Kenapa Harus Universitas Indonesia? Ini Alasannya

Kenapa Harus Universitas Indonesia? Ini Alasannya


Universitas Indonesia is one of favored universities for 1001 reasons. Each one of us has our own reasons to why we're interested in and want to study at UI. And just like the way we're interested in anything else, we gather more and more facts about our point of interest. So, regarding UI, did you know the following facts?

UI dan Tokoh-Tokoh Nasional
Banyak tokoh nasional yang merupakan alumni UI. Misalnya, dibidang politik, UI telah melahirkan Adhyaksa Dault yang pernah menjabat sebagai Menpora, Andrinof Chaniago sebagai Kepala BPPN saat ini, Effendi Ghazali yang terkenal sebagai pakar komunikasi politik, Fauzi Bowo yang pernah menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, dan lain-lain.
Alumni UI dibidang akademis antara lain Yohanes Surya sang pendiri Tim Olimpiade Fisika Indonesia, Miriam Budiardjo sang Guru Besar Ilmu Politik, dan tokoh-tokoh lain. Dibidang broadcasting dan jurnalisme lebih banyak lagi yang terkenal, Sobat. Beberapa diantaranya yaitu Feni Rose, Isyana Bagoes Oka, Najwa Shihab, Shahnaz Haque, dan lain-lain.
Pada bidang ekonomi dan bisnis, UI merupakan almamater Agus Martowardojo yang pernah menjabat sebagai Dirut Bank Mandiri, Bank Exim, Bank Bumiputera, dan Bank Permata. Anwar Nasution, Ali Wardhana, Chairul Tanjung, Darmin Nasution, dan Sri Mulyani, Menkeu saat ini dan pernah menjadi Managing Director Bank Dunia, juga beralmamater UI.
Masih asing dengan nama-nama besar diatas? Bagaimana kalau Ade Rai, Andien, Andrea Hirata, Annisa Pohan, Bondan Prakoso, Dude Harlino, Fedi Nuril, Helvy Tiana Rosa, Maia Estianty, Nicholas Saputra, Once, Rossa, Sapardi Djoko Damono, Tasya Kamila, dan Tompi? Mereka adalah alumni UI dibidang seni, sastra, dan budaya.
Hasri Ainun Besari, Siti Fadilah, hingga Menkes saat ini, Nila Djuwita Anfasa Moeloek, adalah alumni FK UI yang terkenal favorit sekaligus sulit ditembus di SBMPTN. Jadi, jangan surut semangat untuk masuk FK UI ya, Sobat!

Kampus dengan Fasilitas Tak Biasa
Salah satu kampus UI, tepatnya kampus Salemba, berada di Jakarta Pusat. Meskipun kampus Depok berada di wilayah Jawa Barat, tetap saja lokasinya masih berada dekat dengan ibu kota. Alhasil, wajar saja bila fasilitas kampus tak mengecewakan.
Misalnya saja, perpustakaan pusat UI yang terkenal dengan 'kebun apel'nya. Fasilitas komputer dengan brand internasional dan WiFi yang dapat diandalkan tentu menjadi tawaran baru dari perpustakaan yang nyaris selalu terkesan suram dan membosankan selama ini.
Bahkan sejak 2016, UI mendapat julukan kampus hijau. Berada diposisi ke-31 di dunia pada Green Metrics, 75% wilayah UI berupa hutan kota. Hanya 25% dari keseluruhan luas UI yang digunakan untuk sarana akademis. Dan tahukah Sobat, berapa luas kampus UI? 320 hektar!
Fasilitas UI yang lain yaitu sepeda kuning yang dapat dipinjam oleh seluruh mahasiswa. Untuk wilayah kampus yang begitu luas, fasilitas sepeda tentu sangat membantu aksesibilitas dan mobilitas seluruh warga kampus. Tak hanya sepeda, kampus UI juga dilengkapi dengan dua stasiun dan halte. Isn't it great?

Tiga Besar yang Tak Mudah Ditembus
Dari tahun ketahun, UI hampir selalu berada dalam tiga besar PTN terbaik se-Indonesia. And being the best top three, no wonder that it's so hard to pass the admission selection. Tapi sulit bukan berarti tak mungkin ya, Sobat!
Tingkat persaingan masuk UI memang tergolong tinggi. Bahkan konon, rata-rata hanya sekitar 5% dari total pendaftar yang diterima di UI. But it's worth to fight for, Sobat.
Saat ini, UI memiliki kerja sama dengan Association of Pasific Rim University (APRU), Asean University Network (AUN), dan Association of South East Asia Institution of Higher Learning (ASAIHL). Well, who knows, you may get benefits from such institutional network.

Jadi, makin semangat mengejar UI, Sobat? Ayo belajar bersama di AP Live agar persiapanmu semakin matang. Belajar di luar batas ruang kelas tak hanya memberimu pengalaman berbeda, tapi juga pengetahuan baru dari interaksimu dengan teman-teman yang lain. It's going to be fun!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel