Jaring Jaring Kerucut Beserta Unsur Unsur Kerucut

Jaring Jaring Kerucut Beserta Unsur Unsur Kerucut - Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang jaring jaring kerucut dan unsur unsur kerucut. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya bahwa bangun ruang Matematika terbagi menjadi beberapa bentuk. Salah satunya ialah bangun ruang kerucut ini. Kerucut ini juga memiliki bentuk jaring jaring, rumus volume dan luas, sifat sifat kerucut ataupun unsur unsur dari kerucut itu sendiri. Apa itu kerucut? Pegertian kerucut adalah bangun ruang yang memiliki sisi lengkung dengan alas berbentuk segi n beraturan atau lingkaran yang hampir sama dengan bangun limas.
Jaring Jaring Kerucut Beserta Unsur Unsur Kerucut Jaring Jaring Kerucut Beserta Unsur Unsur Kerucut
Gambar Bangun Ruang Kerucut
Kemudian adapula pengertian kerucut lainnya yaitu bangun ruang yang diselimuti oleh irisan lingkaran dan bentuk alasnya juga lingkaran. Lalu apa pengertian jaring jaring kerucut itu? Jaring jaring pada kerucut adalah bangun yang terdiri dari beberapa bentuk bangun datar sehingga dapat menjadi sebuah kerucut yang utuh. Kerucut tersebut tidak hanya memiliki jaring jaring saja, tetapi juga memiliki beberapa unsur kerucut yang terdapat didalamnya. Kerucut tersebut dapat diartikan pula sebagai bangun atau benda yang mempunyai alat berbentuk bundar dan merujuk pada sebuah titik tertentu. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak penjelasan di bawah ini.

Jaring Jaring Kerucut Beserta Unsur Unsur Kerucut

Sebelum membahas tentang jaring jaring kerucut dan unsur unsur kerucut. Saya akan menjelaskan sedikit mengenai asal usu kerucut. Pembentukan bangun kerucut dapat berasal dari segitiga siku siku yang diputar sampai 360⁰ atau satu putaran penuh. Untuk itu pusat putaran dalam kerucut tersebut membentuk sisi yang siku siku. Untuk lebih jelasnya dapat anda perhatikan gambar dibawah ini.
 Rumus Keliling dan Luas Layang Layang Beserta Contoh Soal
Jaring Jaring Kerucut Beserta Unsur Unsur Kerucut Jaring Jaring Kerucut Beserta Unsur Unsur Kerucut
Gambar Kerucutrr
Berdasarkan gambar di atas dapat kita simpulkan bahwa kerucut tersebut memiliki bangun segitiga siku siku yaitu segitiga TOA. Jika kerucut tersebut diputar sebanyak satu putaran penuh atau putaran 360⁰, maka pusat putarannya terdapat pada sisi TO. Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai beberapa unsur kerucut dan gambar jaring jaring kerucut yaitu sebagai berikut:

Unsur Unsur Kerucut

Agar anda lebih memahami tentang unsur unsur kerucut tersebut, maka dapat anda perhatikan gambar di bawah ini:
Jaring Jaring Kerucut Beserta Unsur Unsur Kerucut Jaring Jaring Kerucut Beserta Unsur Unsur Kerucut
Gambar Kerucut Beserta Unsur Unsurnya
Berdasarkan gambar di atas, kita dapat dapat menyimpulkan beberapa unsur kerucut yang meliputi:
  • Alas bidang kerucut berbentuk lingkaran (daerah alas yang sudah diarsir dalam gambar di atas).
  • Bidang alasnya memiliki diameter (d) yaitu ruang garis AB.
  • Bidang alasnya memiliki jari jari (r) yaitu ruang garis OB dan OA.
  • Kerucut memiliki tinggi yang dilambangkan dengan huruf t yaitu ruas garis CO (jarak pusat bidang alas dengan titik puncak pada kerucut).
  • Bangun ruang ini memiliki selimut kerucut yaitu berupa sisi kerucut yang tidak diarsir pada gambar di atas.
  • Bangun kerucut memiliki garis pelukis (s) yaitu garis selimut kerucut dari titik lingkaran yang dapat ditarik menuju titik puncaknya. 
 Mengenal Koordinat Kartesius dan Polar dalam Matematika

Jaring Jaring Kerucut

Selanjutnya saya akan membagikan jaring jaring kerucut. Bangun ruang ini tidak banyak memiliki jaring jaring. Hal ini dikarenakan bentuk kerucut cukup relatif. Adapun bentuk jaring jaring pada kerucut yaitu sebagai berikut:
Jaring Jaring Kerucut Beserta Unsur Unsur Kerucut Jaring Jaring Kerucut Beserta Unsur Unsur Kerucut
Gambar Jaring Jaring pada Kerucut
Sekian penjelasan mengenai jaring jaring kerucut beserta unsur unsur kerucut. Kerucut adalah bangun ruang yang memiliki sisi lengkung dengan alas berbentuk segi n beraturan atau lingkaran yang hampir sama dengan bangun limas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat belajar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel