Internet Lemot; Penyebab dan Tutorial Cara Mengatasi

Internet lambat / lambat meskipun 4G? Kecepatan internet yang stabil dan cepat adalah kebutuhan kita saat ini untuk mengakses berbagai aplikasi. Namun apa jadinya jika jaringan internet Anda lambat, apalagi jaringan 4G pasti akan mulus tanpa masalah.

Jaringan internet yang memiliki 4G tidak menjamin bahwa ia akan berjalan dengan lancar dan kecepatannya akan cepat seperti kilat, ada beberapa faktor yang mempengaruhi jaringan internet 4G menjadi lambat. Baris berikutnya. Info akan memberi tahu Anda, mengapa jaringan 4G lambat / lambat?

Sinyal buruk (lemah)

Tidak semua operator di daerah Anda semuanya baik, ada beberapa faktor yang menyebabkan sinyal melemah

Jarak menara BTS (Base Transceiver Station) dengan rumah Anda terlalu jauh, terutama jika terhalang oleh gedung-gedung tinggi atau pepohonan yang rimbun, salah satu faktornya adalah mengapa sinyal operator yang Anda gunakan tidak baik.

Perangkat lunak Smartphone Anda memiliki masalah, firmware pada Smartphone yang Anda gunakan dapat memiliki bug di jaringan. Solusi yang benar adalah memperbarui firmware jika ada pembaruan perangkat lunak.

Solusi: temukan tempat di rumah Anda yang terbuka untuk menjangkau sinyal ke Smartphone Anda, jika metode ini tidak berhasil, cari operator seluler terbaik di wilayah Anda.

Lakukan Pengaturan Jaringan

Jika memang sinyal di area Anda tidak bagus, coba lakukan pengaturan jaringan pada Smartphone Anda dengan cara berikut

Ubah APN alternatif (Nama Titik Akses) dari operator default, kami belum memposting untuk APN, Anda dapat menelusuri alternatif sesuai dengan operator yang Anda gunakan.

Cara mengatur APN di Android

  • Buka menu Pengaturan / Pengaturan
  • Pilih koneksi / sim manager> pengaturan jaringan / jaringan seluler
  • Pilih nama titik akses
  • lalu isi alternatif APN
  • * Android 9 pilih Jaringan & Internet> Jaringan Seluler> Lanjutan> Nama Titik Akses

Cara mengatur APN di iOS

  • Buka menu pengaturan
  • Cari tulisan seluler
  • Opsi Data Seluler> Jaringan Data Seluler
  • lalu isi alternatif APN
  • Ubah ke 4G Saja
Cara lain adalah dengan mengunci jaringan 4G Anda, tetapi jika Anda mengaktifkan 4G Only di Smartphone Anda secara otomatis untuk telepon dan sms tidak bisa, karena pada frekuensi 4G dari operator Indonesia kecuali Smartfren belum mendukung SMS / telepon di jaringan 4G.

Cara mengubah jaringan ke 4G Only:

untuk android tekan (pada aplikasi Telephone) *#*#4636#*#* atau ##3646633## pilih informasi perangkat > Set preferred network type > pilih 4G Only
Catatan: untuk pengguna merek Samsung kamu download aplikasi 4G Switcher untuk mengubahnya menjadi 4G saja.

untuk iOs:

  • pilih pengaturan
  • masuk ke cellular
  • aktifkan data seluler> masukkan opsi data seluler
  • pilih suara & data> pilih LTE
  • jika iPhone Anda tidak memiliki opsi LTE itu berarti iPhone Anda tidak mendukung jaringan 4G.

Pilih 3G Saja

jika metode 4G Only masih lambat, coba atur jaringan ke 3G Only. hanya untuk 3G Anda masih bisa sms / telepon di jaringan ini. cara mengubahnya dengan cara yang sama di 4G Only. jika memang setelah diubah menjadi 3G hanya lebih cepat dari 4G, sudah pasti bahwa di wilayah Anda ada lebih banyak pengguna 4G dibandingkan dengan pengguna 3G. sehingga akses internet menggunakan jaringan 4G lambat.

Solusi: jika Anda telah melakukan semua hal tetapi akses internet 4G Anda masih lambat, laporkan sebanyak mungkin kepada operator yang Anda gunakan, laporkan melalui Email atau penyedia media sosial yang biasanya aktif dan balas melalui kericau.

Perangkat Modem Smartphone

Pada jenis smartphone ada beberapa contoh perangkat keras, umumnya adalah prosesor, RAM, ROM dan sebagainya. Tahukah Anda bahwa setiap smartphone memiliki spesifikasi modem yang berbeda tergantung pada jenis prosesor, ini mempengaruhi kecepatan akses internet, terutama jaringan 4G LTE.

Solusi: jika Anda ingin mengganti Smartphone Anda, jangan lupa untuk memeriksa frekuensi jaringan terlebih dahulu dan jenis LTE yang digunakan dengan jenis level LTE berikut:

LTE Cat1 = 10.3 Mbps / 5.2 Mbps (Download/Upload).
LTE Cat2 = 51 Mbps / 25.5 Mbps.
LTE Cat3 = 102 Mbps / 51 Mbps.
LTE Cat4 = 150.8 Mbps / 51 Mbps.
LTE Cat5 = 299.6 Mbps / 75.4 Mbps.
LTE Cat6 = 301.5 Mbps / 51 Mbps.
LTE Cat7 = 301.5 Mbps / 102 Mbps.
LTE Cat8 = 299,8 Mbps / 149,7 Mbps.
LTE Cat9 = 452.2 Mbps / 51 Mbps.
LTE Cat10 = 452.2 Mbps / 102 Mbps.
LTE Cat11 = 603.0 Mbps / 51 Mbps.
LTE Cat12 = 603.0 Mbps / 102 Mbps.
LTE Cat13 = 391,7 Mbps / 150.8 Mbps.
LTE Cat14 = 391,7 Mbps (Download).
LTE Cat15 = 750 Mbps.
LTE Cat16 = 979 Mbps.

Laporkan keluhan jaringan ke operator seluler

Pengalaman pribadi saya menggunakan operator Telkomsel dan di lokasi saya akses internet 4G lambat, dan pada saat itu saya melaporkan sedetail mungkin melalui twitter. dan beberapa hari kemudian saya dipanggil dari teknisi Telkomsel untuk diinterogasi untuk tindak lanjut, dan beberapa hari kemudian teknisi menghubungi saya lagi dan melakukan survei rumah untuk memeriksa. sejak disurvei dan diperiksa oleh teknisi, akhirnya jaringan 4G di lokasi saya kembali normal.

setiap operator akan berbeda di sana akan disurvei ke lokasi dan beberapa tidak akan, lebih disukai jika Anda melaporkan jaringan internet ke operator seluler Customer Care memastikan nomor Anda telah terdaftar sesuai dengan identitas asli.

Demikian informasi yang bisa saya berikan tentang jaringan 4G lambat, semoga bermanfaat bagi Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel