Pengertian,Fungsi dan manfaat jaringan komputer



Pengertian

Jaringan computer adalah sebuah kumpulan computer,printer dan peralatan lainnya yang terhubung antara satu dengan yang lainnya.informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel sehingga memngkinkan pengguna jaringan computer dapat saling bertukar dokumen dan data.Setiap computer yang terhubung antara satu dengan yang lain, baik itu computer ,printer dan peralatan lainnya disebut dengan Node.


Jaringan computer adalah sebuah kumpulan computer Pengertian,Fungsi dan manfaat jaringan komputer


         Menurut Tannebaum ( 1981 ) jaringan computer adalah aninterconnected collection of autonomous computers yaitu suatu kumpulan interkoneksi dari berbagai computer yang otonom.Sebuah jaringan biasanya terdiri dari 2 atau lebih computer yang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya.

Fungsi Jaringan Komputer
  • Membagai sumber daya.
Sebuah jaringan computer dapat digunakan untuk sarana membagi sumber daya.maksud dari sumber daya tersebut bisa berupa printer atau data-data,maupun sebuah software.
  • Menghemat Uang.
Dengan adanya sebuah jaringan computer, sebuah perusahaan maupun sekolahan dapat menghemat penggunaan peralatan yang digunakan, contohnya printer karena dengan adanya sebuah jaringan computer dapat membuat satu printer bisa digunakan oleh banyak computer.
  • Reliabilitas tinggi.
Maksudnya yaitu dengan adanya jaringan computer dapat membuat kita bisa mengcopy data-data dari computer sat uke computer lainnya.Dengan demikian apabila terjadi kendala dengan satu computer, kita bisa menggunakan computer yang lainnya. Karena data-data yang tadi sudah di copy ke semua computer dengan menggunakan jaringan computer.
  • Sarana komunikasi.
Jaringan computer dapat dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi misalnya sebuah sekolah akan memberikan pengumuman kepada guru-gurunya. Maka sekolahan tersebut tidak perlu repot-repot mencetak pengumuman tersebut, karena sekolahan tersebut hanya mengirimkan pengumuman tersebut lewat jaringan computer.

Baca Juga :


Manfaat Jaringan Komputer

Sebenarnya banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari adanya jaringan computer,diantaranya yaitu :
  • Mempercepat proses berbagi data atau bisa di sebut sharing data.
Transfer data pada sebuah jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi jenis lainnya.hal ini sangat mempermudah sebuah user dalam memperoleh data yang dinginkan dengan cepat.
  • Hemat biaya atau sumber daya lebih efisien.
Misalnya dengan adanya sebuah printer atau mesin cetak kita dapat menggunakan printer tersebut untuk banyak user.
  • Menjaga informasi agar tetap handal dan up-to-date.
Sebuah system penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik oleh sebuah computer server memungkinkan banyak pengguna mengakses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel