Berapa Lama Waktu Perpanjangan STR Online Dan Kapan Harus Diajukan

Berapa lama waktu yang dibutuhkan pada saat proses pembuatan dan perpanjangan STR online berlangsung, dari mulai pengajuan hingga STR diterima oleh pemohon...? ini lah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh teman-teman sejawat pada saat akan memulai pengajuan berkas, atau pun pada saat menunggu proses registrasi STR.

Pembuatan STR maupun perpanjangan untuk sekarang ini sudah dilakukan full online, melalui situs majelis tenaga kesehatan Indonesia atau yang lebih sering disingkat dengan MTKI yaitu ktki.kemkes.go.id. 


Pada saat masa berlaku STR sudah mendekati tanggal expired, tenaga kerja kesehatan yang bersangkutan harus segera memulai mempersiapkan segala sesuatu untuk memperpanjangnya, mulai dari mengumpulkan berkas SKP selama 5 tahun berlakunya STR, yang berfungsi untuk syarat mendapatkan surat rekomendasi kecukupan 25 SKP dari PPNI. hingga berkas lainnya yang telah kami jelaskan dalam artikel "syarat perpanjangan STR 2019".

Banyak sekali teman-teman kesehatan yang bertanya kepada kami tentang kapan sebaiknya untuk mulai mengurus pengajuan perpanjangan STR...? dan berapa lama STR akan kita terima setelah permohonan dilakukan melalui ktki...? itulah dua petanyaan yang paling sering ditanyakan oleh teman-teman sejawat terkait waktu perpanjangan STR.

Terkait pertanyaan diatas yang sering diajukan teman-teman sejawat, pada postingan kali ini akan kami coba jawab berdasarkan pengalaman yang telah kami dapat dari proses perpanjangan STR beberapa waktu yang lalu.

Kapan sebaiknya mulai permohonan perpanjangan STR..?


Permohonan STR sebaiknya dilakukan minimal 6 bulan sebelum tanggal expired tiba. Kenapa demikian, alasan nya ialah supaya teman-teman sejawat memiliki waktu yang cukup, sehingga pada saat proses menyiapkan syarat-syaratnya tidak perlu kejar-kejaran dengan waktu.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk perpanjangan STR, dari mulai hingga STR diterima..?


Untuk waktu yang dibutuhkan itu relatif, tergantung dari kesiapan syarat yang dibutuhkan untuk mengajukan permohonan. Namun apabila persyarat yang dibutuhkan telah lengkap, waktu yang dibutuhkan ialah sekitar 2 bulan. Setengah bulan untuk pembuatan surat rekomendasi kecukupan 25 SKP dan satu bulan setengah untuk proses permohonan perpanjangan STR dari awal hingga diterima STR melalui ktki.kemkes.go.id.

Mungkin sampai disini pemaparan dan sharing pengalaman tentang kapan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk perpanjang STR online tenaga kesehatan. Semoga artikel kami ini dapat membantu dan bermanfaat bagi teman-teman sejawat yang sedang atau sebentar lagi akan memulai pengajuan permohonan perpanjangan STR tenaga kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel