Yang Dilakukan Tantra dengan Yoga

Apa yang Harus Dilakukan Tantra dengan Yoga?

Begitu sering kita mendapat pertanyaan, "Apa Tantra Yoga?" Beberapa mungkin mengetahuinya sebagai "yoga seks" atau "yoga seksi" dan menganggapnya sebagai cara untuk mencapai orgasme yang lebih baik.

Dan kemudian ada bentuk Yoga yang kita kenal di Barat, yang memiliki studio di hampir setiap sudut jalan di kota-kota modern kita. Kami muncul di studio yoga, berbaring tikar dan berlatih pose kami. Itu yoga, kan? Ya, tapi itu hanya satu bentuk yoga yang disebut yoga "Hatha".

 Apa yang Harus Dilakukan Tantra dengan Yoga Yang Dilakukan Tantra dengan Yoga

Yoga hatha adalah latihan tubuh fisik. Tantra yoga adalah latihan tubuh yang energik.

Apa itu "tubuh energik?" Anda dapat melihatnya dengan cara ini: Semua materi terdiri dari frekuensi energi, seperti yang sekarang dibuktikan oleh Fisika Quantum. Ini termasuk tubuh kita. Energi tenaga kehidupan mengalir melalui kita manusia setiap saat dari saat kita dikandung sampai saat kita mati. Energi tenaga kehidupan dikenal dengan nama berbeda dalam budaya yang berbeda, seperti Chi dalam bahasa Cina, Kundalini dalam bahasa Sanskerta, Reiki dalam bahasa Jepang, atau The Force seperti dalam Star Wars. Kekuatan hidup dan energi seksual adalah sama. Itu adalah energi yang membawa kita ke dunia ini. Sebagian besar waktu energi kehidupan seksual muncul dalam keadaan halus dan kadang-kadang dalam keadaan terangsang. Yoga Tantra memungkinkan untuk mengembangkan kesadaran akan energi kekuatan hidup kita dan bagaimana ia memanifestasikan dalam diri kita pada tingkat fisik, emosional, dan mental.

Untuk mengakses kesadaran energik, kita menggunakan sistem Chakra dari tujuh pusat energi utama dalam tubuh. Setiap Chakra dikaitkan dengan cara berbeda untuk merasakan, merasakan, dan memantulkan. Misalnya, Chakra jantung, yang terletak di tengah-tengah dada di antara payudara, dikaitkan dengan cinta dan kasih sayang, dan kemampuan untuk terhubung dengan orang lain. Ini terlihat ketika seseorang mengungkapkan cinta untuk sesuatu atau seseorang dan meletakkan tangan mereka di hati mereka. Kita semua tahu pengalaman ini. Jika Chakra jantung tidak seimbang dan menyempit, kita mungkin merasa tertutup untuk diri kita sendiri atau dari orang lain. Chakra lain memiliki pengaruh lain dan semuanya sama pentingnya.

Berhubungan dengan pusat-pusat energi kita, kita dapat mulai membersihkan blok-blok sifat emosional, fisik, atau spiritual sehingga kita dapat menjalani kehidupan sepenuhnya. Blok-blok ini tidak hanya ada dalam pikiran, mereka ditahan di dalam tubuh. Kami melihat ke Chakra untuk melihat di mana kami tidak seimbang. Melalui kerja nafas, gerakan, meditasi, dan proses pelepasan emosional dan fisik, seseorang dapat membersihkan rintangan ini dan mengalami kegembiraan dan gairah yang lebih besar dalam hidup mereka. Yang akhirnya terjadi adalah tubuh mulai "bekerja" lebih baik, energi mulai mengalir lebih mudah dan kita merasa lebih terjaga dan menjadi sehat secara fisik.

Ini juga merupakan tujuan utama yoga Hatha - untuk memungkinkan energi seseorang mengalir lebih mudah. Penyelarasan adalah fokus utama dari setiap kelas yoga Hatha. Pose (alias "Asanas") dirancang untuk membuat tubuh seseorang menjadi sejajar optimal. Dan bukan hanya demi postur yang lebih baik; setiap pose memiliki komponen yang energik di belakangnya. Sebagai contoh, Virabhadrasana I (Warrior I) hebat secara fisik untuk membangun kekuatan di paha depan dan gluteus tetapi juga dengan penuh semangat menumbuhkan lebih banyak keberanian dan kekuatan untuk menghadapi tantangan hidup.

Tantra dan yoga Hatha, oleh karena itu, mulai saling memberi makan. Misalnya, jika seseorang berlatih banyak Tantra, mereka mungkin menemukan bahwa latihan asana mereka sangat meningkat. Ini karena energi mereka berjalan lebih baik, tubuh mereka secara alami menuju keselarasan optimal. Sebaliknya, jika seseorang terutama adalah praktisi yoga Hatha, tubuh mereka akan mulai melepaskan hambatan emosional ketika mereka bekerja pada keselarasan mereka. Inilah sebabnya mengapa tidak semua orang merasa damai atau bahagia selama kelas yoga. Ketika kita mulai bernapas dan meregangkan tubuh kita, emosi lama mulai muncul.

Anda dapat melihat Yoga datang dalam berbagai bentuk dan bentuk. Tantra adalah salah satu praktik yang mengarah pada pemenuhan yang lebih dalam dan kesenangan dalam hidup seseorang. Ketika berlatih dalam kemitraan dengan Hatha yoga, seorang praktisi dapat mengalami kekuatan dan gairah dalam tubuh fisik dan energinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel