Cara Screenshot di Komputer atau Laptop dengan Satu Klik

Cara Screenshot di Komputer atau Laptop dengan Satu Klik – Screenshot atau biasa di singkat dengan SS di komputer / Laptop adalah teknik untuk menangkap gambar yang tampil pada layar monitor. Apa yang di tampilkan pada layar akan sama dengan hasil Screenshot. Screenshot (SS) ini sangat bermanfaat, salah satunya adalah kita dapat dengan mudah menyimpan hal penting dalam bentuk gambar. Misalkan ketika sedang browsing, bermain sosial media atau lainya dan menemukan informasi penting dan ingin disimpan maka ss dapat digunakan. Dengan demikian informasi tersebut dapat anda simpan.
Cara Screenshot di Komputer atau Laptop dengan Satu Klik Cara Screenshot di Komputer atau Laptop dengan Satu Klik

Hasil Screenshot juga membuat anda mudah untuk membagikan informasi berupa gambar tanpa harus mendownload. Hal ini akan lebih menghemat kuota dan mengefisienkan waktu. Karena Screenshot hanya butuh menekan satu tombol pada keybord.

Baca Juga : Cara Cek Typo di MS Word Dengan Mudah Untuk Bahasa Indonesia dan Inggris

Pada dasarnya, setiap komputer telah dilengkapi dengan fitur Screenshot. Caranya sangat mudah yaitu dengan menekat tombol “PRTSC SYSRQ”. Dengan menekan tombol tersebut maka secara otomatis seluruh layar komputer telah di Screenshot. Nah untuk menyimpannya dalam bentuk gambar, anda bisa menggunakan aplikasi yang telah tersedia pada windows yaitu paint. Anda tingal tekan paste setelah menekan tombol “PRTSC SYSRQ”.

Melakukan Screenshot menggunakan tombol PRTSC SYSRQ pada keybord memiliki sedikit kelemahan. Yang mana kita tidak dapat mengambil hanya satu bagian penting saja. Screenshot menggunakan PRTSC SYSRQ mengharuskan kita menangkap seluruh layar komputer, akibatkanya informasi penting yang ingin disimpan akan tampak lebih kecil. Untuk mengakalinya biasanya kita dapat mengedit dengan mengkrop di paint. Namun cara ini akan mengakibatkan kualitas gambar yang di hasilalkan akan rendah dan buram.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini Infoterlengkap.com akan berbagi informasi kepada anda tentang Cara Screenshot di Komputer atau Laptop dengan Satu Klik. Cara ini mengharuskan kita download dan intal aplikasi Screenshot di komputer terlebih dahulu. Jika anda tidak tahu caranya maka anda tidak perlu khawatir karena cara download dan instalnya pun sangat mudah.

Disini Infoterlengkap.com akan mengenalkan aplikasi Screenshot yang sering saya gunakan untuk menangkap gambar pada layar. Aplikasi ini lebih saya sukai karena tampilannya yang sederhana dan mudah sekali digunakan menjadi sebuah alasan. Aplikasi ini bernama “Lightshot”, aplikasi ss di komputer atau laptop. Ukuran file kecil sehingga tidak banyak memakan ruang dan RAM ketika dijalankan.

Jika anda ingin tahu tentang apa itu aplikasi Screenshot maka simak pembahasan berikut ini. Pembahana ini saya akan jelasnkan secara lengkap tentang cara download, instal serta cara menggunakan aplikasi screenshot. Baik, untuk tidak memperpanjang kata mari langsung saja kita mulai pembahasan lengkapnya.

Cara Screenshot di Komputer atau Laptop dengan Satu Klik

  1. Langkah pertama silahkan download aplikasi Lightshot (screenshot tool) melalui browser anda.
  2. Instal aplikasi Lightshot (screenshot tool) yang baru saja anda download.
  3. Stelah berhasil di instal maka silahkan tekan tombol “PRTSC SYSRQ” pada keybord. Tombol ini adalah tombol otomatis untuk menjalankan aplikasi screenshot ini.
  4. Silahkan seleck area yang ingin anda screenshot dengan cara klik kiri lalu tarik kursor anda.
  5. Anda bisa menambahkan kata, memberikan tanda kota atau memblock bagian tertentu yang anda inginkan.
  6. Jika sudah selesai maka silahkan klik save untuk menyimpan atau clik copy jika ingin langsunh di paste pada word atau ppt.
  7. Selesai, gambar pada layar berhasil di screenshot.
Ini adalah salah satu cara screenshot di komputer yang paling mudah versi Infoterlengkap.com. Cara ini sering saya gunakan ketika ingin mendesain gambar atau mengambil kumpulan gambar untuk dijadikan bahan artikel. Selebihnya anda bisa kreasikan sendiri.

Kelebihan dari aplikasi ini, selain ukuran yang kecil dan ringan ketika dijalankan. Fitur yang diberikan juga sangat lengkap, sehinga anda bisa langsung mengedit dan menambahakan kata-kata pada gambar atau menambahkan anak panah penunjuk. Kemudahan dalam menggunakan aplikasi ini juga membuat saya lebih tertarik menggunakannya. Selain itu ada 3 eketensi file yang dapat anda simpan yaitu, PNG, JPEG dan BMP.

Itulah artikel tentang Cara Screenshot di Komputer atau Laptop dengan Satu Klik. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda. Selain aplikasi yang sering saya gunakan ini, masih banyak lagi aplikasi sceenshot lain yang juga tak kala kerena. Nah, sebagai referensi berikut saya sajikan 5 Aplikasi Screenshot Terbaik Untuk Laptop dan Mudah Digunakan.

Mungkin sampai disini saja pembahasan kali ini, jangan lupa share artikel ini jika anda suka. Tak lupa juga untuk subscribe/follow blog ini agar tidak ketinggalan informasi seputar teknologi dan dunai pendidikan lainnya. Akhir kata saya ucapkan terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa di lain waktu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel