Mana Pilihanmu: Fakultas dan Jurusan Saintek di UGM (Part 1)

Mana Pilihanmu: Fakultas dan Jurusan Saintek di UGM (Part 1)


Siapa sih, Sobat Pintar yang sekarang sedang duduk dikelas IPA/ Saintek, tapi tak ingin kuliah dijurusan Saintek – dan di UGM, pula? Come on! Being a science student at such a nationally reputable university may be everyone's dream. Lagipula, Universtias Gadjah Mada memiliki banyak jurusan Saintek. Mau tahu, Sobat?

1. Fakultas Biologi
Hanya terdapat satu jurusan atau program studi di Fakultas Biologi, yaitu Prodi Biologi. Dijurusan ini Sobat Pintar dapat mempelajari kehidupan berbagai organisme dan ekosistemnya. Mahasiswa Biologi UGM memperoleh fasilitas praktikum dilapangan maupun di laboratorium yang cukup lengkap – pantaslah bila akreditasi jurusan ini sudah A.

2. Fakultas Farmasi
Fakultas Farmasi juga terdiri dari satu jurusan saja, yaitu Farmasi. Dijurusan ini Sobat Pintar akan belajar tentang senyawa kimia, tanaman bahan obat, hingga meracik obat dan membuatnya tahan lama.

3. Fakultas Geografi
Terdapat tiga jurusan atau program studi di Fakultas Geografi, yang seluruhnya sudah terakreditasi A dari BAN-PT. Ketiga jurusan tersebut adalah Geografi dan Lingkungan, Kartografi dan Penginderaan Jauh, serta Pembangunan Wilayah.

4. Fakultas Kedokteran Gigi
Terdapat dua jurusan atau program studi difakultas ini. Pertama, Ilmu Keperawatan Gigi yang memiliki akreditasi B fokus pada perawatan pasien pasca tindakan medis dan penyuluhan atau edukasi tentang kesehatan gigi pada pasien. Kedua, Pendidikan Dokter Gigi yang terakreditasi A adalah jurusan dimana Sobat Pintar akan belajar tentang kesehatan gigi dan gusi serta pencegahan dan perawatan berbagai penyakit pada gigi dan mulut.

5. Fakultas Kedokteran Hewan
Hanya ada satu jurusan atau program studi difakultas ini, yaitu Kedokteran Hewan. Telah terakreditasi A BAN-PT, jurusan ini merupakan tempat dimana Sobat Pintar dapat belajar tentang penangan, pengobatan, dan identifikasi kondisi hewan.
Penularan penyakit dari hewan ke manusia juga menjadi salah satu bidang kajian dijurusan ini. Dengan kata lain, kalau Sobat Pintar ingin belajar tentang pemeriksaan fisik, diagnosis, maupun pemeriksaan laboratorik pada hewan, jurusan Kedokteran Hewan UGM bisa menjadi salah satu pilihan.

6. Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan
Lebih sering dikenal sebagai Fakultas Kedokteran, terdapat tiga jurusan atau program studi disini yang seluruhnya memiliki akreditasi A. Pertama, Prodi Gizi Kesehatan dimana Sobat Pintar nanti belajar tentang asupan gizi dalam berbagai keadaan. Kedua, Prodi Keperawatan dimana mahasiswanya belajar tentang perawatan individu dalam memulihkan dan mempertahankan kesehatan demi kualitas hidup yang baik.
Ketiga, Prodi Kedokteran yang menerapkan sistem blok dan problem based learning dalam pembelajarannya. Jika kuliah dijurusan ini, Sobat Pintar akan belajar tentang cara menangani suatu kasus, melayani pasien, melakukan pemeriksaan, memberi pengobatan, termasuk pula menjelaskan keadaan medis pada pasien dan keluarganya.

Masih ada enam fakultas lagi di UGM yang termasuk bidang Saintek. Sobat Pintar mau tahu? Tunggu kelanjutannya pada post berikutnya, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel