Pengertian Geografi Dan 26 Pengertian Geografi Berdasarkan Para Andal Lengkap

Pengertian Geografi

Geografi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari mengenai lokasi serta persamaan atau perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik serta insan yang berada di atas permukaan bumi. Geografi berasal dari Bahasa Yunani yaitu gĂȘo ("Bumi") dan graphein ("menjelaskan"atau "tuliskan").

Geografi juga dijadikan sebagai nama judul buku yang bersejarah yang populer yaitu Geographia goresan pena dari Klaudios Ptolemaios pada masa kedua.

Geografi lebih dari sekedar kartografi, studi perihal peta. Geografi bukan hanya menjawab apa dan dimana di atas muka bumi, tetapi juga mengapa di situ, serta tidak di daerah lainnya, kadang sanggup diartikan dengan "lokasi pada ruang". Geografi mempelajari hal tersebut, baik yang disebabkan lantaran alam ataupun manusia. Geografi juga mempelajari tanggapan yang disebabkan dari perbedaan yang terjadi tersebut.

 Geografi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari mengenai lokasi serta persamaan atau perb Pengertian Geografi dan 26 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Geografi Menurut Para Ahli

 Geografi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari mengenai lokasi serta persamaan atau perb Pengertian Geografi dan 26 Pengertian Geografi Menurut Para Ahli Lengkap
  1. Erastothenes
  2. Geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran perihal bentuk muka bumi

  3. Claudius Ptolomaeus
  4. Geografi yaitu suatu penyajian melalui peta dari sebagian serta selruh permukaan bumi

  5. Karl Ritther (1859)
  6. Geografi merupakan suatu telaah perihal bumi sebagai daerah hidup manusia. Studi geografi sanggup meliputi aneka macam macam fenomena yang terdapat di permukaan bumi, baik itu alam organik maupun alam anorganik yang masih terkait dengan kehidupan manusia, termasuk acara insan itu sendiri juga dibahas.

  7. Lobeck (1939)
  8. Geografi merupakan suatu studi yang membahas perihal hubungan–hubungan yang ada di antara kehidupan dengan lingkungan fisik.

  9. Frank Debenham (1950)
  10. Frank Debenham beropini bahwa geografi yaitu ilmu yang mempunyai kiprah untuk mengadakan penafsiran mengenai persebaran fakta, menemukan hubungan di antara kehidupan insan dengan lingkungan fisik, serta menjelaskan kekuatan interaksi antara insan dan alam.

  11. Alexander (1958)
  12. Menurut Alexander, Geografi merupakan sebuah studi mengenai dampak lingkungan alam terhadap aneka macam acara manusia. Dalam pandangan Alexander tersebutlah mulai dibahas mengenai hubungan timbal balik yang terjadi antara acara insan serta pengaruhnya yang terjadi terhadap lingkungan alam.

  13. Hartshorne (1960)
  14. Menurut Hartshorne, Geografi merupakan sebuah ilmu yang berkepentingan dalam menunjukkan deskripsi yang teliti, beraturan, serta rasional mengenai sifat variabel dari permukaan bumi.

  15. Yeates (1963)
  16. Menurut Yeates, Geografi yaitu ilmu yang memperhatikan mengenai perkembangan rasional dan lokasi dari aneka macam macam sifat yang bermacam-macam di permukaan bumi dengan tidak mengenyampingkan aneka macam alasan yang rasional.

  17. Bintarto (1981)
  18. Geografi merupakan studi yang mempelajari hubungan kausal gejala-gejala yang terjadi di permukaan bumi, baik yang bersifat fisik ataupun yang menyangkut dengan kehidupan makhluk hidup beserta aneka macam permasalahannya dengan melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, serta regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan pembangunan.

  19. Herioso Setiyono (1996)
  20. Geografi yaitu ilmu yang mempelajari perihal hubungan timbal balik antara insan dengan lingkungannya serta merujuk terhadap contoh persebaran horisontal di permukaan bumi.

  21. Halford Mackinder
  22. Menurut Halford Mackinder, Geografi merupakan ilmu yang mempunyai fungsi utamanya guna untuk menyelediki interaksi insan dalam masyarakat dengan lingkungan yang berbeda-beda berdasarkan lokasinya.

  23. Friederich Ratzel
  24. Friederich Ratzel mengemukakan konsep geografi berdasarkan pendapatnya dalam bukunya yang berjudul Politische Geographie. Konsep tersebut diberi nama Lebensraum yang mempunyai arti bahwa wilayah geografis merupakan sarana bagi organisme untuk berkembang. Ia melihat bahwa suatu negara cenderung meluaskan Lebensraum-nya dengan sesuai kekuatan yang negera miliki.

  25. Ullman
  26. Geografi yaitu interaksi antar ruang.

  27. Elsworth Huntington
  28. Geografi merupakan sebuah studi mengenai fenomena pemukaan bumi serta penduduk yang menghuninya. Elsworth Huntington menjelaskan terdapat hubungan timbal balik antara tanda-tanda sera sifat-sifat permukaan bumi dengan penduduknya.

  29. Immanuel Kant
  30. Geografi yaitu sebuah ilmu yang objek studinya yaitu berupa benda-benda, hal-hal, atau gejala-gejala yang tersebar dalam wilayah pada permukaan bumi.

  31. Strabo
  32. Geografi sangat erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakterisitik tertentu, serta hubungan antar wilayah keseluruhan. Pendapat itu kemudian disebut konsep Natural Attribute of Place

  33. Ekblaw dan Mulkerne
  34. Geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi serta kehidupannnya, mensugesti pandangan hidup kita, pakaian yang kita gunakan, makanan yang kita konsumsi, rumah yang kita huni, dan daerah rekreasi yang sanggup kita nikmati.

  35. Vernor E. Finch dan Glen Trewartha (1980)
  36. Geografi yaitu deskripsi serta klarifikasi yang menganalisis perihal permukaan bumi dan pandangannya mengenai hal yang selalu berubah dan dinamis.

  37. Paul Vidal de La Blance
  38. Geografi merupakan sebuah studi perihal kualitas aneka macam negara, di mana penentuan akan suatu kehidupan tergantung bagaimana insan dalam mengelola alam.

  39. Haris (2012)
  40. Menurut Haris pada tahun 2012, ia beropini bahwa geografi yaitu ilmu yang mengkaji segala aspek-aspek yang terdapat di permukaan bumi dengan aneka macam konsep Istimewa yang mempunyai kegunaan untuk pemanfaatan pembangunan di permukaan.

  41. Preston E. James
  42. Geografi sanggup diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan, hal ini lantaran bidang ilmu pengetahuan selalu di mulai dari keadaan muka bumi yang kemudian beralih pada studi ilmu pengetahuan masing-masing.

  43. Seminar lokakarya IGI di Semarang (1988)
  44. Geografi merupakan suatu Ilmu yang mempelajari perihal persamaan serta perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan dan kelingkungan dalam konteks keruangan.

  45. Basri Mustofa
  46. Basri Mustofo berpedapat bahwa geografi merupakan sebuah ilmu yang menguraikan mengenai perrmukaan bumi, penduduk, iklim, tanaman dan fauna, serta aneka macam basil-basil yang diperoleh dari bumi.

  47. Daldjoeni
  48. Daldjoeni beropini bahwa geografi merupakan sebuah ilmu pengetahuan yang mengajarkan insan perihal 3 hal pokok, yaitu spasial atau ruang, ekologi, dan region atau wilayah. Dalam hal spasial (ruang), geografi mempelajari persebaran tanda-tanda baik alami maupun manusiawai di muka bumi. Dalam hal ekologi, geografi mempelajari perihal bagaimana insan harus bisa untuk sanggup menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Adapun dalam hal region (wilayah), geografi mempelajari perihal wilayah sebagai daerah tinggal insan dengan berdasarkan kesatuan fisiografinya.

  49. Von Rithoffen
  50. Geografi merupakan studi mengenai tanda-tanda serta sifat-sifat permukaan bumi beserta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya dan dengan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik di antara tanda-tanda dan sifat tersebut.

  51. Bernhardus Varenius
  52. Dalam karyanya GEOGRAPHIA GENERALIS, ia membagi geografi menjadi 3, antara lain :
    1. Geografi absolute
    2. Geografi relative
    3. Geografi komparatif
Itulah pengertian geografi dan 26 pengertian geografi berdasarkan para hebat lengkap. Dapat disimpulkan dari aneka macam pendapat para hebat mengenai pengertian geografi bahwa pada pada dasarnya ilmu geografi tersebut terpusat pada tanda-tanda geosfer dalam kaitan hubungan persebaran serta interaksi keruangan.

Pada pada dasarnya kajian ilmu geografi yang paling utama yaitu perihal menelaah bumi dalam konteks hubungannya yang masih berkaitan dengan kehidupan manusia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel