KODE IKLAN DFP 1 Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari | Info-Terlengkap

Recents Posts

    Iklan Atas Artikel

    Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari

    KODE IKLAN 200x200
    KODE IKLAN 336x280
    Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari - Dalam pelajaran Fisika terdapat materi mengenai Hukum Newton. Hukum ini terdapat dalam rangkuman Issac Newton kategori Tiga Hukum Fisika. Issac Newton adalah seorang ahli Astronomi, Teolog, Matematikawan sekaligus ahli Fisikawan yang berasal dari Inggris. Beliau mengeluarkan buku berjudul Philosophiae Naturalis Principia Mathematica pada tanggal 5 Juli 1687. Didalam karya tersebut terdapat pembahasan Tiga Hukum Newton yakni Hukum Newton 1, Hukum Newton 2, dan Hukum Newton 3. Kemudian contoh Hukum Newton 1, contoh Hukum Newton 2, contoh Hukum Newton 3 dapat kita temukan dalam kehidupan sehari hari.

    Lalu apa itu Hukum Newton? Hukum Newton adalah jenis hukum yang mencakup ketiga hukum yang digunakan sebagai dasar mekanika klasik. Jenis hukum ini merupakan gambaran dari hubungan antara gaya dengan gerak suatu benda. Nah pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai contoh Hukum Newton 1, contoh Hukum Newton 2, contoh Hukum Newton 3 dalam kehidupan sehari hari. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

    Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari

    Baiklah langsung saja, saya akan membahas mengenai masing masing contoh Hukum Newton 1, contoh Hukum Newton 2, contoh Hukum Newton 3 dalam kehidupan sehari hari. Berikut penjelasan dan contoh contohnya:
     Rumus Percepatan dan Perlambatan Beserta Contohnya

    Contoh Hukum Newton 1

    Hukum Newton 1 memiliki bunyi yakni, "Apabila Resultan gaya yang terdapat di dalam benda bekerja dengan nilai Nol, Maka benda yang awalnya diam akan tetap diam. Benda yang awalnya bergerak secara lurus beraturan juga akan tetap bergerak lurus beraturan". Hukum Newton ini berhubungan dengan sifat kelembapan benda. Maka dari itu, sebuah benda akan lebih condong untuk mempertahankan kedudukannya. Dengan kata lain benda dapat dikatakan malas bergerak. Dibawah ini terdapat contoh hukum newton 1 dalam kehidupan sehari hari:
    1. Ketika sepeda atau motor direm maka tubuh akan bergerak kedepan.
    2. Ketika mobil atau motor digas maka tubuh akan terdorong/bergerak ke belakang.
    Dalam pelajaran Fisika terdapat materi mengenai Hukum Newton Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari
    Contoh Aplikasi Hukum Newton 1

    Contoh Hukum Newton 2

    Hukum Newton 2 memiliki bunyi yakni, "Sebuah benda memiliki percepatan yang sama dengan jumlah gaya dan berbanding terbalik dengan massa bendanya". Hukum Newton ini berhubungan dengan kondisi gerak sebuah benda. Sebuah benda tersebut akan memperoleh gaya dan massa yang perlu diperhatikan. Dibawah ini terdapat contoh hukum newton 2 dalam kehidupan sehari hari:
    1. Seseorang yang sedang mendorong gerobak dengan kekuatan yang besarnya tertentu. Maka gerobak tersebut akan bergerak dengan percepatan tertentu pula.
    2. Sebuah truk yang bergerak dengan massa 2 ton maka akan mengalami percepatan sebesar 2 m/s.
    Dalam pelajaran Fisika terdapat materi mengenai Hukum Newton Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari
    Contoh Aplikasi Hukum Newton 2
     Hubungan Antara Gaya dan Gerak Beserta Penjelasan

    Contoh Hukum Newton 3

    Kemudian Hukum Newton 3 juga memiliki bunyi yakni, "Apabila sebuah benda memberikan gaya terhadap benda lain maka benda tersebut juga akan memberikan gaya balik dengan besar yang sama, namun dengan arah yang sebaliknya. Hukum Newton ini berhubungan dengan gaya aksi maupun gaya reaksi. Dengan kata lain, sebuah benda yang memberikan gaya aksi maka akan memperoleh gaya reaksi. Di bawah ini terdapat contoh hukum newton 3 dalam kehidupan sehari hari:
    1. Ketika kita sedang mendayung sebuah perahu. Perahu tersebut akan didayung dari arah belakang, kemudian perahu akan bergerak ke arah depan. Hal ini dikarenakan air diberikan gaya yang berasal dari alat dayung.
    2. Ketika peluncuran roket air. Air yang terdapat didalam roket akan mengalami tekanan tinggi karena mengandung detergen. Pada saat tutup roket dibuka, air akan menyembur dan mendorong roket  ke atas.
    Dalam pelajaran Fisika terdapat materi mengenai Hukum Newton Contoh Hukum Newton 1, 2, 3 Dalam Kehidupan Sehari Hari
    Contoh Aplikasi Hukum Newton 3
    Demikianlah contoh Hukum Newton 1, contoh Hukum Newton 2, contoh Hukum Newton 3 dalam kehidupan sehari hari yang dapat saya bagikan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.
    KODE IKLAN 300x 250
    close
    ==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
    KODE IKLAN DFP 2
    KODE IKLAN DFP 2