20 PTS dengan Akreditasi A BAN-PT – Part 1


Dalam bahasa yang sederhana, akreditasi bisa diibaratkan sebagai nilai suatu institusi dalam beberapa kriteria. Untuk perguruan tinggi, penilaian tersebut dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi institusi ini perlu diperbarui setiap lima tahun sekali.
Seperti nilai pada umumnya, akreditasi dinilai dari A (terbaik) sampai C. Dengan kata lain, kita bisa menggunakan akreditasi sebagai salah satu tolok ukur kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh PTS. Nah, 20 PTS berikut ini telah memiliki akreditasi A dari BAN-PT.

1. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
Sebagai salah satu perguruan tinggi tertua, UII berada pada peringkat ke-29 pada daftar pemeringkatan Kemenristekdikti 2018. Kampus utamanya berada di kawasan Kaliurang, sedangkan kampus-kampusnya yang lain tersebar di beberapa lokasi di Yogyakarta.

2. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta
Kampus Unika Atma Jaya Jakarta berpusat di Semanggi dan Pluit. PTS ini berada pada peringkat ke-30 pada daftar pemeringkatan Kemenristekdikti. Sementara menurut Webometrics, Unika Atma Jaya Jakarta berada pada peringkat ke-40 se-Indonesia.

3. Universitas Telkom, Bandung
Universitas Telkom merupakan gabungan dari Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Politeknik Telkom, Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom), dan Institut Manajemen Telkom (IM Telkom). Pada daftar pemeringkatan Kemenristekdikti, PTS ini berada pada urutan ke-33.

4. Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta
Kini memiliki enam fakultas, Unika Atma Jaya Yogyakarta pada awalnya merupakan cabang dari kampus Jakarta. Pada 1973, Unika Atma Jaya Yogyakarta resmi berada dibawah Yayasan Slamet Rijadi. Menurut daftar pemeringkatan Kemenristekdikti, PTS di Yogyakarta ini berada pada peringkat ke-34.

5. Universitas Katolik Parahyangan, Bandung
PTS di Bandung ini berada pada peringkat ke-35 menurut pemeringkatan Kemenristekdikti. Pada Webometrics, peringkatnya sedikit lebih jauh, yaitu 37. Berdiri pada 1955, Unpar kini memiliki tujuh fakultas, dengan FEB yang menjadi favorit.

6. Universitas Muhammadiyah Malang, Malang
UMM memiliki tiga lokasi kampus yang berbeda di Kota Malang. Pada pemeringkatan Kemenristekdikti, UMM berada diurutan ke-36. Dan, PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah) ini merupakan salah satu yang cukup aktif dalam menyelenggarakan program pertukaran mahasiswa maupun dosen.

7. Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta
UMS memiliki 12 fakultas yang dibuka pada jenjang S1. Pada pemeringkatan Kemenristekdikti, UMS berada pada urutan ke-38. Sementara itu, UniRank menempatkan UMS diurutan ke-14 diantara PTS-PTS lain di Indonesia pada 2018. Di Asia, posisi UMS berada pada kisaran peringkat 451-500.

8. Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang
Berada dibawah Yayasan Sandjojo, yang berafiliasi dengan Keuskupan Agung Semarang, PTS ini memiliki 21 jurusan atau program studi. Dan dari keseluruhan prodi, Arsitektur adalah jurusan dengan peminat yang paling banyak. Kemenristekdikti menempatkannya pada peringkat ke-39.

9. Universitas Bina Nusantara, Jakarta
Mahasiswa Binus banyak yang berasal dari kalangan publik figur. Salah satu tawaran Binus yang cukup menarik adalah program kuliah satu gelar dan gelar ganda (double degree). Binus pun memiliki relasi yang baik dengan universitas-universitas di luar negeri serta fasilitas kuliah yang canggih. Kemenristekdikti mengurutkan Binus pada peringkat ke-40.

10. Universitas Kristen Petra, Surabaya
Petra (Perhimpunan Pendidikan dan Pengajaran Kristen) memiliki tujuh fakultas pada jenjang Sarjana. Posisinya berada pada urutan ke-41 dalam pemeringkatan Kemenristekditi. Sementara itu, posisinya pada Webometrics dan UniRank berturut-turut diurutan 31 dan 42.

Adakah salah satu PTS diatas yang dapat dipertimbangkan sebagai kampus masa depanmu, Sobat? Wait, no need to hurry. Tunggu ulasan 10 PTS lagi pada blog berikutnya, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel