Pengertian Sistem Operasi, Fungsi, Dan Misalnya Lengkap!

Pengertian Sistem Operasi

Suatu komputer niscaya tidak lepas dari yang namanya sistem operasi. Lalu, apakah pengertian sistem operasi? Pengertian sistem operasi komputer ialah perangkat lunak (software) yang bertujuan untuk mengontrol dan melaksanakan administrasi terhadap perangkat keras (hardware) dan operasi-operasi dasar pada sistem tersebut, termasuk menjalankan software. Apabila terdapat komputer yang tidak mempunyai sistem operasi, maka pengguna tidak sanggup menjalankan program-program aplikasi yang ada pada komputer itu sendiri, kecuali jadwal booting.

Dalam bahasa Inggris, sistem operasi disebut operating system (OS). Pengertian sistem operasi komputer merupakan software yang terletak pada lapisan utama dan perangkat lunak (software) tersebut yang pertama kali diletakkan dalam memori pada ketika komputer dihidupkan. Memori komputer yaitu harddisk.
 Suatu komputer niscaya tidak lepas dari yang namanya sistem operasi Pengertian Sistem Operasi, Fungsi, dan Contohnya Lengkap!

Setelah sistem operasi pada komputer berjalan, maka aplikasi-aplikasi yang terdapat didalamnya sanggup dijalankan. Salah satu fungsi sistem operasi ialah melaksanakan layanan inti umum yang bertujuan untuk menjalankan software yang ada didalamnya. Karena software-software yang terdapat di dalam komputer dilayani oleh sistem operasi, maka software tersebut tidak perlu melaksanakan pekerjaan inti umum. Adapun layanan inti umum yang dimaksud ialah user interface, administrasi memori, menjadwalkan beberapa aplikasi pemrograman secara bersamaan, dan memberi susukan ke disk.

Bagian-Bagian Sistem Operasi

 Suatu komputer niscaya tidak lepas dari yang namanya sistem operasi Pengertian Sistem Operasi, Fungsi, dan Contohnya Lengkap!
Sistem operasi komputer biasanya terdiri dari bagian-bagian sebagai berikut :
1) Mekanisme Boot yaitu meletakkan suatu kernel ke dalam memori.
2) Kernel ialah inti dari sistem operasi.
3) Driver yang digunakan untuk melaksanakan interaksi dengan hardware eksternal lainnya serta mengontrol hardware tersebut.
4) Pustaka-pustaka bertugas menyediakan banyak sekali macam fungsi dasar dan standar yang sanggup dipanggil software lain.
5) Command Interpreter atau shell mempunyai kiprah membaca input pengguna.

Fungsi Sistem Operasi

 Suatu komputer niscaya tidak lepas dari yang namanya sistem operasi Pengertian Sistem Operasi, Fungsi, dan Contohnya Lengkap!
Fungsi sistem operasi ialah sebagai penghubung atau jembatan antara lapisan software dengan lapisan hardware dan menjalankan banyak sekali jenis perintah penting dalam komputer. Fungsi sistem operasi yang lainnya yaitu menjamin software berjalan lancar. Selain itu fungsi sistem operasi komputer yaitu menjamin jadwal atau software lainnya dalam menggunakan memori, mempunyai susukan ke sistem file yang pada komputer, dan melaksanakan input dan output. Berikut klarifikasi mengenai fungsi sistem operasi :
  1. Mengatur kinerja perangkat keras dan lunak
    Software tidak sanggup bekerja apabila tidak ada sistem yang sanggup menghubungkannya dengan hardware. Hardware mirip hardisk, CPU, dan memori RAM akan mendukung kerja dari aplikasi yang sedang dijalankan jikalau terdapat sistem operasi yang mengatur kedua perangkat tersebut.
  2. Menjalankan sistem dasar
    Sistem operasi berfungsi sebagai pengatur kinerja dari awal, yang artinya bahwa apabila OS tidak berfungsi sanggup dipastikan semua jadwal tidak sanggup berjalan dengan baik dan hanya mesin luar yang bekerja. Apabila terjadi kerusakan, maka fatal akibatnya, hal ini lantaran sistem operasi dari awal tidak sanggup dijalankan.
  3. Sebagai Interface
    Tampilan di monitor dan gadget ialah hasil kerja dari sistem operasi komputer. Sistem operasi memudahkan suatu aplikasi untuk menjalankan programnya dan memperlihatkan tampilan yang menarik bagi pengguna. Semua bahasa dan data diterjemahkan oleh sistem operasi sehingga sanggup tercipta tampilan angka, gambar, dan grafik yang apik. Kinerjanya sanggup memudahkan dalam memahami jadwal tanpa kesulitan menerjemahkan bahasa pemrograman aplikasi terlebih dahulu.
  4. Tempat bagi Aplikasi
    Aplikasi di gadget atau komputer berada di sistem operasi itu sendiri. Hal inilah yang menjadikan software tersebut sanggup bekerja. Atau sanggup diibaratkan OS sebagai lantai untuk meletakkan program-program yang hanya sanggup berjalan apabila sistem operasi bekerja. Selain untuk memastikan bahwa proses berjalan dengan baik, sistem operasi juga bertugas untuk mengatur kerja aplikasi biar tidak membebani hardware.
  5. Mengatur kerja perangkat komputer
    Sistem komputer atau gadget terdapat puluhan program-program yang berjalan. Apabila tidak diatur maka sistem komputer kerjanya akan berat dan tidak sesuai dengan pengertian sistem operasi yang sudah dijelaskan diatas. Oleh lantaran itu, sistem operasi mengatur semua fungsi biar sanggup berjalan berurutan sehingga perangkat tidak rusak. Apabila terdapat error yang terjadi itu disebabkan lantaran sistem bekerja terlalu keras yang menjadikan down.
  6. Mengoptimalkan fungsi perangkat komputer
    Sistem operasi berfungsi untuk mengoptimalkan penggunaan hardware dan software. Contoh : pemanggilan data dalam memori harddisk, mengatur waktu berfungsinya CPU, dan mengatur waktu yang digunakan untuk koneksi dalam terminal.
  7. Melindungi dan mengawasi jalannya fungsi program
    Sistem operasi memungkinkan user mempunyai hak mengakses komputer dalam menjalankan jadwal serta mengendalikan siapa saja yang sanggup mengakses jadwal tersebut atau fungsi Gate Keeper. Sistem operasi tidak hanya mengendalikan user mengakses program, sistem operasi juga berfungsi untuk mengawasi segala hal yang dilakukan oleh user dalam mengakses sistem jadwal yang ada di dalam komputer.


Contoh Sistem Operasi

 Suatu komputer niscaya tidak lepas dari yang namanya sistem operasi Pengertian Sistem Operasi, Fungsi, dan Contohnya Lengkap!
Terdapat beberapa sistem operasi di dunia. Berikut klarifikasi mengenai teladan sistem operasi :
  1. Windows
    Windows ialah teladan sistem operasi yang sering digunakan ketika ini. Sistem operasi Windows dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Sistem operasi Windows menggunakan user interface atau tampilan antar muka bergrafis atau Graphical User Interface (GUI). Dulunya Windows termasuk jenis Ms-Dos. Ms-Dos merupakan sistem operasi yang menggunakan Command-Line interpreter.
  2. Linux
    Linux merupakan sistem operasi yang berbasis pada standar sistem operasi yaitu POSIX serta merupakan turunan UNIX.
  3. Macintosh
    Macintosh ialah sistem operasi yang digunakan oleh komputer khusus, yaitu computer Macintosh. Sistem operasi Macintosh dibentuk oleh perusahaan Apple. Karena sistem operasi Macintosh dirancang khusus, hal ini yang menciptakan Macintosh tidak cocok digunakan pada komputer berbasis IBM. Macintosh ialah sistem operasi yang pertama yang menggunakan GUI (Graphical User Interface).
  4. Symbian Symbian dikembangkan oleh Symbian Ltd. Symbian merupakan sistem operasi yang dirancang untuk peralatan bergerak, mirip handphone.
  5. Android Android merupakan salah satu sistem operasi yang sangat terkenal dan banyak dikenal. Android ialah sistem operasi khusus yang dirancang untuk ponsel dan intinya sistem operasi Android ialah OS linux yang dikembangkan.
  6. Solaris Solaris merupakan sistem Operasi berdasarkan dengan UNIX system. Solaris sendiri dikembangkan oleh perusahaan Sun Microsystems. Solaris terkenal lantaran kestabilannya, terlebih pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture). Sistem operasi Solaris sudah disertifikasi dalam Spesifikasi UNIX walaupun di awal pengembangan sistem operasi Solaris berdasarkan kepemilikan pribadi, arahan dasarnya Solaris kebanyakan ialah Software OpenSource yang kini dikenal OpenSolaris.
  7. Chrome OS
    Chrome OS ialah suatu sistem operasi yang dibentuk Google. Chrome OS mempunyai keunggulan yaitu sistem operasi yang sangat ringan dan berbasis Linux serta standard web PC. Google Chrome bekerja dengan menggunakan metode switching atau Multi-Tasking, Windowing. Chrome OS menggunakan standard web HTML 5, yang merupakan pengembangan dari software di browser berbasis OS.

Itulah pengertian sistem operasi, teladan sistem operasi, dan fungsi sistem operasi. Pengertian sistem operasi merupakan software yang mempunyai peranan penting dalam sebuah komputer. Sistem operasi juga mempunyai kiprah dalam mengendalikan user. User atau pengguna memang mempunyai susukan dalam mengoperasikan semua jadwal yang ada dalam komputer tersebut.

Namun, apabila tidak dilakukan pengendalian dan pengawasan maka akan terjadi kerusakan yang menciptakan terhambatnya proses. Oleh lantaran itu terdapat beberapa jadwal yang tidak sanggup diakses oleh pengguna dan berada di pengawasan OS.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel