Cara Screenshot Di Laptop Ala Smartphone

- Ketika memakai smartphone untuk streaming, kadang ada bab seru pada film yang ingin disimpan. Begitu juga saat bermain game, niscaya ada saja bab yang ingin disimpan. Jika sudah begitu, fitur screenshot niscaya sangat dibutuhkan. Hal tersebut juga biasa dilakukan saat memakai laptop. Namun cara screenshot di laptop jarang diketahui dan yang paling sering dipakai ialah dengan menekan tombol Print Screen. Jika ingin mengetahui cara lain, ketahui cara screenshot di laptop ala smartphone.

 Ketika memakai smartphone untuk streaming Cara Screenshot di Laptop ala Smartphone

Cara Screenshot di Laptop ala Smartphone


Berikut cara screenshot di laptop ala smartphone yang harus Anda ketahui:

1. Print Screen

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa Print Screen merupakan salah satu cara yang paling banyak digunakan. Tombol Print Screen atau PrtSc SysRC dapat menampilkan semua tampilan yang ada pada tampilan layar. Langkah memakai tombol yang satu ini sangat mudah, yaitu dengan membuka halaman yang akan diambil gambarnya. Jika sudah, tekan tombol Print Screen atau PrtSc SysRC yang terletak di bab atas kanan keyboard laptop. Setelah itu screenshot akan tersimpan secara otomatis pada clipboard dan Anda hanya butuh mempaste dengan membuka aplikasi yang lain. Anda dapat buka aplikasi Paint dan tekan Ctrl+V kemudian simpan dengan klik File dan pilih Save As.

2. Alt + Print Screen

Cara screenshot di laptop ala smartphone yang selanjutnya ialah memakai tombol kombinasi Alt+Print Screen. Menggunakan tombol kombinasi yang satu ini mempunyai kegunaan untuk menghasilkan atau menampilkan gambar pada jendela yang sedang aktif. Caranya sangat gampang yaitu dengan membuka layar yang gambarnya akan diambil. Jika sudah, tekan tombol kombinasi Alt+Print Screen dan secara otomatis gambar akan tersimpan pada clipboard. Setelah itu buka Paint dan paste dengan tekan Ctrl+V untuk menampilkan hasil screenshot. Untuk menyimpan, klik File kemudian pilih Save As.

3. Snipping Tool

Jika memakai sistem operasi Windows, Anda dapat memanfaatkan Snipping Tool. Snipping Tool dapat dipakai untuk mengambil gambar dan juga melaksanakan banyak sekali kustomisasi. Cara memakai Snipping Tool sangat gampang yaitu dengan membuka jendela yang akan diambil gambarnya terlebih dulu. Setelah itu tekan tombol Windows dan ketik Snipping Tool kemudian pilih. Secara otomatis jendela Snipping Tool akan ditampilkan dan Anda dapat menentukan New untuk mengambil screenshot yang baru. Jika sudah, Anda dapat menentukan area yang akan diambil dengan border tipis warna merah. Saat layar screenshot sudah dipilih, akan ada tampilan preview dan sebelum disimpan dapat Anda edit sesuai kebutuhan terlebih dulu. Jika sudah tamat dan ingin menyimpan, Anda dapat klik File kemudian Save As dan pilih kawasan penyimpanan yang diinginkan.

4. Windows + Print Screen

Jika Anda tidak suka dengan cara yang terlalu panjang, Anda dapat memakai tombol kombinasi Windows dan Print Screen. Tombol kombinasi yang satu ini dapat menyimpan screenshoot secara otomatis. Untuk memakai tombol kombinasi ini, buka jendela yang akan di-screenshot terlebih dulu. Setelah itu tekan tombol Windows dan Print Screen secara bersamaan. Saat melaksanakan screenshot tersebut, layar akan berkedip. Karena sudah otomatis tersimpan, Anda dapat mengusut hasil screenshot di Pictures pada folder Screenshot.

Itulah sedikit ulasan ihwal cara screenshot di laptop ala smartphone. Beberapa cara screenshot yang disebutkan sangat gampang sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel