Mempunyai Bakat Menggambar? Pertimbangkanlah 5 Jurusan Kuliah Ini

Berbakat Menggambar? Pertimbangkan 5 Jurusan Kuliah Ini


Masing-masing kita dikaruniai bakat yang berbeda. Contoh sederhananya, ada yang lebih pandai dalam hitungan, ada pula yang lebih pandai dalam hafalan. No one is better than others. It's just different.
Dan Sobat Pintar yang pandai menggambar, congratulations! Being able to draw with your hands is a gift ? a rare one, in fact. Jadi, tak ada salahnya bila memilih jurusan kuliah dengan berpatokan pada bakat menggambar yang Sobat miliki. Mau tahu jurusan apa saja yang mungkin sesuai dengan bakatmu itu?
?
1. Desain Komunikasi Visual
Bila Sobat Pintar ingin menyalurkan bakat menggambar pada bidang teknologi digital sekaligus seni desain tradisional, DKV layak dipertimbangkan. Kreativitasmu sangat ditantang dijurusan ini karena DKV dekat sekali dengan industri kreatif.
Dengan bekalnya dibidang ilustrasi, fotografi, desain grafis, penyutradaan film, dan media interaktif, alumni DKV mampu memenuhi segala macam permintaan pasar. DKV juga mampu menawarkan opsi marketing yang efektif misalnya melalui flyer, poster, iklan, hingga packaging produk.
?
2. Game & Animasi
Bila ditawarkan sebagai satu jurusan sendiri, Animasi pasti menggoda buat Sobat Pintar yang memang memiliki minat dibidang ini. Perkembangan dunia digital turut memompa jumlah peminat dunia Animasi, termasuk pula game.
Semakin besarnya industri game dan bertambahnya game developer berarti semakin banyak pula kreator game. As you know it, it takes a sophisticated skill in drawing, along with unparalleled creativity, to create great characters and the world they live in.
?
3. Fashion Design
Fashion designer adalah salah satu profesi yang membutuhkan kecakapan menggambar. Bila Sobat Pintar bercita-cita menjadi seorang fashion designer, lihatlah peluangmu pada Jurusan Fashion, Tata Busana, atau Fashion Design. Dijurusan inilah Sobat Pintar belajar tentang seni estetika, rancang pola, hingga distribusi pasar.
Selain menggambar, mahasiswa jurusan ini juga belajar mengkombinasikan bahan dan warna serta menganalisis tren fashion. Kejelian seorang fashion designer diuji ketika harus menyesuaikan fashion yang diciptakannya dengan kebutuhan atau keinginan pemakainya.
?
4. Teknik Arsitektur
Mahasiswa jurusan ini akan banyak menggambar teknik. Akurasi dan detail sangat penting dalam gambar teknik, sehingga Sobat Pintar harus mahir dalam berhitung dan matematika bila tertarik pada bidang ini.
Meskipun demikian, dibutuhkan imajinasi yang tinggi agar rancangan seorang arsitek memiliki ciri khas. Kemampuan untuk menggabungkan nilai seni dan estetika dengan perhitungan matematis dan teknik adalah tantangan utama seorang arsitek.
?
5. Seni Rupa Murni
Berkebalikan dengan Arsitektur, Jurusan Seni Rupa Murni lebih fokus pada mengembangkan seni secara murni. Tujuannya semata-mata untuk memperoleh kepuasan subyektif dalam membuat karya seni.
Seni Rupa Murni juga berbeda dari DKV meskipun biasanya kedua jurusan ini berada pada satu fakultas. Seni Rupa Murni bersifat sangat individual, sedangkan DKV merupakan salah satu ilmu terapan dari seni rupa dan memiliki fungsi yang lebih umum.
?
Itulah lima alternatif jurusan ditingkat perguruan tinggi yang dapat mewadahi bakat menggambarmu. Which one to choose? Tentu, sesuaikan dengan minat dan kemampuanmu.
Bila Sobat Pintar cakap berhitung dan jago matematika, Teknik Arsitektur boleh dipertimbangkan, misalnya. Namun bila passion terkuatmu adalah membuat karya seni seperti Vincent van Gogh, Seni Rupa Murni mungkin lebih menarik buatmu. So, which path will you take?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel