Mana Pilihanmu: Fakultas dan Jurusan Saintek di UGM (Part 2)

Mana Pilihanmu: Fakultas dan Jurusan Saintek di UGM (Part 2)


Masih tentang pilihan kuliah Saintek di Universitas Gadjah Mada. You've learned about some of your options in the previous post, and now we're going to see the rest.
Apa saja enam fakultas di UGM yang belum kita bahas? Let's take a look at each one of them.

1. Fakultas Kehutanan
Hanya ada jurusan atau program studi Kehutanan difakultas ini. Disinilah dipelajari tentang pengelolaan, pemanfaatan,  pengembangan, konservasi, hingga rehabilitasi hutan. Untuk itu, jurusan yang telah terakreditasi A ini terbagi kedalam empat peminatan, yaitu Manajemen Hutan, Budidaya Hutan, Teknologi Hasil Hutan, dan Konservasi Sumberdaya Hutan.

2. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Seluruh jurusan atau program studi di FMIPA UGM telah memiliki akreditasi A, Sobat. Mau tahu apa saja yang dipelajari dimasing-masing prodi? Mari kita cermati satu per satu.
1. Elektronika dan Instrumentasi tentang perangkat sensor, robotika, dan sistem cerdas.
2. Fisika memberikan pembelajaran tentang gejala alam dalam lingkup ruang dan waktu.
3. Geofisika adalah tempat untuk mengkaji tentang fenomena alam dengan berpatokan pada kaidah dan prinsip fisika dalam upaya mencari sumberdaya alam.
4. Ilmu Komputer adalah tentang computer programming.
5. Kimia menawarkan pembelajaran tentang sifat dan struktur zat, termasuk pula interaksi antar materi penyusunnya.
6. Matematika menjadi tempat Sobat Pintar untuk belajar tentang aljabar, geometri, maupun matematika diskrit.
7. Statistika fokus pada pembelajaran tentang mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasi data.

3. Fakultas Pertanian
Fakultas Pertanian UGM terdiri dari delapan jurusan atau program studi. Seluruh prodi tersebut terakreditasi A, kecuali Mikrobiologi Pertanian yang masih B. Dan apa saja jurusan yang terakreditasi A tersebut?
1. Agronomi tentang cara menanam agar hasilnya optimal.
2. Ekonomi Pertanian dan Agribisnis tentang efisiensi produksi dan teknik pemasaran dari hulu hingga hilir.
3. Ilmu Tanah tentang zat-zat didalam tanah dan keterkaitannya dengan tumbuh tanaman.
4. Akuakultur tentang teknik budidaya perikanan, manajemen bembenihan dan pembesaran ikan, jenis-jenis pakan ikan, pencegahan dan penanganan penyakit dan hama pada ikan, hingga perencanaan usaha budidaya perikanan air tawar, laut, dan payau.
5. Manajemen Sumberdaya Akuatik tentang menjaga kelestarian sumberdaya perikanan, memanfaatkan sumberdaya hayati perairan, serta mengembangkan pengelolaan perikanan dan perairan.
6. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian tentang penyuluhan pertanian dan biasanya terkait dengan Dinas Pertanian.
7. Teknologi Hasil Perikanan tentang teknologi untuk mengelola hasil perikanan supaya bernilai tambah.
Terakreditasi B, Mikrobiologi Pertanian mencakup tentang cara mempermudah kerja akar dalam mengambil unsur hara dari tanah.

4. Fakultas Peternakan
Fakultas Peternakan UGM hanya memiliki jurusan atau program studi Ilmu dan Industri Peternakan dan telah memiliki akreditasi A BAN-PT. Walaupun hanya satu jurusan, Ilmu dan Industri Peternakan menawarkan empat konsentrasi, yaitu Nutrisi dan Makanan Ternak, Sosial Ekonomi Peternakan, Produksi Ternak, dan Teknologi Hasil Ternak.

5. Fakultas Teknik
Fakultas Teknik UGM terdiri dari 12 jurusan atau program studi yang seluruhnya telah terakreditasi A. Sobat Pintar tahu tentang masing-masing jurusannya?
1. Teknik Arsitektur tentang desain bangunan yang memperhatikan keindahan, kegunaan dan kekuatannya.
2. Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota tentang perencanaan kota dan wilayah serta kaitannya dengan aspek sosial, politik, dan ekonomi.
3. Teknik Elektro tentang sifat-sifat elektron dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Teknik Fisika tentang gejala-gejala fisika yang diterapkan dalam ilmu dasar, terapan, serta pemanfaatan teknologi – mulai dari perencanaan, desain, sampai konstruksi atau manajemen alat berat.
5. Teknik Geodesi tentang pengukuran dan pengamatan posisi titik-titik lokasi di muka bumi untuk kemudian dilakukan pemetaan.
6. Teknik Geologi tentang menemukan dan mengatur sumberdaya alam di dalam bumi serta penerapan mitigasi bencana, lingkungan hidup, dan rekayasa.
7. Teknik Industri tentang merancang, mengelola, menerapkan, dan mengembangkan berbagai elemen untuk menjadi sebuah sistem yang mendukung fungsi pabrik.
8. Teknik Kimia tentang rekayasa dalam menghasilan suatu produk secara kimiawi.
9. Teknik Mesin tentang perancangan, pengembangan, dan pengelolaan mesin.
10. Teknik Nuklir tentang keterbatasan bahan bakar dan limbah nuklir.
11. Teknik Sipil tentang teknologi perancangan, pembangunan, pemeliharaan dan renovasi bangunan.
12. Teknologi Informasi tentang data dan informasi, mencakup proses pengumpulan, penyiapan, pengolahan, pencarian, penyimpanan, pendistribusian, dan penyajiannya.

6. Fakultas Teknologi Pertanian
Fakultas ini memiliki tiga jurusan atau program studi yang seluruhnya telah memiliki akreditasi A. Ketiganya yaitu:
1. Teknik Pertanian dimana dikaji ilmu pertanian yang melibatkan rekayasa atau transformasi sumberdaya alam yang efektif dan efisien.
2. Teknologi Industri Pertanian tentang sistem agroindustri yang menyatukan manajerial, rekayasa, dan teknologi proses produksi.
3. Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian mewadahi pembelajaran proses pengolahan bahan pangan pasca panen hingga menjadi makanan yang layak makan.

Itulah seluruh fakultas dan jurusan Saintek di UGM. Sobat Pintar sudah menentukan jurusan apa yang diincar di kampus ini? Atau justru semakin bingung karena banyaknya pilihan?
Alywas take your time, Sobat Pintar. Tak ada hal baik yang datang dari sikap terburu-buru. Cari referensi lain, seperti informasi kampus di Aku Pintar, untuk mendukung keputusan pilihan jurusan kuliahmu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel