebagai objek dari pendidikan.
Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa kita harus sekolah:

1. Tidak bisa dipungkiri diera masa kini pendidikan formal yang biasanya ditempuh di sekolah, sekolah yang saya maksud adalah sekolah pada umumnya karena tidak dipungkiri ada orang tua tertentu yang menyekolahkan anaknya di rumah istilahnya adalah “home schooling”. Sekolah mengajarkan kita dunia baru yang mengajarkan kita bersosialisasi dengan orang lain yang tentunya baru dan asing. Untuk itu hari pertama di sekolah biasanya diramaikan dengan tangisan anak baru.
2. Sekolah mendidik kita untuk menggali ilmu pengetahuan agar setiap manusia dapat mencapai tujuan dalam hidupnya atau lebih tepat apa yang didambakan dan dicita-citakan dari kecil atau juga setidaknya menjadi manusia seperti manusia kebanyakan yang bersekolah.
3. Sekolah merupakan tempat yang memberikan peluang manusia menjadi lebih berguna bagi bangsa dan negara atau setidaknya berguna bagi keluarga karena semakin tinggi seorang manusia bersekolah tentunya peluang mendapat pekerjaan yang lebih baik.
4. Sekolah juga mendidik manusia untuk memanusiakan orang lain, mengajarkan manusia untuk mengerti dan mencintai orang lain selain dirinya sendiri karena di sekolah tentunya kita akan bertemu dengan manusia dengan sikap dan sifat yang beragam.
Jadi, meskipun biaya sekolah mahal kita tetap harus memperjuangkan setiap anak di Indonesia untuk bersekolah.

Akan tetapi sekolah itu bukan faktor utama kesuksesan seorang anak. Sekolah hanya salah satu faktor penunjang kesuksesan, why did i say that? Coba kita lihat ke masyarakat banyak anak yang dari kecil sangat pintar sekali dan saat dia lulus sekolah dan terjun ke masyarakat dia jadi apa? Dia jadi orang dan ada juga yang SD nya juara 1 SMP nya juara 1 SMA nya juara 1 masuk Universitas ternama dan saat dia terjun ke masyarakat apa yang terjadi? Dia tidak jadi Orang. 

"Tapi kita kan tetep harus Sekolah?"  Ya you right,  kita memang harus sekolah. Sekolah tetap menjadi hal yang penting dan kita tetap harus berusaha dalam bersekolah. Tapi bagi kamu yg tidak bisa bersekolah jangan berkecil hati karena ada banyak anak yang memang malas, sering melawan guru, tidur dikelas, bolos sekolah bahkan tidak bersekolah dan pokoknya kalau kita lihat ini anak tidak punya masa depan. Tapi apa yg terjadi saat ia terjun ke masyarakat? Dia jadi ORANG! Bahkan anak yang dulunya pinter di sekolah kerja sama dia. But you know whats the most very important to get the success? Jawabannya adalah BAGAIMANA ANAK ITU MEMANDANG DIRINYA SENDIRI .

Tergantung dari apakah anak itu melihat dirinya sebagai pribadi yang mampu, pribadi yang cakap, dan pribadi yang berhasil. "saya akan succes" Tanpa itu semua, percuma saja.

Jadi bagi kamu yang bersekolah tetap lanjutkan dan lakukan what the best you can do!  Dan yang tidak bisa bersekolah tetap semangat dan jangan berkecil hati, masih banyak hal yang bisa engkau gapai didunia ini :) buktikanlah kepada mereka semua bahwa kau bisa ! You can do this!

Sekian dari saya, semoga artikel ini bermanfaat.

Silahkan berikan tanggapan kalian di kolom komentar dan akan saya jawab dalam artikel berikutnya. Berkomentarlah dengan bijak karena perkataan mencerminkan diri anda :) 

Salam Cinta,

Iklasul Amal

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel