Tips Meningkatkan Kinerja Ram Pada Android

Berikut ini Tips Praktis yang dapat kau coba untuk Meningkatkan Kinerja RAM pada Android mu.







Kalau kau menggunakan sebuah smartphone Android dan kadang ponsel kau terasa lebih lambat alias lemot dibandingkan biasanya, ada kemungkinan kapasitas RAM (random access memori) ponsel sudah makin sempit.



Sekadar diketahui, RAM digunakan untuk menyimpan aneka data dari aplikasi yang masih aktif. Dengan begitu, aplikasi dapat diakses dengan cepat oleh prosesor. Bisa dikatakan, RAM ialah ruang penyimpanan sementara yang menciptakan pengguna dapat mengakses banyak hal dan menciptakan smartphone jadi multitasking.



Oleh sebab itu, jikalau kapasitas RAM makin sempit, kinerja ponsel dalam memproses perintah pengguna makin melambat. Contohnya, ketika kau ingin membuka aplikasi Facebook, prosesnya akan lebih lambat dibanding biasanya.



Lantas, apa yang dapat dilakukan untuk mengatasinya? Berikut ialah sejumlah tips menciptakan RAM lebih lega.



1. Nonaktifkan Widget dan Live Wallpaper



Personalisasi smartphone dengan menambahkan widget dan live wallpaper memang menciptakan tampilan ponsel jadi lebih personal. Meski begitu, widget dan live wallpaper menghabiskan space RAM. Alih-alih menjadi lebih cepat, sering me-refresh perangkat justru menguras baterai.







Oleh sebab itu, langkah yang sempurna dilakukan ialah membatasi penggunaan widget dan menonaktifkan live wallpaper untuk mengoptimalkan RAM.







2. Disable Application



Beberapa aplikasi memang menggunakan kapasitas cukup besar di RAM, meskipun aplikasi tersebut sedang tak digunakan. Karenanya, kau dapat menentukan aplikasi mana yang harus dan tidak harus running di background. Dengan begitu, performa smartphone pun akan meningkat.



Untuk menonaktifkan aplikasi, kau dapat masuk ke Setting, kemudian menentukan sajian Application Manager. Selanjutnya, kau akan masuk ke daftar seluruh aplikasi yang dipasang pada Android-mu.







Jangan coba-coba untuk menonaktifkan semua aplikasi. Usahakan menentukan aplikasi yang jarang dipakai, atau kalau memang tak pernah digunakan lebih baik meng-uninstall-nya.







3. Disable Annimation



Animasi seringkali memakan banyak memori RAM, untuk menonaktifkannya, kau harus masuk ke Developer option, caranya masuk ke Setting kemudian pilih About Phone.



Selanjutnya ketuk Build Number sekitar tujuh kali sampai ponsel menawarkan notifikasi bahwa pengguna sudah menjadi developer.







Setelah cuilan ini selesai, kau dapat masuk ke Setting ponsel, kemudian geser ke bawah untuk menemukan Developer Options.



Selanjutnya, kau dapat masuk ke Drawing section dan matikan opsi tersebut. Beberapa opsi yang dapat dinonaktifkan di antaranya ialah Windows animation scale, Transition animation scale, dan Animation duration scale.







Semoga bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel