KODE IKLAN DFP 1 Ukuran Dan Kode Warna Jarum Infus Serta Kegunaannya Masing-masing | Info-Terlengkap

Recents Posts

    Iklan Atas Artikel

    Ukuran Dan Kode Warna Jarum Infus Serta Kegunaannya Masing-masing

    KODE IKLAN 200x200
    KODE IKLAN 336x280
    Sebagai tenaga kesehatan tentu saja kita kenal dengan yang namanya iv chateter, abochat, atau dalam bahasa awamnya jarum infus. Jarum infus merupakan salah satu alat terpenting yang harus disiapkan untuk bisa melakukan tindakan pemasangan infus. Jarum infus itu sendiri merupakan jarum yang ditusukkan langsung ke pembuluh darah vena dan merupakan alat penghubung antara pembuluh darah vena dan selang infus.

    Jarum infus memiliki bebrapa ukuran yaitu kurang lebih terdapat 7 ukuran dan diberikan warna sebagai kode dari ukuran nya, yang tentu saja dalam hal ini memiliki manfaat dan kegunaannya masing - masing. Secara umum fungsi dari ukuran jarum jarum infus ialah untuk memaksimalkan kebutuhan cairan yang akan di masukkan melalui teraphy IVFD atau cairan infus.

    Untuk ukuran jarum infus itu sendiri dimulai dari angka 14, 16, 18, 20, 22, 24 dan 26, yang mana semakin kecil angka yang melabelinya maka akan semakin besar ukuran jarum infusnya, begitulah sebaliknya.

    Adapun ukuran dan kegunaan jarum infus berdasarkan standar internasional menurut potter 1999 adalah sebagai berikut.


    1. Iv chateter ukuran 26

    jarum infus ukuran 26 ini memiliki kode warna ungu atau violet, hampir seluruh jenis caran infus dapat dialirkan melalui jarum ifus ukuran ini,  digunakan untuk bayi, anak-anak dan lansia serta iv abochat no 26 ini sangat memudahkan untuk pemasangan infus pada pasien dengan pembuluh darah yang rapuh, tipis dan kecil. Biasanya cairan yang dialirkan melalui jarum infus ini relatif lambat dan menggunakan infuset mikro.

    2. Iv Chateter ukuran 24

    Jarum infus ukuran 26 ini memiliki kode warna kuning, kegunaannya hampir sama dengan jarum infus no 26 yakni untuk anak dbawah 1 tahun (neonatus), bayi, anak - anak dan usia lanjut, namun jarum infus no 24 ini biasanya lebih sering digunakan di rumah sakit dari pada ukuran no26 karena ukuran nya sedikit lebih besar sehingga jika suatu saat pasien membutuhkan cairan yang lebih banyak diharapkan dengan terpasangnya jarum infus ukuran 24 ini akan sedikit lebih bisa mengejar pemasukan cairan, hampir seluruh jenis caran infus dapat dialirkan melalui jarum infus ukuran ini, Biasanya cairan yang dialirkan melalui jarum infu ukuran 24 ini relatif lambat dan menggunakan infuset mikro.

    3. Iv chateter ukuran 22

    Jarum ifus ukuran 22 ini memiliki kode wana biru, digunakan untuk anak usia 1 sampai 8 tahun sert dewasa lanjut, hampir seluruh jenis caran infus dapat dialirkan melalui jarum infus ukuran ini, kecepatan tetesan infus harus di pertahankn pada tetesan lambat dan bisa menggunakan infuset makro dan mikro.

    4. IV chateter ukuran 20 

    Jarum infus ukuran 20 ini memiliki kode warna merah jambu atau pink, digunakan untuk anak uia 1 sampai 8 tahun serta dewasa lanjut, Abochat no 22 ini sering digunakan untuk menginfus darah dan produk darah serta beberapa jenis cairaninfus kental lainnya. 

    5. IV Chateter ukuran 18

    Jarum infus ukuran 18 ini memilk kode warna hijau, kegunaannya hampir sama dengan jarum infus no 20 yakni untuk melakukan tranfusi darah dan segala jenis produk darah serta cairan infus kental lainya, Untuk pemasangannya digunakan pada pembuluh darah vena besar.

    6. IV Chateter ukuran 16

    Jarum infus ukuran 16 ini memiliki kode warna abu-abu, digunakan untuk pasien umur 8 tahun keatas hingga dewasa yang memerlukan sejumlah besar cairan, pada pasien bedah mayor dan tauma sehingga pemasangannya dilakukan pada pembuluh darah vena berukuran besar. 

    7. Iv Chateter ukuran 14

    jarum infus ukuran 14 ini memiliki kode warna orange, digunakan untuk dengan trauma masif atau pada pasien yang kehilangan darah sangat banyak sehingga membutuhkan masukkan cairan yang banyak dan cepat.


    Ukuran jarum infus dan kode warna yang kami jelaskan diatas berdasaran standar internasional, untuk rumah sakit diIndonsia sendiri ukuran jarum infus yang paling sering digunakan ialah ukura 18, 20, 22 dan 24 untuk UGD, sedangkan untuk ukuran 16 lebih sering di gunakan di kamar operasi.
    KODE IKLAN 300x 250
    close
    ==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
    KODE IKLAN DFP 2
    KODE IKLAN DFP 2