Pengertian Sifat dan Fungsi Akar

Pengertian sifat dan fungsi akar – Tentunya kamu sudah tahu kalau ada banyak tumbuhan di dunia ini. Apabila dicermati dan dipelajari secara rinci tentang tumbuhan, maka kamu akan tahu kalau tumbuhan dalam tubuhnya itu terbagi menjadi beberapa bagian. Salah satu bagian tersebut yaitu akar. apa itu akar? Kita mungkin sudah mengenalnya namun mungkin belum bisa menjelaskan definisi akar secara rinci. Maka dari itulah bagi kamu yang belum tahu tentang pengertian akar, kamu bisa mempelajari tentang apa yang dimaksud akar di sini. Selain membahas tentang definisi atau arti dari akar, di sini juga kami bahas tentang sifat sifat akar, fungsi akar, bagian bagian akar dan jenis jenis akar agar kamu bisa lebih paham seperti apakah akar itu.
 Tentunya kamu sudah tahu kalau ada banyak tumbuhan di dunia ini Pengertian Sifat dan Fungsi Akar

Pengertian Akar

Apa yang dimaksud dengan akar? Pengertian akar adalah bagian dari tumbuhan yang tumbuh ke bawah dalam tanah ataupun air dengan fungsi utama akar yaitu untuk menyerap air dan mineral. Sebagian besar bentuk akar pada tumbuhan meruncing di bagian ujungnya. Bentuknya yang runcing tersebut akan memudahkan akar untuk menembus tanah.

Selain dapat menyerap air dan garam mineral dari tanah, akar juga dapat memperkuat dan menegakkan tumbuhan. Pada beberapa jenis tumbuhan ada pula yang menggunakan akar sebagai alat bantu pernapasan yaitu berupa akar napas, akar lutut, akar gantung atau akar udara. Tumbuhan rawa-rawa yang hidupnya di tanah basah mengandung sedikit O2 (oksigen) memiliki akar napas yang mencuat tegak lurus ke atas permukaan tanah untuk memperoleh oksigen. Sedangkan tumbuhan bakau yang tumbuhnya di daeerah yang pasang surut mempunyai akar lutut yang tumbuh ke udara kemudian membengkok dan masuk kembali ke dalam tanah. Kemudian tumbuhan bunga anggrek mempunyai akar udara yang fungsinya untuk mengambil oksigen dari udara.

Pada beberapa jenis tumbuhan menggunakan akarnya untuk menyimpan cadangan makanan, contohnya tumbuhan ketela pohon, bengkuang, dan wortel. Bagian akar yang dapat menyimpan cadangan makanan ialah akar hipokotil, akar cabang dan akar pokok. Akar benalu fungsinya sebagai alat penghisap atau disebut (haustorium) untuk menyerap air dan mineral dari tumbuhan inang. Akar tumbuhan kresen dan sukun yang fungsinya sebagai alat perkembangbiakan vegetatif. Tumbuhan epifit contohnya yaitu vanili, mempunyai akar pembelit untuk memanjat tumbuhan inang dengan memeluk batangnya. Pada akar tumbuhan tunas yang tegak lurus ke permukaan tanah. Tunas tersebut disebut sebagai tunas liar atau tunas adventif.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Sifat sifat Akar

Sifat sifat akar tumbuhan: akar adalah bagian tumbuhan di dalam tanah yang bisa tumbuh terus menerus. Arag gerak pertumbuhannya dipengaruhi adanya gravitasi (geotropi) dan air (hidrotropi). Akar bisa menembus ke dalam tanah karena mempunyai ujung akar yang runcing. Pada akar tidak ditemukan buku-buku yang membentuk ruas-ruas. Umunya akar berwarna pucat serta tidak berklorofil sehingga akar tiddak bisa berfotosintesis.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Akar

Fungsi akar pada tumbuhan adalah sebagai berikut ini:
  • Untuk menyerap air dan zat hara (garam-garam mineral) dari dalam tanah.
  • Sebagai penyokong dan memperkokoh berdirinya tumbuhan di tempat hidupnya.
  • Sebagai alat untuk pernapasan atau respirasi tumbuhan.
  • Untuk menyimpan cadangan makanan.
  • Sebagai alat untuk perkembangbiakan vegetatif.
  • Sebagai wadah dalam melekatnya tumbuhan ke dalam tanah.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Bagian bagian Akar

Bagian-bagian akar dibedakan menjadi 3 macam. Bagian bagian akar adalah sebagai berikut.
  • Pangkal akar adalah perbatasan antara bagian batang dengan bagian akar.
  • Batang akar adalah bagian antara pangkal akar degnan ujung akar. Di bagian batang akar ini terdapat cabang-cabang akar yang masing-masing mempunyai cabng-cabang yang lebih kecil lagi. Cabang akar halus disebut sebagai serabut akar.
  • Ujung akar adalah bagian akar muda dan mengalami pertumbuhan terus-menerus, dan pada bagian ujung akar terdapat kaliptra atau tudung akar yang fungsinya untuk melindungi ujung akar yang masuh muda dan lemah.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis jenis Akar

Sebutkan jenis jenis akar dan fungsinya? Berikut ini adalah jenis jenis akar dan fungsinya:
  • Akar serabut
  • Umumnya akar serabut terdapat pada tumbuhan monokotil. Walaupun tumbuhan dikotil kadang-kadang juga memiliki (karena dikembangbiakan dengan cara stek atau cangkok). Fungsi akar serabut adalah untuk memperkokoh berdirinya tumbuhan.
  • Akar tunggang
  • Umumnya akar tunggang terdapat pada tumbuhan dikotil. Fungsi akar tunggang adalah untuk menyimpan makanan. Contoh tumbuhan yang memiliki akar tunggang yaitu wortel, ubi dan lain-lain dalam bentuk umbi-umbian.
  • Akar gantung
  • Akar gantung merupakan akar yang tumbuh dari bagian atas batang dan tumbuh ke arah tanah. Karena itulah akar tersebut tampak menggantung di udara. Fungsi akar gantung adalah untuk menyerap uap air dan gas dari udara. Tetapi jika sudah mencapai tanah, akar tersebut masuk ke dalam tanah dan berfungsi sebagai penyerap air dan garam-garam mineral. Contoh tumbuhan akar tunggang adalah beringin.
  • Akar napas
  • Akar napas pada tumbuhan keluar dari batang bagian bawah. Sebagian akar napas muncul di permukaan tanah dan sebagian lagi berada di dalam tanah. Akar tersebut tampak seperti menopang tegaknya batang. Akar napas memiliki banyak celah tempat masuknya udara. Jadi sesuai dengan napasnya, fungsi akar napas yaitu untuk bernapas. Contoh tumbuhan berakar napas adalah pandan dan bakau.
  • Akar pelekat
  • Akar pelekat tumbuh pada sepanjang batang. Akar pelekat terdapat di tumbuhan yang tumbuhnya memanjat. Fungsi dari akar pelekat adalah untuk melekatkan batang pada tumbuhan lain maupun pada tembok. Contoh tumbuhan akar pelekat adalah sirih.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan dari kami tentang pengertian sifat dan fungsi akar. Semoga penjelasan yang kami tulis pada blog Infoterlengkap.com ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel