4 Tips dan Trik Cara Memantau dan Membatasi Lalu Lintas Router

Layar buffering sepertinya butuh selamanya. Jadi, apa yang menyebabkan internet Anda tiba-tiba melambat?Opsi terbaik adalah mengelola penggunaan internet di rumah Anda langsung dari router. Inilah cara mengontrol internet di rumah Anda!

Mengelola Penggunaan Internet di Rumah: Memantau atau Memata-matai?
Untungnya, ada segala macam cara Anda dapat menggunakan router Anda untuk memonitor lalu lintas jaringan rumah Anda. Anda dapat memblokir lalu lintas selama waktu dan hari tertentu, memberikan prioritas lebih tinggi ke perangkat tertentu yang lebih penting bagi keluarga, dan mencari tahu perangkat mana yang paling banyak menggunakan data.

Mengetahui bagaimana memonitor lalu lintas dan penggunaan pada tingkat router adalah penting, terutama dengan keluarga yang membutuhkan bandwidth.

Lebih baik lagi, pemantauan di tingkat router tidak terasa invasif seperti memasang kontrol orangtua atau perangkat lunak pemantauan lainnya secara langsung pada perangkat anak-anak Anda, perjuangan yang sulit bagi banyak orang tua. Memasang program pelacakan atau pemantauan berjalan di garis tipis antara memantau anak-anak Anda dan memata-matai mereka, yang tidak ingin dilakukan orangtua.

1. Router Traffic: Quality of Service Settings
Lokasi menu QoS bervariasi tergantung pada router Anda, seperti halnya opsi menu.

Namun, untuk sebagian besar, di bawah menu QoS, Anda harus mengaktifkan semacam Prioritas Internet. Pengaturan ini adalah tempat Anda menetapkan prioritas koneksi ke perangkat tertentu.


Biasanya, Anda menetapkan "prioritas menengah" untuk perangkat sehingga meskipun membutuhkan banyak bandwidth, itu tidak akan menguras bandwidth perangkat jaringan lain yang terhubung. Namun, jika Anda memiliki perangkat seperti streamer jaringan internet yang terus terkunci karena orang lain menggunakan bandwidth Anda, mengatur prioritas perangkat ke "Tinggi" akan menyelesaikan masalah.

2. Logging and Tracking Router Traffic
Jika Anda ingin tahu tentang apa yang menggunakan bandwidth di jaringan rumah Anda, tidak perlu berlarian dan memasang peralatan pengawasan di setiap perangkat. Sebagian besar router menawarkan kemampuan untuk mencatat penggunaan internet untuk lalu lintas masuk dan keluar. Opsi untuk mencatat lalu lintas router sering ditemukan di bagian Administrator menu router Anda.

Setelah Anda menemukan menu Administrator, cari menu bernama "Log" atau sejenisnya. Anda harus menemukan opsi untuk mengaktifkan logging untuk lalu lintas masuk, keluar, atau semua router. Maka itu hanya kasus menunggu beberapa saat kemudian memeriksa log router masuk dan keluar.

3. Blokir Penggunaan Internet Menggunakan Jadwal
Banyak router memberi Anda opsi untuk memblokir penggunaan internet dari jaringan Anda pada jadwal yang ditentukan. Misalnya, Anda dapat memblokir akses internet ke perangkat anak-anak Anda mulai pukul 21:00 pada malam sekolah.

Temukan Alamat MAC Perangkat

Penjadwalan blok internet biasanya tidak sulit untuk diatur. Pertama, Anda perlu mengidentifikasi alamat MAC perangkat yang ingin Anda batasi. Alamat MAC adalah pengidentifikasi unik untuk perangkat, yang dikodekan pada saat pembuatan. Pada sebagian besar router, Anda dapat menemukan alamat MAC perangkat di menu Jaringan Lokal router Anda.

Layar buffering sepertinya butuh selamanya 4 Tips dan Trik Cara Memantau dan Membatasi Lalu Lintas Router

Menu Local Network akan menampilkan semua koneksi perangkat saat ini dan terbaru untuk router Anda. Di bawah atau di samping alamat IP, Anda akan melihat serangkaian enam pasang huruf dan angka (akan terlihat mirip dengan ini: A8: BE: 1C: F4: D0: 3A). Temukan nama perangkat anak Anda, lalu salin nilai alamat MAC.

Setelah Anda menemukan alamat MAC untuk perangkat yang Anda batasi, Anda perlu menemukan area menu “Pembatasan Akses”. Ingat, menu ini mungkin memiliki judul yang berbeda di router Anda.

Layar buffering sepertinya butuh selamanya 4 Tips dan Trik Cara Memantau dan Membatasi Lalu Lintas Router

Buat Jadwal Pembatasan Waktu Internet
Buat kebijakan atau aturan jadwal internet baru, lalu tambahkan alamat MAC yang Anda salin sebelumnya. Selanjutnya, tentukan batasan akses yang ingin Anda terapkan ke perangkat itu. Tergantung pada router Anda, Anda mungkin harus mengutak-atik timing.

Misalnya, satu model router Linksys tidak mengizinkan pembatasan dimulai di PM dan selesai di AM, jadi Anda harus membuat dua aturan yang saling mengikat.

Layar buffering sepertinya butuh selamanya 4 Tips dan Trik Cara Memantau dan Membatasi Lalu Lintas Router

Karena Anda menggunakan alamat MAC masing-masing perangkat, Anda dapat membuat aturan khusus untuk setiap perangkat. Jadi, jika Anda memiliki anak yang lebih muda yang harus mati lebih awal, tetapkan aturan terpisah untuk perangkat mereka. Atau jika Anda memiliki anak yang lebih tua yang belajar untuk ujian, Anda dapat meningkatkan jadwal internet mereka selama satu jam (asalkan mereka benar-benar menggunakannya untuk belajar!).

Layar buffering sepertinya butuh selamanya 4 Tips dan Trik Cara Memantau dan Membatasi Lalu Lintas Router

Mengontrol jadwal internet mungkin merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengelola penggunaan internet anak-anak Anda. Jika Anda memiliki anak (atau siapa pun, dalam hal ini) yang tidak akan menghormati permintaan Anda untuk berhenti menggunakan internet setelah satu jam tertentu, Anda dapat mengambil masalah sendiri.

4. Blokir Perilaku Internet Tertentu
Jika Anda cukup beruntung memiliki anak yang mendengarkan Anda dan menghormati keinginan Anda untuk menggunakan internet secara bertanggung jawab, Anda mungkin tidak memerlukan tips apa pun dalam artikel ini. Di sisi lain, jika Anda memiliki anak di ujung spektrum, yang cenderung melakukan hal-hal seperti menggunakan VPN untuk memintas filter internet Anda atau menggunakan proxy untuk torrent konten ilegal.

Tergantung pada router Anda, Anda mungkin memiliki akses ke alat-alat canggih seperti pemblokiran Passthrough VPN, atau kontrol individu untuk skrip web penting seperti Java, AJAX, dan ActiveX. Beberapa router memungkinkan Anda memblokir cookie dan juga menggunakan proxy.

Bisakah Anda Memblokir Semua Perangkat Dari Internet?
Perlu diingat bahwa tidak ada yang 100% anti peluru. Jika anak Anda cukup pintar, mereka akan menemukan cara mengatasi batasan internet Anda di tingkat router.

Mungkin mereka akan mengetahui kata sandi administrator router? Atau bagaimana kalau hanya memotong router sepenuhnya? Jika anak Anda memiliki akses ke ponsel cerdas dengan paket data yang layak, mereka dapat menggunakannya sebagai hotspot Wi-Fi, di mana pembatasan router Anda tidak ada gunanya.

Namun, tips ini akan memberi Anda setidaknya kesempatan untuk mencoba dan mengelola apa yang terjadi di jaringan rumah Anda, serta bagaimana orang mengakses internet darinya. Anda mungkin juga tidak ingin langsung menggunakan semua opsi. Peningkatan bertahap untuk mengekang penggunaan internet yang berlebihan mungkin mendorong anak-anak Anda untuk membawa penggunaan internet mereka kembali ke tingkat yang bertanggung jawab.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel