Ciri-Ciri Mata Bayi Tidak Bisa Melihat Normal

Mengetahui bayi bisa melihat sejak dini sangat penting, agar penanganan yang cepat dan tepat dapat diberikan, apabila terdapat kelainan pada mata bayi. Sebenarnya ciri-ciri mata bayi tidak bisa melihat atau buta bisa dilihat dengan cara memperhatikan beberapa kondisi atau respon pada bayi.

Ciri-ciri mata bayi tidak bisa melihat belum bisa dikenali pada anak/bayi yang masih berusia dibawah 1 bulan, karena mata bayi yang baru lahir belum mampu melihat objek secara fakus dengan jarak lebih dari satu jengkal orang dewasa, fokus secara bersamaan dan juga belum bisa mengikuti gerak sebuah benda disekitarnya.

 Mengetahui bayi bisa melihat sejak dini sangat penting Ciri-Ciri Mata Bayi Tidak Bisa Melihat Normal

Ciri-ciri mata bayi tidak bisa melihat baru bisa dilihat ketika usia bayi sudah diatas 1 bulan, karena pada usia ini mata bayi sudah mulai bisa mengikuti gerak benda disekitarnya dengan bersamaan dan fokus.

Ciri-Ciri mata bayi tidak bisa melihat

  • Bayi menghindari cahaya, seharusnya pada usia ini mata bayi akan sangat tertarik dengan cahaya dan benda-benda berwarna mencolok.
  • Bayi belum bisa menatap wajah orang tuanya pada usia 1 sampai 2 bulan, semestinya bayi sudah mulai menatap wajah orang tuanya pada usia ini.
  • Usia 3 bulan bayi belum bisa melihat tangannya sendiri dan belum merespon wajah atau benda yang sering ditemuinya setiap hari.
  • pada usia 6 bulan bayi tidak bisa membedakan mana wajah orang yang akrab dan orang asing
  • pada usia 9 bulan bayi, pandangan bayi bereaksi pada gerakan tiba-tiba dan tidak mencari benda yang hilang dari pandangannya.
5 hal diatas sudah cukup untuk memberikan tanda-tanda atau ciri-ciri mata bayi tidak bisa melihat dengan normal, apabila dirasakan ada keanehan yang terjadi pada bayi dan tidak sesuai dengan perkembangan yang semestinya, sebaiknya lakukan pemeriksaan sedini mungkin ke ahlinya agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat dan meminimalisir kemungkinan terburuk yang bisa terjadi.

Tetap Terjaga dan selalu perhatikan tumbuh kembang anak adalah sikap orang tua yang cerdas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel