KODE IKLAN DFP 1 Jenis Infeksi Nosokomial Dan Penyakit Akibatnya | Info-Terlengkap

Recents Posts

    Iklan Atas Artikel

    Jenis Infeksi Nosokomial Dan Penyakit Akibatnya

    KODE IKLAN 200x200
    KODE IKLAN 336x280
    Ada banyak jenis penyakit yang bisa disebabkan oleh infeksi nosokomial yang berakibat sangat fatal bagi pasien. dan merupakan masalah yang harus bisa ditangani oleh beberapa pihak terkait seperti pihak rumah sakit, petugas kesehatan dan pasien itu sendiri.

    Infeksi nosokomial merupakan infeksi yang didapatkan pasien pada saat dirawat dirumah sakit, dengan karakteristik tanda dan gejala infeksi timbul setelah 72 jam dirawat dirumah sakit.

     Ada banyak jenis penyakit yang bisa disebabkan oleh infeksi nosokomial yang berakibat san Jenis Infeksi Nosokomial Dan Penyakit Akibatnya

    Jenis infeksi nosokomial

    1. Infeksi saluran kemih

    Infeksi saluran kemih merupakan penyakit yang paling banyak disebabkan oleh infeksi nosokomial, adapun faktor penyebabnya ialah kurang higienis atau steril pada saat pemsangan kateter urin dilakukan sehingga bakteri yang menempel dan masuk melalui saluran ureter menyebabkan infeksi.

    2. Pneumonia nosokomial

    Infeksi yang satu ini terjadi pada saluran pernafasan, faktor penyebabnya hampir sama yaitu kurang sterilnya waktu pemasangan alat terapi atau bantu pernafasan seperti tindakan trakeostomi, intubasi, pemasangan NGT, dan terapi inhalasi.

    3. Bakteri nosokomial

    Infeksi bakteri sangat jarang sekali terjadi hanya sekitar 5% dari total keselauruhan infeksi nosokomial, namun memiliki resiko kematian yang sangat tinggi apabila infeksi disebabkan invasi bakteri yang kebal / resistance terhadap antibiotik seperti Staphylococcus dan Candida. infeksi ini dapat terjadi melalalui jarum suntik, pemasangan urin, infus dan tindakan invasif lainnya.

    4. Infeksi pembuluh darah

    Infeksi ini sering disebabkan oleh beberapa virus seperti hepatitis B, C dan HIV. faktro penyebabnya merupakan tindakan invasif yang sangat erat kaitannya dengan jarum suntik, kateter jantung dan pemasangan infus.

    5. Infeksi tindakan pembedahan

    Infeksi nosokomial dapat terjadi pada luka terbuka seperti luka bekas operasi dan tindakan pembedahan lainnya yang kurang mendapatkan perawatan yang higienis sehingga sangat besar kemungkinan untuk bakteri melakukan invasi yang menyebabkan infeksi bakteri dan berkibat terjadinya infeksi sistematis.

    Banyak sekali penyakit yang dapat disebabkan infeksi nosokomial, jadi sudah sepatutnya pihak terkait memberikan perhatian terhadap masalah yang satu ini, dimana penyebab utamanya ialah Faktor penyebab infeksi nosokomial di rumah sakit diantaranya adalah agen (bakteri/virus), respons tubuh, resisten terhadap antibiotic, dan faktor alat yang digunakan pemberi layanan kesehatan.

    Sumber :
    • Buku Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 5. karangan Nursalam. 2015. Jakarta: Salemba Medika.
    • Beberapa artikel infeksi nosokamial (media online)
    KODE IKLAN 300x 250
    close
    ==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
    KODE IKLAN DFP 2
    KODE IKLAN DFP 2