KODE IKLAN DFP 1 Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis? | Info-Terlengkap

Recents Posts

    Iklan Atas Artikel

    Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis?

    KODE IKLAN 200x200
    KODE IKLAN 336x280
    Studi kelayakan bisnis ialah analisis yang memperhitungkan semua faktor yang relevan dalam suatu proyek termasuk pertimbangan ekonomi, teknis, hukum, dan penjadwalan untuk memastikan kemungkinan penyelesaian proyek dengan sukses. Manajer proyek memakai studi kelayakan untuk mengetahui pro dan kontra dari melaksanakan proyek sebelum mereka menginvestasikan banyak waktu dan uang ke dalamnya. Studi kelayakan juga sanggup menunjukkan isu penting kepada administrasi perusahaan yang sanggup mencegah perusahaan memasuki bisnis yang berisiko secara membabi buta.

    Studi Kelayakan Bisnis ialah Analisis dan penilaian proyek yang diusulkan untuk memilih apakah secara teknis layak, layak dalam asumsi biaya, dan akan menguntungkan. Studi kelayakan hampir selalu dilakukan di mana sejumlah besar dipertaruhkan. Disebut juga analisis kelayakan. Lihat juga analisis manfaat biaya. Melakukan studi kelayakan bisnis atau yang biasa disebut sebagai feasibility study setidaknya merupakan hal paling dasar yang harus diketahui. 

    Memahami Studi Kelayakan
    Studi kelayakan hanyalah sebuah penilaian terhadap kepraktisan planning atau proyek yang diusulkan. Sesuai dengan namanya, studi ini bertanya: "Apakah proyek ini layak? Apakah kita mempunyai orang, alat, teknologi, dan sumber daya yang diharapkan biar proyek ini berhasil?" Juga, "Apakah proyek akan memberi kita keuntungan atas investasi (ROI) yang kita butuhkan dan harapkan?"

    Tujuan dari studi kelayakan ialah untuk memahami secara menyeluruh semua aspek proyek, konsep, atau rencana; menjadi sadar akan potensi dilema yang sanggup terjadi ketika melaksanakan proyek; dan tentukan apakah, sesudah mempertimbangkan semua faktor penting, proyek itu layak yaitu, layak untuk dilakukan.
     ialah analisis yang memperhitungkan semua faktor yang relevan dalam suatu proyek termasu Apa Itu Studi Kelayakan Bisnis?

    Pentingnya Studi Kelayakan
    Studi kelayakan penting untuk pengembangan bisnis. Mereka sanggup memungkinkan bisnis untuk mengatasi di mana dan bagaimana itu akan beroperasi; mengidentifikasi potensi kendala yang sanggup menghambat operasinya, dan mengenali jumlah dana yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis. Studi kelayakan juga sanggup mengarah pada taktik pemasaran yang sanggup membantu meyakinkan investor atau bank bahwa berinvestasi dalam proyek atau bisnis tertentu ialah pilihan yang bijaksana.

    Studi kelayakan mencerminkan tujuan dan kebutuhan unik suatu proyek, sehingga masing-masing berbeda. Namun, tips di bawah ini sanggup diterapkan secara luas untuk melaksanakan studi kelayakan.

    Sesuai dengan namanya, studi kelayakan ialah analisis kelayakan suatu ide. Studi kelayakan berfokus pada membantu menjawab pertanyaan penting dari "haruskah kita melanjutkan dengan ilham proyek yang diusulkan?" Semua aktivitas penelitian diarahkan untuk membantu menjawab pertanyaan ini.

    Studi kelayakan sanggup dipakai dalam banyak cara tetapi terutama fokus pada perjuangan yang diusulkan. Petani dan orang lain dengan ilham bisnis harus melaksanakan studi kelayakan untuk memilih kelayakan ilham mereka sebelum melanjutkan dengan pengembangan bisnis. Menentukan lebih awal bahwa ilham bisnis tidak akan berhasil menghemat waktu, uang, dan sakit hati nantinya.

    Usaha bisnis yang layak ialah bisnis di mana bisnis akan menghasilkan arus kas dan keuntungan yang memadai, tahan terhadap risiko yang akan ditemui, tetap layak dalam jangka panjang dan memenuhi tujuan pendiri. Usaha ini sanggup berupa bisnis baru, pembelian bisnis yang sudah ada, ekspansi operasi bisnis ketika ini atau perusahaan gres untuk bisnis yang sudah ada.

    Pra Studi Kelayakan
    Studi pra-kelayakan sanggup dilakukan terlebih dahulu untuk membantu memilah skenario yang relevan. Sebelum melanjutkan dengan studi kelayakan penuh, Anda mungkin ingin melaksanakan beberapa analisis pra-kelayakan Anda sendiri. Jika Anda mengetahui semenjak awal bahwa ilham bisnis yang diusulkan tidak layak, itu akan menghemat waktu dan uang Anda. Jika temuan membawa Anda untuk melanjutkan studi kelayakan, pekerjaan Anda mungkin telah menuntaskan beberapa dilema dasar. Seorang konsultan sanggup membantu Anda dengan studi pra-kelayakan, tetapi Anda harus dilibatkan. Ini ialah kesempatan bagi Anda untuk memahami dilema pengembangan bisnis.

    Penilaian pasar
    Juga, penilaian pasar sanggup dilakukan yang akan membantu memilih kelayakan produk yang diusulkan di pasar. Penilaian pasar akan membantu mengidentifikasi peluang di pasar atau segmen pasar. Jika tidak ada peluang yang ditemukan, mungkin tidak ada alasan untuk melanjutkan dengan studi kelayakan. Jika peluang ditemukan, penilaian pasar sanggup menunjukkan fokus dan instruksi untuk membangun skenario bisnis untuk diselidiki dalam studi kelayakan. Penilaian pasar akan menyediakan banyak isu untuk potongan kelayakan pemasaran dari studi kelayakan.

    Hasil dan Kesimpulan
    Kesimpulan dari studi kelayakan harus menguraikan secara mendalam aneka macam skenario yang diteliti dan implikasi, kekuatan dan kelemahan masing-masing. Para pemimpin proyek perlu mempelajari studi kelayakan dan menantang asumsi dasarnya. Inilah saatnya untuk bersikap skeptis.

    Studi kelayakan tidak tiba-tiba menjadi kasatmata atau negatif. Ketika Anda mengumpulkan isu dan memeriksa alternatif, hasil kasatmata maupun negatif tidak akan muncul. Keputusan untuk melanjutkan seringkali tidak jelas. Batu sandungan utama mungkin muncul yang meniadakan proyek. Terkadang kelemahan ini sanggup diatasi. Jarang sekali analisisnya sangat positif. Studi ini akan membantu Anda menilai tradeoff antara risiko dan imbalan untuk melangkah maju dengan proyek bisnis.

    Ingat, bukan tujuan dari studi kelayakan atau tugas konsultan untuk memutuskan apakah akan melanjutkan atau tidak dengan ilham bisnis. Adalah tugas pemimpin proyek untuk menciptakan keputusan ini, memakai isu dari studi kelayakan dan masukan dari konsultan.
    KODE IKLAN 300x 250
    close
    ==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
    KODE IKLAN DFP 2
    KODE IKLAN DFP 2