Isi Kotak P3K perusahaan, Fungsi dan Cara Menggunakan

Pertolongan pertama pada kecelakaan atau yang lebih dikenal dengan singkatan P3K merupakan salah satu usaha untuk memberikan pertolongan pada suatu kecelakaan agar bisa diatasi sementara sebelum diberikan pertolongan lanjutan. Salah satu peralatan yang penting tersedia agar bisa memberikan P3k adalah kotak P3k itu sendiri.

Kotak P3k sebaiknya tersedia di tempat-tempat seperti rumah, kendaraan dan tempat kerja. Ditempat kerja atau perusahaan wajib memiliki kotak p3k dan memenuhi standar kelengkapan peralatan didalam kotak sebagaimana telah diatur dalam permenaker No. PER-15/MEN/VIII/2008 tentang pertolongan pertama pada kecelakaan ditempat kerja.

 Pertolongan pertama pada kecelakaan atau yang lebih dikenal dengan singkatan P Isi Kotak P3K perusahaan, Fungsi dan Cara Menggunakan

Isi kotak p3k untuk perusahaan ditentukan berdasarkan jumlah pekerjanya sebagaiman telah diatur dalam permenaker diatas. hal ini bertujuan agar dapat meminimalisir kerugian dipihak pekerja dan juga dipihak perusahaan.

Adapun Banyaknya isi peralatan yang harus disiapkan perusahaan tergantung dari jumlah pekerja ialah sebagai berikut :

Isi Kotak P3K
No.
Isi
Kotak A
≤25 pekerja
Kotak B
≤50 pekerja
Kotak A
≤100 pekerja
1
Kasa steril terbungkus
20
40
40
2
Perban (lebar 5 cm)
2
4
6
3
Perban (lebar 10 cm)
2
4
6
4
Plester (lebar 1,25 cm)
2
4
6
5
Plester Cepat
10
15
20
6
Kapas (25 gram)
1
2
3
7
Kain segitiga/mittela
2
4
6
8
Gunting
1
1
1
9
Peniti
12
12
12
10
Sarung tangan sekali pakai (pasangan)
2
3
4
11
Masker
2
4
6
12
Pinset
1
1
1
13
Lampu senter
1
1
1
14
Gelas untuk cuci mata
1
1
1
15
Kantong plastik bersih
1
2
3
16
Aquades (100 ml larutan Saline)
1
1
1
17
Povidon Iodin (60 ml)
1
1
1
18
Alkohol 70%
1
1
1
19
Buku panduan P3K di tempat kerja
1
1
1
20
Buku catatan
1
1
1
21
Daftar isi kotak
1
1
1


Fungsi  dan Cara Penggunaan Obat / Alat dalam Kotak P3K

Semua perlatan yang ada didalam kotak p3k memiliki fungsi masing - masing dan tentu saja cara penggunaan yang berbeda pula. 

Kasa Steril terbungkus

Kasa Steril berfungsi untuk membersihkan dan menutup luka. Cara menggunakan ; Membersihkan : tuangkan Cairan Nacl ke kasa kemudian di usapkan ke luka, ulangi sampai bersih. ; Menutup luka : Lipat Kasa Steril untuk menyesuaikan ukuran lebar Kasa dengan ukuran Luka, Tutup Luka tersebut dan rekatkan dengan menggunakan Plester.

Perban

Biasanya terdapat 2 ukuran perban yang ada didalam kotak p3k yaitu 5cm dan 10cm. Perban berfungsi untuk membalut luka yang sudah ditutup dengan Kasa Steril dan juga sebagai bantalan menghentikan luka pendarahan atau bisa juga sebagai pengikat fraktur.

Plester

Plester berfungsi untuk memfiksasi luka yang telah ditutupi dengan kasa atau perban.

Plester  Cepat

Plester Cepat berfungsi untuk menutupi Luka Kecil. cara menggunakan bisanya langsung ditempelkan pada luka karena pada umumnya sudah terdapat bantalah kecil ditengan plester yang telah diberi obat.

Kapas

Kapas berfungsi untuk memberikan bantalan pada luka.

Kain Segitiga / Mittela

Kain Segitiga atau Mittela berfungsi untuk memfikasasi tangan ataupun ekstremitas lainnya agar tidak terjadi pergerakan. baiasnya pada kasus fraktur

Gunting

Gunting adalah alat yang digunakan untuk menggunting perban, pleaster ataupun yang lainnya agar sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Peniti

Fungsi Peniti adalah untuk merapikan balutan.

Sarung Tangan sekali pakai (Pasangan)

Sarung Tangan berfungsi untuk melindungi tangan petugas P3K agar tidak terjadi Kontak langsung dengan luka korban agar tidak terinfeksi atau menular dan juga untuk melindungi tangan dari bahaya terkena bahan kimia

Masker

Masker digunakan sebagai alat perlindungan terhadap pernafasan untuk petugas P3K sendiri maupun korban. Penggunakan Masker yang baik adalah menutupi hidung dan mulut.

Pinset

Pinset berfungsi untuk mengambil alat steril ataupun benda asing (kotoran) pada Luka.

Lampu Senter

Lampu Senter berfungsi sebagai alat penerangan, namun pada kasus kecelakaan senter berfungsi untuk melihat lebih jelas kedalam luka dan memeriksa refleks pupil korban yang tidak sadarkan diri.

Gelas untuk cuci Mata

Gelas berfungsi untuk mencuci atau membilas mata dari kotoran atau kontak bahan kimia. Tempelkan gelas pada area mata hingga tertutup, bilas sampai bersih dengan cara menggerakkan bola mata.

Kantong Plastik Bersih

Kantong Plastik  berfungsi sebagai tempat untuk menampung bekas-bekas perawatan luka dan juga benda - benda asing yang terdat dalam luka sebagai bukti dan penunjang diagnosa selanjutnya

Aquades (100ml Larutan Saline)

Aquades berfungsi untuk membersihkan kotoran dari Mata dan juga dapat digunakan untuk membersihkan luka.

Povidon Iodin

Povidon Iodin berfungsi sebagai antiseptik yang digunakan untuk mengobati luka tersayat atau tergores yang tidak dalam.  oleskan povidon pada kassa kemudian usapkan pada luka

Alkohol 70%

Alkohol 70% digunakan sebagai antiseptik luka dan juga dapat digunakan sebagai perangsang orang yang pingsan.

Buku Panduan P3K di tempat kerja

Buku panduan p3 berisikan cara-cara melakukan pertolongan pertama pada kecelakaan terutama pada beberapa kasus, seperti fraktur, luka bakar dan astham. dan juga sering berisikan penjelasan tentang cara menggunakan alat2 yang ada di kotak p3k.

Perlu diingat prinsip kerja pertolongan pertama pada kecelakaan (P3k) adalah memberikan pertolongan penyelamatan (stabilisasi) sebelum pasien atau korban mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Jadi lakukanlah sesuai dengan prosedur. Selain alat-alat juga terdapat obat-obatan dalam P3k yang berfungsi sebagai pengobatan penyakit dengan gejala ringan yang hanya boleh diberikan hingga waktu 3 hari saja. apabila kesakitan masih berlanjut setelah 3 hari sebaiknya konsultasikan ke pakarnya seperti dokter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel