KODE IKLAN DFP 1 44 Perintah dasar Debian yang sering digunakan | Info-Terlengkap

Recents Posts

    Iklan Atas Artikel

    44 Perintah dasar Debian yang sering digunakan

    KODE IKLAN 200x200
    KODE IKLAN 336x280


    Perintah Dasar Linux Debian



    Jika kita ingin belajar mengenai hal tertentu pasti yang kita cari adalah mengenai dasar-dasar untuk belajar hal tersebut bukan ? seperti halnya juga jika kita mau belajar Linux debian, tentu kita harus tau perintah-perintah dasar yang sering digunakan dalam mengelolah Os tersebut.

    Tapi anda jangan kuatir untuk mencari perintah-perintah tersebut, karena kami telah memberikan 44 perintah dasar linux Debian yang sering digunakan para pemula maupun para ahli yang sering menggunakan OS ini.


    Jika kita ingin belajar mengenai hal tertentu pasti yang kita cari adalah mengenai dasar 44 Perintah dasar Debian yang sering digunakan


    chmod
    Perintah ini digunakan untuk menambah dan mengurangi izin pemakai untuk mengakses file atau direktori. Anda dapat menggunakan sistem numeric coding atau sistem letter coding.  Ada tiga jenis permission/perizinan yang dapat dirubah yaitu ( r untuk read, w untuk write dan x untuk execute )

    chown
    Perintah ini digunakan untuk merubah user ID (owner) sebuah file atau direktori

    cp

    Perintah ini digunakan Untuk menyalin file atau copy. Misalnya jika anda ingin membagi file menjadi 2 file

    fg

    Perintah ini digunakan untuk mengembalikan suatu proses yang dihentikan sementara  agar berjalan kembali di foreground.  

    find

    Perintah ini digunakan untuk menemukan dimana letak sebuah file yang telah anda buat sebelumnya. Perintah ini akan mencari file sesuai dengan kriteria yang anda ketikan.

    $ man ls
    Perintah tersebut digunakan untuk menampilkan bagaimana cara penggunaan ls secara lengkap.


    &
    Perintah ini diketik dibelakang perintah lain dan untuk menjalankannya di background. Tujuannya adalah untuk membebaskan shell agar bisa dipergunakan menjalankan proses yang lain.  

    adduser
    Perintah ini Biasanya hanya dilakukan oleh ( root ) untuk menambahkan user atau account baru.

    alias
    Perintah ini digunakan untuk memberi nama lain dari sebuah perintah. Misalnya jika anda ingin perintah ( ls ) dapat juga dijalankan dengan mengetikkan perintah dir, maka anda bias membuat aliasnya.

    bg
    Perintah ini digunakan Untuk memaksa sebuah proses yang dihentikan sementara agar berjalan di background. Misalnya anda sedang menjalankan sebuah perintah di foreground (tanpa diakhiri perintah &) dan suatu saat anda membutuhkan shell tersebut maka anda dapat memberhentikan sementara perintah tersebut dengan cara ( ctrl + Z ) kemudian ketikkan perintah bg untuk menjalankannya di background. Dengan cara ini anda telah membebaskan shell tetapi tetap mempertahankan perintah lama di background.

    cat
    Perintah ini digunakan untuk menampilkan isi dari sebuah file di layer.
    cd
    Cd atau Change Direktori digunakan untuk berpindah direktori

    chgrp

    Perintah ini digunakan untuk merubah kepemilikan kelompok file atau direktori. Misalnya untuk memberi izin pada kelompok atau group agar dapat mengakses suatu file.

    grep
    Global regular expresion parse atau grep adalah sebuah perintah untuk mencari file-file yang mengandung unsur teks dengan kriteria yang telah anda ketikan.

    gzip
    Perintah ini merupakan perintah zip versi GNU, fungsinya untuk mengkompresi sebuah file. 

    halt
    Perintah ini hanya bisa dijalankan oleh super user atau anda harus login sebagai root. Perintah ini digunakan untuk memberitahu kernel supaya mematikan sistem atau shutdown.

    hostname

    Perintah ini digunakan untuk menampilkan host atau domain name sistem dan bisa pula digunakan untuk mengesset nama host sistem.

    less

    Perintah ini digunakan untuk Mempaging halaman.

    login
    Perintah ini digunakan untuk masuk ke sistem dengan memasukkan login ID atau dapat juga digunakan untuk berpindah dari user satu ke user lainnya.

    more  
    Perintah ini digunakan untuk Mempaging halaman.

    mount

    Perintah ini digunakan untuk  me-mount filesystem ke suatu direktori atau mountpoint yang telah ditentukan. Hanya superuser atau user root yang bisa menjalankan perintah ini.

    mv

    Perintah ini digunakan untuk memindahkan file dari satu lokasi ke lokasi lain. Bila argumen yang kedua berupa sebuah direktori, maka mv akan memindahkan file ke direktori tersebut. Bila kedua argumen berupa file maka nama file pertama akan menimpa file kedua. Akan terjadi kesalahan bila anda memasukkan lebih dari dua argumen kecuali argumen terakhir berupa sebuah direktori.

    passwd

    Perintah ini digunakan untk mengganti password. Jika Anda menggunakan perintah ini anda akan selalu diminta mengisikan password lama dan selanjutnya akan diminta mengisikan password baru sebanyak dua kali. Password sedikitnya terdiri dari enam karakter dan sedikitnya mengandung sebuah karakter tertentu.

    logout

    Perintah ini digunakan untuk keluar dari system atau keluar dari akun.

    ls

    Perintah ini digunakan untuk menampilkan isi dari dari sebuah direktori.Anda dapat menggunakan option yang telah disediakan untuk mempermudah mengatur tampilannya di layer. Bila anda menjalankan perintah ini tanpa option maka akan ditampilkan seluruh file non hidden atau file tanpa awalan tanda titik secara alfabet dan secara melebar mengisi kolom layer. Option ( –la ) artinya menampilkan seluruh file / all termasuk file hidden atau file denagn awalan tanda titik) dengan format panjang.

    man

    Perintah ini digunakan untuk menampilkan manual page atau teks yang menjelaskan secara detail bagaimana cara untuk menggunakan sebuah perintah. Perintah ini berguna sekali bila sewaktu-waktu anda lupa atau tidak mengetahui fungsi dari perintah-perintah OS ini. 

    mesg
    Perintah ini digunakan untuk  memberikan izin user lain menampilkan pesan dilayar terminal. Misalnya mesg anda dalam posisi  A, maka user lain juga bisa menampilkan pesan di layar anda dengan write.

    mkdir
    Perintah ini digunakan untuk membuat direktori baru, 

    pwd
    Perintah ini digunakan untuk menampilkan nama direktori dimana anda saat itu sedang berada.

    rm

    Perintah ini digunakan untuk menghapus file dan secara default rm tidak menghapus direktori. Jika anda menggunakan perintah ini, sebaiknya anda harus berhati-hati karena dengan ( –r ) yang secara rekursif bias mengakibatkan terhapusnya seluruh file.

    rmdir
    Perintah ini digunakan untuk menghapus direktori kosong.

    shutdown

    Perintah ini digunakan untuk mematikan sistem, seperti perintah halt. Pada beberapa sistem anda bisa menghentikan komputer dengan perintah ( shutdown –h now ) dan merestart sistem dengan perintah ( shutdown –r now  ) atau bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl-Alt-Del.

    su

    Perintah ini digunakan untuk login sementara sebagai user lain. Bila user ID tidak disertakan maka komputer menganggap anda ingin login sementara sebagai super user atau root. Bila anda bukan root dan user lain itu memiliki password, maka anda harus memasukkan password dengan benar. Tapi bila anda adalah root, maka anda dapat login sebagai user lain tanpa perlu mengetahui password user tersebut

    tail

    Perintah ini digunakan untuk menampilkan 10 baris terakhir dari suatu file. Default baris yang ditampilkan adalah 10 tapi anda bisa menentukan sendiri berapa baris yang ingin ditampilkan.

    talk
    Perintah ini digunakan untuk mengadakan percakapan melalui terminal. Input dari terminal anda akan disalin di terminal user lain, begitu juga dengan sebaliknya.

    tar
    Menyimpan dan mengekstrak file media seperti tape drive atau hard disk. File arsip tersebut sering disebut sebagai file tar. 

    umount

    Perintah ini digunakan untuk untuk meng-unmount filesystem dari mount-pointnya. Setelah perintah ini dijalankan direktori yang menjadi mount-point tidak akan bisa lagi digunakan.

    unalias

    Perintah ini digunakan untuk membatalkan sebuah alias. Jadi untuk membatalkan alias dir

    unzip
    Perintah ini digunakan untuk mengekstrak atau menguraikan file yang dikompres dengan zip.

    wall
    Perintah ini digunakam untuk mengirimkan pesan dan menampilkan di terminal tiap user yang sedang login. Perintah ini berguna bagi super user atau root untuk memberikan peringatan ke seluruh user, misalnya pemberitahuan bahwa server sesaat lagi kan dimatikan.

    who
    Perintah ini digunakan untuk menampilkan siapa saja yang sedang login. Perintah ini akan menampilkan informasi mengenai login name, jenis terminal, waktu login dan remote hostname untuk setiap user yang saat itu sedang login. 

    xhost +

    Perintah ini digunakan untuk memberi akses atau menghapus akses (xhost -) host atau user ke sebuah server x.

    xset

    Perintah ini digunakan untuk mengeset beberapa option di x window seperti bunya bel, kecepatan mouse, font, parameter screen saver dan sebagainya. 

    zip

    Perintah ini digunakan untuk akan membuat dan menambahkan file ke dalam file arsip zip.

    KODE IKLAN 300x 250
    close
    ==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
    KODE IKLAN DFP 2
    KODE IKLAN DFP 2