Jurusan Kuliah Untuk Yang Kreatif

10 Jurusan Kuliah untukmu yang Kreatif


Merasa kreatif, Sobat? Orang-orang kreatif adalah mereka yang beruntung karena diberkahi dengan sisi otak kanan yang lebih dominan dibanding kiri. Kenapa beruntung? Karena mayoritas orang lebih menggunakan belakan sisi kiri, yang kita perlukan dalam logika sains dan matematika.
In other words, those with dominant right hemisphere are unique. Maka tak perlu heran, jurusan-jurusan kuliah yang diminati juga bisa terbilang unik – berikut ini beberapa diantaranya.

1. Fotografi
Kuliah fotografi penting agar Sobat Pintar tahu lebih banyak tentang seni representasi cerita dan pesan melalui foto. Jadi, kuliah fotografi bukan hanya tentang merekam gambar diam atau seluk beluk kamera, Sobat. Bahkan, mahasiswa jurusan ini mendapat matakuliah Pengetahuan Dasar Seni Rupa, Filsafat, dan lain-lain.

2. Desain Produk
Desain Produk dikenal juga sebagai Industrial Design. Melalui matakuliah Dasar Seni Rupa dan Desain, Rupa Dasar 2D dan 3D, serta matakuliah-matakuliah lain, alumni jurusan ini adalah perencana handal dalam menciptakan barang yang mengutamakan kenyamanan nilai produk, fisik, dan inderawi – kemasan minuman kaleng, misalnya.

3. Sendratasik
Sendratasik adalah Jurusan Seni, Drama, Tari, dan Musik. Disini dipelajari tentang Solfegio, Paduan Suara, Teori Drama, dan lain-lain. Sendratasik memiliki elemen-elemen penting seperti melodi, irama, harmoni, dan ekspresi – and yes, those are what matters for creative people. You don't need further explanation, do you?

4. Tata Boga
Kuliah tata boga tak hanya belajar tentang dasar tata boga, teknik memasak, jenis-jenis makanan, maupun katering, tapi juga Sosiologi, Gizi Terapan, Pengolahan Makanan Oriental, Kimia Dasar, Ilmu Gizi, hingga Matematika. Although they're not purely about creativity, Culinary Art per se is indeed a huge part of creative industry.

5. Arsitektur
Meskipun biasanya menjadi bagian dari Fakultas Teknik, Arsitektur tak hanya tentang teknik, Sobat. Dijurusan ini, Sobat Pintar belajar tentang estetika dan seni juga. Mengenai kreativitas, mahasiswa Arsitektur adalah ahlinya tentang menuangkan ide, konsep, dan desain keatas kertas – lengkap dengan komponen firmitas, venustas, dan utilitasnya.

6. Tata Rias dan Kecantikan
Industri kecantikan Indonesia saat ini sedang bekembang pesat. Sobat Pintar yang ingin menjadi the next beauty influencer, jurusan ini layak dipertimbangkan. Pada Tata Rias dan Kecantikan, Sobat nantinya tak hanya belajar tentang bahan dan alat kosmetika, tapi juga rias pengantin tradisional.

7. Desain Komunikasi Visual
Bahasa rupa yang dipelajari mahasiswa DKV bisa berupa simbol, tanda, imagi grafis, atau unsur grafis yang lain. Jika menjadi mahasiswa jurusan ini, Sobat Pintar akan belajar untuk menggunakan bahasa rupa tersebut dalam menyampaikan ide yang kreatif dan solutif pada format konvensional dan digital.

8. Televisi dan Film
Jurusan industri kreatif ini memang hanya untuk mereka yang kreatif. Pasalnya, produksi program televisi dan film perlu dilakukan dengan cepat dan tak membosankan. Selain kreatif, Sobat Pintar harus cakap dalam menggunakan teknologi dan menganalisis minat pasar – terutama ketika dihadapkan pada konten yang berkualitas.

9. Sastra
Sastra Indonesia maupun bahasa asing tak hanya menarik minat orang-orang kreatif, namun sekaligus mengasah kreativitas mereka. Mempelajari sastra berarti Sobat Pintar akan memperluas cakrawala pengetahuan, sekaligus gaya penulisan hingga biografi penulisnya. It's going to be impressive, Sobat!

10. Fashion Management
Memiliki passion pada dunia fashion, tapi tak punya bakat dan kemampuan menggambar untuk menjadi seorang fashion designer? Jangan khawatir, Sobat. Terus kejar mimpimu untuk berkarier dibidang fashion dengan belajar di Fashion Management. Tak ada basinya belajar tentang kebutuhan pasar dan perilaku konsumen dijurusan ini.

Ada beragam pilihan jurusan untuk menyalurkan kreativitasmu, bukan? If you're still in the dark, try using Kampus Pintar. Fitur Aku Pintar tersebut dapat membantu Sobat membandingkan dan menemukan referensi jurusan kuliah yang lebih lengkap sebelum menentukan pilihan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel