7 JENIS BAHASA PEMROGRAMAN TERBAIK UNTUK DIPELAJARI PADA 2019

 JENIS BAHASA PEMROGRAMAN TERBAIK UNTUK DIPELAJARI PADA  7 JENIS BAHASA PEMROGRAMAN TERBAIK UNTUK DIPELAJARI PADA 2019
7 JENIS BAHASA PEMROGRAMAN TERBAIK UNTUK DIPELAJARI PADA 2019

          Keterampilan yang paling penting untuk dipelajari di dunia saat ini adalah mengetahui cara menulis program komputer. Saat ini, komputer telah memasuki di hampir setiap sektor industri. Baik itu autopilot di pesawat terbang atau speedometer digital di sepeda, komputer dalam berbagai bentuk mengelilingi kita. Komputer sangat berguna bagi organisasi untuk meningkatkan skala dengan baik.

           Masa depan kita akan dibentuk oleh banyak teknologi baru, dan semua teknologi baru ini berjalan pada berbagai pengkodean. Pelajari bahasa pemrograman yang tepat hari ini, dan itu akan membuka pintu peluang tepat di tengah-tengah bidang yang menarik. Mungkin untuk bahasa pemrograman masih terdengar agak sulit dan enggan untuk mencoba belajar membuat program. Tapi seiring berjalannya waktu bahasa pemrograman di masa depan akan sangat dibutuhkan dan tidak menutup kemungkinan akan banyak sekali orang yang mulai mempelajari bahasa pemrograman. Saat ini terdapat banyak sekali jenis bahasa pemrograman yang sudah ada. Lalu, mana yang terbaik untuk dipelajari? Berikut merupakan 7 jenis bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari pada 2019 yang bermanfaat untuk masa depan.

Baca Juga:  Segudang Manfaat Belajar Pemrograman Untuk Masa Depan


1. Python

 JENIS BAHASA PEMROGRAMAN TERBAIK UNTUK DIPELAJARI PADA  7 JENIS BAHASA PEMROGRAMAN TERBAIK UNTUK DIPELAJARI PADA 2019

          Python merupakan bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari pada 2019 bahkan hingga tahun yang akan datang. Bahasa pemrograman ini tidak diragukan lagi menempati posisi teratas dalam daftar. Pemrograman Python ini diterima secara luas sebagai bahasa pemrograman terbaik untuk belajar terlebih dahulu. Python adalah bahasa pemrograman yang cepat, mudah digunakan, dan mudah digunakan yang banyak digunakan untuk mengembangkan aplikasi web yang dapat diskalakan. YouTube, Instagram, Pinterest, SurveyMonkey semuanya dibangun dengan Python. Python telah menjadi bahasa pemrograman yang berkembang dan tidak menunjukkan tanda-tanda menghilang. Anda akan menemukannya di aplikasi web, aplikasi desktop, server jaringan, pembelajaran mesin, alat media, dan lainnya.

          Python menyediakan dukungan perpustakaan yang sangat baik dan memiliki komunitas pengembang besar. Ketika kamu melangkah ke dunia pemrograman, kamu akan segera memahami betapa pentingnya dukungan, karena komunitas pengembang adalah semua tentang memberi dan menerima bantuan. Semakin besar suatu komunitas, semakin besar juga kemungkinan akan mendapatkan bantuan dan semakin banyak orang akan membangun alat yang berguna untuk memudahkan proses pembangunan.

          Seringkali, seorang programmer lebih suka dengan Python karena peningkatan produktivitas yang disediakannya. Karena tidak ada langkah kompilasi, siklus edit-uji-debug sangat cepat. Debugging program Python mudah: bug atau input yang buruk tidak akan pernah menyebabkan kesalahan segmentasi. Jadi, Python dapat dikatakan sebagai bahasa pemrograman yang paling mudah digunakan oleh pemula serta sebagai terbaik yang banyak digunakan dalam dunia kerja. Jadi, tunggu apalagi mulailah belajar pengkodean dari sekarang.


2. Java

 JENIS BAHASA PEMROGRAMAN TERBAIK UNTUK DIPELAJARI PADA  7 JENIS BAHASA PEMROGRAMAN TERBAIK UNTUK DIPELAJARI PADA 2019

          Java adalah bahasa pemrograman yang juga masuk dalam kategori bahasa pemrograman terbaik. Dalam pemrograman Java ini memungkinkan programmer untuk menulis instruksi komputer menggunakan perintah berbasis bahasa Inggris daripada harus menulis dalam kode numerik. Pemrograman Java dikenal sebagai bahasa tingkat tinggi karena dapat dibaca dan ditulis dengan mudah oleh manusia. Seperti bahasa Inggris , Java memiliki seperangkat aturan yang menentukan bagaimana instruksi ditulis. Aturan-aturan ini dikenal sebagai sintaksisnya. Setelah sebuah program ditulis, instruksi tingkat tinggi diterjemahkan ke dalam kode numerik yang dapat dimengerti dan dijalankan oleh komputer.

          Kapan Java diciptakan? Java pada awalnya dikembangkan oleh James Gosling di Sun Microsystems (yang sejak itu telah diakuisisi oleh Oracle Corporation) dan dirilis pada 1995 sebagai komponen inti dari platform Java Sun Microsystems. Java memperoleh banyak sintaksisnya dari C dan C ++, tetapi memiliki lebih sedikit fasilitas tingkat rendah daripada keduanya. Oracle Corporation merupakan pemilik saat ini dari implementasi resmi platform Java SE, setelah akuisisi mereka terhadap Sun Microsystems pada tanggal 27 Januari 2010. Implementasi ini didasarkan pada implementasi asli Java oleh Sun. Implementasi Oracle tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, Linux dan Solaris.

          Java merupakan pilihan populer lainnya dalam organisasi besar dan tetap seperti itu selama beberapa dekade. Java banyak digunakan untuk membangun aplikasi web skala perusahaan. Java dikenal sangat stabil sehingga banyak perusahaan besar yang mengadopsinya. Jadi, jika kamu mencari pekerjaan berbasis pengembangan di organisasi besar. Java juga banyak digunakan dalam Pengembangan Aplikasi Android. Hampir semua bisnis saat ini membutuhkan Aplikasi Android karena ada miliaran pengguna Android saat ini. Ini membuka peluang besar bagi pengembang Java mengingat fakta bahwa Google telah menciptakan kerangka kerja pengembangan Android berbasis Java yang sangat baik - Android Studio. Jadi, Java juga merupakan bahasa pemrograman yang harus kamu pelajari. Jenis bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari pada 2019.


3. C/C++

 JENIS BAHASA PEMROGRAMAN TERBAIK UNTUK DIPELAJARI PADA  7 JENIS BAHASA PEMROGRAMAN TERBAIK UNTUK DIPELAJARI PADA 2019

          C ++ adalah bahasa pemrograman terbaik pada tingkat menengah tujuan umum tipe-statis, bentuk bebas, (biasanya) dikompilasi, multi-paradigma, tingkat menengah. Banyak sistem operasi saat ini, driver sistem, browser dan game menggunakan C ++ sebagai pengkodean inti mereka. Ini menjadikan C ++ salah satu pengkodean paling populer saat ini.

          C++ juga sering ditemukan ketika kamu berada di bangku pendidikan. Pemrograman C++ ini dapat dijumpai di sekolah jurusan berbau komputer. Mulai sejak menginjak sekolah menengah pertama hingga di bangku kuliah bahasa ini pasti akan kamu temui. C++ digunakan sebagai dasar pemrograman yang memiliki level mudah hingga sedang untuk dipelajari.

          Apabila kamu ingin menjadi programmer tingkat sistem, C / C ++ merupakan pengkodean yang wajib kamu pelajari. C ++ juga banyak digunakan oleh programmer kompetitif karena fakta bahwa itu sangat cepat dan stabil. C ++ juga menyediakan sesuatu yang disebut STL - Standard Template Library. STL adalah kumpulan pustaka yang siap digunakan untuk berbagai struktur data, operasi aritmatika, dan algoritma. Dukungan perpustakaan dan kecepatan bahasa menjadikannya pilihan populer di komunitas perdagangan frekuensi tinggi juga.


4. JavaScript

 JENIS BAHASA PEMROGRAMAN TERBAIK UNTUK DIPELAJARI PADA  7 JENIS BAHASA PEMROGRAMAN TERBAIK UNTUK DIPELAJARI PADA 2019

          JavaScript adalah bahasa pemrograman "front-end". JavaScript banyak digunakan untuk mendesain aplikasi front-end interaktif. Misalnya, ketika Anda mengklik tombol yang membuka popup, logikanya diimplementasikan melalui JavaScript. JavaScript juga merupakan salah satu bahasa pemrograman paling populer di dunia, dan untuk saat ini banyak digunakan juga di luar browser. Sangat penting untuk pengembangan front-end dan semakin relevan untuk pengembangan back-end. Dan itu berkembang pesat ke bidang-bidang seperti pengembangan game dan (IOT).

          Saat ini, banyak organisasi, terutama startup, menggunakan NodeJS yang merupakan lingkungan run-time berbasis JavaScript. Node.js memungkinkan pengembang menggunakan JavaScript untuk skrip sisi server menjalankan skrip sisi server untuk menghasilkan konten halaman web dinamis sebelum halaman dikirim ke browser web pengguna. Jadi, dengan JavaScript (JS) kamu dapat menggunakan pengkodean tunggal untuk skrip sisi server dan sisi klien. Untuk bahasa pemrograman yang satu ini memiliki peluang kerja yang sangat besar dan bisa dibilang fantastis. Jika kamu mencari pekerjaan bidang teknologi seperti halnya startup yang ada di Indonesia, kamu harus serius mempertimbangkan belajar JavaScript mulai dari sekarang.


5. Kotlin

 JENIS BAHASA PEMROGRAMAN TERBAIK UNTUK DIPELAJARI PADA  7 JENIS BAHASA PEMROGRAMAN TERBAIK UNTUK DIPELAJARI PADA 2019

          Kotlin adalah bahasa pemrograman kedua yang paling dicintai dan disukai dalam survei Stack OverFlow pada tahun 2018. Jenis bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari pada 2019. Pemrograman Koltin juga ramai dibicarakan oleh banyak orang karena terdapat berita atau ucapan dari seorang hacker. Hacker tersebut memberitahukan kepada masyarakat dimana pada intinya "bahasa permograman Koltin akan menjadi bahasa yang populer di masa yang akan datang". Pendapat ini dirasa sah-sah saja karena bahasa pemrograman Koltin saat ini mulai banyak digunakan oleh pengembang android.

          Pengembang Android juga telah menggunakan Kotlin sejak beberapa waktu dan paling dicintai. Dalam dunia Android, Kotlin tampaknya menjadi bahasa asli masa depan. Sejak Oktober 2017, Kotlin telah didukung penuh oleh Google untuk mengembangkan aplikasi Android sebagai pengganti Java. Pada 2017 Google mengumumkan itu,  Kotlin sekarang menjadi perngkodean resmi untuk pengembangan Android. Beberapa perusahaan besar seperti Pinterest, Basecamp, dan Expedia telah beralih ke Kotlin untuk aplikasi Android mereka. Jadi, ini merupakan bahasa pemrograman yang menjanjikan dan harus kamu pelajari.


6. PHP

 JENIS BAHASA PEMROGRAMAN TERBAIK UNTUK DIPELAJARI PADA  7 JENIS BAHASA PEMROGRAMAN TERBAIK UNTUK DIPELAJARI PADA 2019

          PHP adalah salah satu bahasa pemrograman back-end yang paling populer. PHP juga disebut sebagai bahasa scripting. Apa itu scripting?. Scripting adalah bahasa yang menafsirkan skrip saat runtime. Script biasanya tertanam ke dalam lingkungan perangkat lunak lain. Tujuan dari skrip biasanya untuk meningkatkan kinerja atau melakukan tugas-tugas rutin untuk suatu aplikasi. PHP disebut juga skrip sisi server yang ditafsirkan di server, sedangkan JavaScript adalah contoh skrip sisi klien yang ditafsirkan oleh browser klien. Baik PHP dan JavaScript dapat disematkan ke halaman HTML.

          PHP sangat cocok digunakan untuk pembuatan halaman websita dinamis. Salah satu keuntungan paling menonjol dari bahasa PHP adalah kemampuannya untuk dengan mudah berinteraksi dengan basis data. Pemrograman PHP menawarkan pengembang web banyak pilihan instrumen. PHP, yang telah menjadi dasar bagi banyak aplikasi web, memungkinkan penyisipan yang mudah dalam kode HTML dan koneksi ke MySQL dan PgSQL Database. Meskipun PHP menghadapi persaingan ketat dari Python dan JavaScript, di dunia digital industri masih membutuhkan pengembang PHP dengan jumlah besar.


7. Arduino

 JENIS BAHASA PEMROGRAMAN TERBAIK UNTUK DIPELAJARI PADA  7 JENIS BAHASA PEMROGRAMAN TERBAIK UNTUK DIPELAJARI PADA 2019

          Program Arduino ditulis dalam Arduino Integrated Development Environment (IDE). Arduino IDE adalah perangkat lunak khusus yang berjalan pada sistem Anda yang memungkinkan Anda untuk menulis sketsa (sinonim untuk program dalam bahasa Arduino) untuk papan Arduino yang berbeda. Banyak fungsi-fungsi ini akan menjadi hal baru yang nyata bagi programmer, terutama programmer yang digunakan untuk membuat antarmuka pengguna untuk komputer umum. Sehingga kamu dapat membaca voltase, memeriksa status pin di papan, dan tentu saja, mengontrol bagaimana LED itu berkedip untuk mengirim pesan yang tidak dapat dipahami kepada orang-orang yang menatap perangkat. Pemrograman Arduino didasarkan pada bahasa pemrograman perangkat keras yang sangat sederhana yang disebut pemrosesan, yang mirip dengan bahasa C. Setelah sketsa ditulis dalam Arduino IDE, sketsa tersebut harus diunggah di papan Arduino untuk dieksekusi. 

          Bahasa pemrograman Arduino sudah tidak asing lagi bagi kamu yang mendalami bidang elektronika. Saat ini sedang ramai produk berbasis IOT(The Internet of Things) hingga masa yang akan datang. Semakin banyak perangkat yang memiliki chip yang tertanam hanya menunggu untuk diberitahu apa yang harus dilakukan. Banyak keuntungan yang kamu dapatkan dalam mempelajari bahasa pemrograman Arduino. Jadi, apabila kamu mahir dalam bahasa pemrograman ini maka kamu dapat bereksperimen untuk menciptakan suatu alat atau produk baru yang berguna bagi masyarakat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel