KODE IKLAN DFP 1 Pengertian Program C++ dan Contoh Penulisannya | Info-Terlengkap

Recents Posts

    Iklan Atas Artikel

    Pengertian Program C++ dan Contoh Penulisannya

    KODE IKLAN 200x200
    KODE IKLAN 336x280

    DASAR-DASAR PEMROGRAMAN C++

    Pada dasarnya program C++ dapat ditulis menggunakan sembarang editor teks,seperti EDIT (milik DOS),Wordstar,SideKick ataupun editor C++. Program C++ biasa ditulis dengan nama CPP ( dari kata C Plus Plus) Agar program ini biasa dijalankan (eksekusi). Program harus dikompilasi terlebih dahulu dengan menggunakan compiler C++.


     dapat ditulis menggunakan sembarang editor teks Pengertian Program C++ dan Contoh Penulisannya


    Pada saat kompilasian, program sumber (CPP) bersama file-file header (berekstansi .H ataupun .HPP) akan diterjemahkan oleh compiler C ++ menjadi kode obyek (.OBJ) file ini berupa file dalam format biner berkode 0 dan 1. Selanjutnya file obyek ini bersama-sama dengan file obyek lain serta file pustaka (.LIB) dikaitkan menjadi satu oleh linker. Hasilnya berupa file yang bersifat executable. File inilah yang biasa dijalankan dari system operasi secara langsung.

    Saat ini banyak compiler C++ yang beredar. Sebagai contoh Microsof Corporation, sebagai perusahaan pembuat perangkat lunak yang sangat termashur,mengeluarkan produk compiler C++ berupa Microsoft C/C++ serta visual C++. Adapun Borland International yang sangat popular dengan turbo Pascal-nya, mengeluarkan Turbo C++ dan Borlan C++, compiler yang terakhir inilah yang kita gunakan praktikum ini. Dibawah ini adalah tampilan program editor Borland C++ versi 5.22.

    Sekilas tentang Struktur program C++
    Pada dasarnya struktur program C++ adalah terdiri dari beberapa komponen pokok, diantaranya: pengarah preprocessor, deklarasi global, fungsi main ( ), dan fungsi user-defined.

    Pengarah Preprocessor

    Dalam program C atau C++ bagian pertama yang menyusun sebuah tugas, terbentuk di pengarah preprocessor. Pengarah preprocessor menginstruksikan compiler untuk membentuk beberapa tugas sebelum komplisasi dimulai. Pengarah preprocessor #include, salah satu yang sering terlihat,

    Baca Juga :



    #include<stdio.h> menginstruksikan compiler untuk menyertakan berkas C++ sumber yang lain sebelum kompilasi dimulai. Pengarah preprocessor yang lain adalah #define, yang merupakan definisi sebuah macro.

    Deklarasi Global
    Bagian utama yang kedua dari sebuah program C++ berisi deklarasi global. Deklarasi global memberitahukan compiler fungsi user-defined dan variable atau konstanta yang dipakai untuk semua fungsi dalam program C++ tersebut. 
    Contohnya :

    Int sum(int a,int b); // deklarasi fungsi user-defined sum
    Int X;  // deklarasi variable X

    Program main ( )
    Bagian utama ketiga dari program C++ adalah fungsi main ( ) (yang merupakan tubuh utama program), setiap program harus memiliki fungsi main ( ). Eksekusi program dimulai dari fungsi main ( ) dan dalam struktur program yang baik, eksekusi berujung pada fungsi ini.
    Contohnya :

    Main( )
    {
     Pernyataaan;
    }

    Fungsi User-defined
    Bagian terahir dari program C ++ berisi user-define yang merupakan kelompok dari perintah yang dibuat untuk menyempurnakan perintah-perintah program. Fungsi user-define dapat digunakan untuk mengerjakan perintah-perintah yang dikehendaki,sesuai dengan daya imajinasi dari pemrogram.

    Tipe Data
    Sewaktu anda mendeklarasikan variable, konstanta atau fungsi (yang menghasilakan nilai balik) dalam program, anda harus memberi nama variable, konstanta, atau fungsi tersebut beserta tipe datanya kepada compiler C++. Tipe mendefinisikan nilai yang dapat disimpan pada variable, atau konstanta, atau nilai yang dapat dihasilkan oleh fungsi dan juga sekumpulan operasi yang dapat dilakukan terhadap data tersebut.

    Tipe data dasar dalam program C++ meliputi :
    • Int
    • Char
    • Short
    • Long
    • Double
    • Float
    • Long Double
    char,int,shor,dan long, Merupakan jenis tipe data yang mengoperasikan bilangan bulat. Sedangkan tipe data yang lainya berhubungan dengan bilangan pecahan. Ukuran memori yang diperlukan untuk masing-masing tipe data sangat bergantung dengan perangkat keras dari komputer yang digunakan. 

    Karena itu jangkauan bilangan dari masing-masing tipe data juga biasa berlainan antra satu jenis mesin dengan jenis mesin yang lainnya. Nilai yang tercakup pada tipe data bilangan baik bulat maupun pecahan pada arsitektur PC berbasis DOS dapat dilihat pada table yang sudah saya buat dibawah ini.



    KODE IKLAN 300x 250
    close
    ==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
    KODE IKLAN DFP 2
    KODE IKLAN DFP 2