Ini Dia 9 Profesi Yang Dibutuhkan Dimasa Depan! Ada Yang Cocok Buatmu!

9 Profesi yang Dibutuhkan Dimasa Depan


Setiap zaman memiliki tantangannya sendiri-sendiri. Maka sudah selayaknya kitapun memiliki bekal yang sesuai. Lantas, bagaimana dengan lima atau 10 tahun kedepan? Kira-kira profesi apa yang akan dibutuhkan pada satu dekade dimasa depan, sehingga kita bisa bersiap menghadapinya?

1. Data Scientist
Data scientist atau ahli  data diperlukan oleh perusahaan untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data. Data tersebut kemudian akan digunakan oleh perusahaan untuk mengambil keputusan yang relevan.
Meskipun nama profesi ini scientist, bukan berarti orangnya harus dari Saintek, Sobat. Profesi ini sebenarnya cukup unik karena dapat dikerjakan oleh siapapun yang memiliki pengetahuan dibidang komputer dan elektronika. But wait, you also need knowledge in management, mathematics, economics, as well as statistics.
Pengetahuan tersebut dapat Sobat peroleh dari Jurusan Matematika, Sistem Informasi, Teknik Informatika, maupun Statistika. Data scientist merupakan salah satu profesi yang memerlukan pendidikan hingga program magister maupun doktoral.

2. IU/UX Designer
Either we today simply need or are dependent on gadgets and other electronic equipment, it's hard to tell. But one thing for sure, we do appreciate easy use of all kinds of products. And that's why we need an IU/UX designer.
Maka pastinya, profesi User Interface atau User Experience designer ini akan sangat laris manis dimasa mendatang. Jurusan Desain Komunikasi Visual, Desain Grafis, ataupun Interactive Media Design dapat membantu Sobat memiliki keahlian yang dibutuhkan untuk profesi tersebut.

3. Digital Product Manager
Seorang digital product manager berperan sebagai mediator antara konsumen dan tim teknis. Tugas seorang digital product manager adalah mengkomunikasikan apa yang dibutuhkan oleh konsumen atau klien, sehingga tim teknis dapat mendesain fitur-fitur produk yang sesuai dengan kebutuhan tersebut.
Untuk menjadi seorang digital product manager, Sobat Pintar perlu belajar tentang manajemen, advertising, statistik, public relations, ekonomi, marketing, dan komunikasi. Secara formal, Sobat dapat menempuh pendidikan di Jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknologi AplikasiMobile, atau Media Digital Interaktif.

4. Machine Learning Engineer
Menjadi seorang machine learning engineer berarti bekerja pada salah satu cabang artificial intelligence. Dan jurusan apa saja yang berkaitan dengan AI? Beberapa diantaranya yaitu Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknik Informatika, namun juga tak menutup kemungkinan pada Jurusan Statistika dan Matematika.
Seorang machine learning engineer menciptakan program dan algoritma yang dapat membuat mesin bertindak atau melakukan sesuatu tanpa diperintah. Kalaupun masih belum familiar dengan mobil tanpa pengemudi, Sobat Pintar sudah mendapati karya machine learning engineer pada customised newsfeed. Yes, it's in your cellphones.

5. Software Developer
It doesn't take a genius to see that computer technology will keep developing in the future. Oleh karena itu, profesi software developer maupun programmer akan terus dan makin dibutuhkan. Bagaimana tidak, setiap bisnis unit, apapun dan seberapapun ukuran perusahaannya, sudah mulai terkomputerisasi.
Untuk menjadi seorang software developer, Sobat Pintar dapat mengawalinya dari Jurusan Teknik Komputer, Ilmu Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak atau Software Engineering, Sistem Informasi, ataupun Teknologi Informasi. Siap kuliah disalah satu jurusan tersebut, Sobat?

6. Digital Marketing Manager
Digital marketing sendiri merupakan pemasaran produk atau jasa kepada konsumen dengan menggunakan kanal digital. Kegiatan pemasaran tersebut dapat dilakukan dengan melalui ataupun tanpa internet.
Berkaitan dengan digital marketing, profesi manajer sebenarnya hanya salah satu saja. Dibidang ini, Sobat Pintar masih berpeluang menjadi seorang content strategist, virtual reality developer, SEO and SEM specialist, UX designer, data analyst, email marketing specialist, atau internet of things marketing specialist.
Namun bila tertarik khusus pada profesi digital marketer, Sobat Pintar dapat belajar banyak hal tentang bidang tersebut di Jurusan Bisnis Digital maupun Pemasaran Digital. Have you considered one of them, by the way?

7. Akuntan
Ya, profesi akuntan masih dibutuhkan ditengah gencarnya komputerisasi dan perkembangan teknologi. Pasalnya, setiap bisnis pasti memerlukan seseorang untuk menganalisis keuangan dan membuat berbagai laporan keuangan.
Selain akuntan, profesi auditor juga dibutuhkan, Sobat. Kalau untuk profesi ini, Sobat Pintar pasti sudah tahu dimana harus mempelajarinya, bukan?

8. Ahli Lingkungan
If you care enough for the living, let's make the world a better place – familiar dengan kata-kata ini, Sobat? For now, let's take it literally. Memang dibutuhkan ahli atau spesialis lingkungan yang dapat mempengaruhi kebijakan-kebijakan pemerintahan sehingga kualitas hidup kita dan daya dukung bumi meningkat.
Sobat Pintar bisa menjadi seorang ahli atau spesialis lingkungan dengan belajar di Jurusan Ilmu Lingkungan atau Environmental Engneering. Pemerintah membutuhkan ahli lingkungan dalam pengolahan air limbah, penanganan polusi udara, hingga konservasi lingkungan.

9. Biomedical Engineer
Biomedical engineering is one of growing fields in our era. Menurut Bureau of Labor Statistics Amerika, kebutuhan akan biomedical engineer akan meningkat 62% tahun depan. Meskipun hal tersebut terjadi di negara maju, bukan berarti kita boleh mengabaikannya, Sobat.
Biomedik sendiri menggabungkan antara ilmu teknik dan ilmu medis – dalam pembuatan kaki palsu, misalnya. Bila berminat pada kedua bidang tersebut, Jurusan Teknik Biomedik akan menarik bagi Sobat Pintar.

Apakah masih ada profesi-profesi lain yang juga akan menjadi high-demand dimasa mendatang? Tentu saja, Sobat. Open your eyes, open your mind, and you shall find what you need to lead your satisfying life in the future.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel