Fakta Menarik Tentang Burung Budgies

Budgies atau budgerigars adalah salah satu burung peliharaan paling populer yang dipelihara di Inggris, dan kebanyakan dari kita tahu setidaknya satu orang yang memelihara pasangan di rumah! Jika Anda mempertimbangkan seekor burung peliharaan tetapi tidak memiliki waktu, ruang atau anggaran untuk burung yang lebih besar seperti burung beo, atau jika Anda hanya terpesona oleh sepupu mereka yang lebih kecil dan lebih mudah diatur, budgie mungkin merupakan pilihan hewan peliharaan yang tepat untuk kamu.

Budgies atau budgerigars adalah salah satu burung peliharaan paling populer yang dipelihar Fakta Menarik Tentang Burung Budgies

Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan kepada Anda 25 fakta menyenangkan dan menarik tentang teman hewan peliharaan, untuk menambah pengetahuan Anda. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut!


  1. Budgies memiliki kelopak mata ketiga yang biasanya tidak terlihat, tetapi itu penting untuk melumasi mata dan menjaga mereka bersih dari kotoran dan kotoran.
  2. Secara historis, budgerigar telah dikenal dengan berbagai nama berbeda di berbagai belahan dunia, termasuk burung beo kenari, burung beo kerang, burung beo zebra, burung parkit rumput warbling, dan parkit bergelombang.
  3. Teman-teman memiliki tingkat pernapasan yang sangat tinggi, berkisar antara 65-85 napas per menit.
  4. Denyut jantung budgie juga sangat cepat dan tidak dapat dipantau dengan mendengarkan dengan cara normal, karena ia berdetak lebih dari 300 kali per menit!
  5. Budgies asli berwarna hijau kehijauan, dan dari sini, warna lain berkembang. Warna kedua semuanya kuning, yang dibiakkan dari mutasi genetik. Budgie biru pertama tidak terlihat sampai 1878!
  6. Budgies dapat bergerak dan melihat keluar dari masing-masing mata secara independen dari yang lain, yang dikenal memiliki penglihatan bermata satu.
  7. Budgie dapat memiliki total 3.000 bulu di seluruh tubuh mereka.
  8. Budgies menggiling paruh mereka ketika mereka bahagia dan santai, mirip dengan kucing dan mendengkur!
  9. Tulang budgies (dan sebagian besar burung lain yang mampu terbang) berlubang, dan diisi dengan kantung udara daripada sumsum tulang.
  10. Budgies memiliki lebih banyak tulang belakang di leher mereka daripada manusia, memungkinkan mereka untuk memutar kepala hingga 180 derajat, atau membiarkan mereka menghadap ke belakang!
  11. Teman hanya bisa kehilangan antara 10-12 tetes darah sebelum kehilangan darah mereka menjadi fatal.
  12. Kerangka budgies betina mendapatkan kepadatan selama musim kawin, saat ia menimbun kalsium untuk mendukung perkembangbiakan. Ini bisa membuat budgie betina bertambah sekitar 20% dari berat tubuhnya selama ini!
  13. Cangkang telur budgie ditutupi dengan pori-pori, yang memungkinkan oksigen dan karbon dioksida masuk dan keluar dari cangkang.
  14. Pola cahaya dan pemendekan dan perpanjangan hari memberitahu budgie betina saat musim kawin. Pencahayaan buatan bisa mengganggu ini.
  15. Pada mamalia seperti manusia, paru-paru kita sendiri mengembang dan berkontraksi saat kita bernafas, saat udara mengalir masuk dan keluar. Pada Budgies, otot rongga dada itu sendiri mengembang dan berkontraksi, untuk memaksa udara masuk dan keluar.
  16. Teman-teman tidak memiliki kandung kemih, sehingga urin dan feses mereka keluar dari pintu masuk yang sama. Budgies jangan buang air kecil!
  17. Budgies juga buang air besar sesering setiap dua puluh menit!
  18. Rentang pendengaran Budgie berkisar 400-20.000 Hz, dan teman-teman dapat mengingat urutan suara, dan kadang-kadang meniru mereka.
  19. Teman-teman memiliki pandangan yang sangat tajam dalam hal jumlah gambar yang dapat diproses oleh otak mereka sekaligus; Budgies dapat mendaftarkan lebih dari 150 gambar per detik, dibandingkan dengan hanya 16 untuk manusia!
  20. Meskipun tidak ada jaminan bahwa budgie tertentu akan bernyanyi atau berbicara, budgies adalah yang paling vokal dari semua spesies burung peliharaan, dan sebagian besar budgies setidaknya dapat mengucapkan beberapa kata! Mereka juga cenderung memiliki kosa kata yang lebih besar dan suara yang lebih jelas daripada kebanyakan burung peliharaan lainnya, termasuk kakatua dan macaw.
  21. Ada dua spesies budgies yang berbeda, yaitu budgie Australia dan budgie Inggris, yang sedikit lebih besar. Budgie Inggris sengaja dibiakkan untuk perdagangan hewan peliharaan, sedangkan budgie Australia lebih mirip dengan varian liar asli alami dari jenis ini.
  22. Teman-teman Inggris umumnya beberapa inci lebih besar dari teman-teman Australia liar, dan memiliki kepala yang lebih besar serta bulu parutan di sekitar mahkota dan wajahnya.
  23. Budgies secara luas selama bertahun-tahun dianggap sebagai spesies nuri terkecil, tetapi sebenarnya spesies lain, yang disebut Parrotlet, adalah yang terkecil. Selama bertahun-tahun, Parrotlet tidak diidentifikasi sebagai spesies parrot sama sekali. Seringkali, ada sedikit perbedaan antara ukuran Parrotlet besar dan budgie kecil!
  24. Budgies adalah jenis parkit, tetapi karena ada begitu banyak tipe parkit yang berbeda dalam berbagai ukuran, Budgies tidak selalu disebut demikian.
  25. Budgies bisa diajari menghitung hingga tiga, dan melakukan jumlah yang sangat mendasar yang hanya melibatkan ketiga angka itu! Jadi, jika Anda meletakkan tiga camilan di tangan Anda di depan budgie Anda dan hanya menawarkan dua, mereka mungkin akan tahu bahwa mereka sedang mengalami perubahan singkat!

Cara menjaga budgie Anda bahagia dan sehat

Budgie dapat disimpan sendiri jika diberikan stimulasi yang cukup, tetapi umumnya lebih senang dengan burung lain. Di kandang burung besar, Anda juga bisa mencampur budgies dengan parkit kecil lainnya.

Bersihkan kandang dan peralatan apa pun yang digunakan di dalamnya secara teratur untuk memastikan budgie Anda tetap bahagia dan sehat.

Budgie Anda perlu mandi setiap hari. Ini bisa diberikan dalam bentuk semangkuk air di lantai kandang atau menempel pada jeruji, atau sebagai alternatif beberapa burung suka disemprotkan dengan air hangat untuk merawat diri mereka sendiri.

Jangan pernah menggunakan semprotan aerosol di sekitar budgie Anda, dan berhati-hatilah dengan lokasi kandang sehubungan dengan asap lain yang mungkin terpapar.

Selalu pastikan ruangan tempat budgie Anda aman dan terkandung saat Anda mengeluarkannya dari kandang.

Budgie perlu cakar mereka dipotong beberapa kali dalam setahun. Bicaralah dengan dokter hewan tentang hal ini dilakukan - jangan mencoba klip cakar budgie Anda sendiri sebagai penjaga pemula.

Parkit kecil rentan terhadap kondisi yang disebut 'paruh bersisik' yang menular di antara burung. Mintalah saran dari dokter hewan jika Anda curiga budgie Anda dalam cuaca buruk atau menderita penyakit apa pun.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel